Letak Geografis & Astronomis Benua Amerika Serta Keuntungannya

Letak Geografis Benua Amerika dan Topografi Bentang Alamnya
portal-ilmu.com

Letak Geografis Benua Amerika – Sekian abad yang lalu seorang pengelana melihat sebuah wilayah yang kemudian di beri nama Amerika.

Meskipun banyak sekali teori yang berbeda-beda mengenai siapa penemu benua Amerika, tetapi yang paling umum diketahui adalah seorang penjelajah bernama Cristopher Colombus.

Barangkali kalaupun Cristopher bukanlah penemu yang sebenarnya, pasti akan tetap ada penjelajah lainnya yang akan menemukan benua Amerika.

Ya mendebatkan siapa penemua benua Amerika yang sebenarnya adalah sesuatu yang melelahkan, apalagi di tataran orang umum atau juga siswa.

Mempelajari letak geografis benua Amerika sepertinya akan lebih substansial untuk mengetahui dimana sih sebenarnya benua Amerika itu berada.

Karenanya pada kesempatan yang berbahagia ini kami akan membagikan informasi terkait letak geografis benua tersebut. Untuk lebih jelasnya yuk langsung saja simak penjelasan di bawah ini:


Letak Geografis Benua Amerika


saintif.com

Letak benua Amerika ini bisa dipelajari dari berbagai sisi, misal letak geologis, astronomis, dan juga geografis.

Nah pertama, kita akan mempelajari tentang letak benua Amerika secara geografisnya. Apa sih yang dimaksud dengan letak geografis sebuah wilayah?

Jadi bisa dibilang letak geografis ini merupakan penampakan nyata suatu wilayah – atau dalam hal ini berarti benua Amerika – di permukaan bumi.

Dan benua yang memiliki luas wilayah sekitar 42. 188. 586 km2 ini secara geografis diapit oleh beberapa samudera dan terletak di bagian barat belahan bumi. Berikut secara lebih rinci kami sertakan beberapa perairan besar yang mengelilingi benua Amerika:

  • Barat = berbatasan dengan Samudera Pasifik
  • Timur = berbatasan dengan Samudera Atlantik
  • Utara = berbatasan dengan Laut Arktik (laut es utara)
  • Selatan = berbatasan dengan Samudera Pasifik

Keuntungan Letak Geografis Tersebut


sains.kompas.com

Letak geografis sebuah wilayah atau benua pasti akan memberikan keuntungan yang berbeda-beda, begitu juga dengan benua Amerika.

Berdasarkan kondisi geografisnya benua Amrika ini memiliki beberapa keuntungan, di antaranya adalah sebagai berikut:

Pemandangan Alam yang Menarik

Benua Amerika ini memiliki beberapa pemandangan alam yang menarik dan tentunya berbeda dari benua lain. Di sana kita bisa menemukan air terjun tertinggi di dunia, padang pasir, terusan terbesar, dan lain sebagainya.

Meskipun di Indonesia kita juga bisa menemukan air terjun, tetapi hanya di benua Amerika lah air terjun tertinggi bisa dikunjungi.

Keanekaragaman Flora dan Fauna

Sedangkan untuk jenis floranya kita bisa menjumpai hutan iklim sedang, hutan tropis, dan juga tundra. Nah banyak juga berbagai jenis fauna yang hanya hidup di benua Amerika.


Letak Astronomis Benua Amerika


Letak Geografis & Astronomis Benua Amerika Serta Keuntungannya
quizizz.com

Jika berbicara mengenai letak wilayah secara astronomis maka ini akan berkaitan dengan garis yang membelah bumi menjadi bagian vertikal dan horizontal, atau garis lintang dan bujur. Adapun letak benua Amerika secara astronomis adalah:

  • Terletak pada posisi 8 LU – 55 LS, dan
  • Pada garis bujur 10 BB – 170 BB

Letak Geologis Benua Amerika


travelingyuk.com

Selain letak astronomisnya, kita juga akan memberikan informasi tentang letak geologis benua Amerika. Lalu apa yang dimaksud dengan letak gelogis sebuah wilayah?

Adalah letak suatu wilayah (dalam hal ini benua Amerika) yang dilihat dari struktur dan komposisi yang membentuk muka bumi.

Sehingga bisa diketahui jika benua Amerika secara geologis diapit oleh barisan pegunungan yang memanjang dari utara sampai selatan.

Di bagian barat Benua Amerika dikelilingi oleh barisan pegunungan yang membentang dari Alaska di utara sampai ke Amerika Selatan, di selatan.


Penutup


Apakah informasi di atas cukup memberikan gambaran dimana letak benua amerika? Kami berharap demikian.

Semoga artikel ini bisa sedikit bermanfaat atau menambah wawasan teman-teman terkait benua Amerika.

Demikianlah tulisan tentang letak geografis benua Amerika yang bisa kami sajikan. Sekali lagi semoga bermanfaat.

Dan jika ada tambahan informasi silahkan tuliskan di kolom komentar ya, supaya bisa dijadikan bahan pembelajaran bersama oleh kita semua. Selamat dan semangat belajar sampai tak pernah sampai kawan-kawan sekalian.

Keyword: Letak Geografis Benua Amerika

Sara Apriana
About Sara Apriana 444 Articles
Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup, tidak ada yang miskin. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup. "dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberi kecukupan". (QS. An-Najm : 48) ~ Ust. Adi Hidayat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.