Letak Geografis Benua Afrika dan Karakteristiknya

Letak Geografis Benua Afrika dan Bentuk Topografi Wilayahnya
portal-ilmu.com

Letak geografis benua Afrika berada diantara batas-batas sebagai berikut: Sebelah Utara Benua ini adalah Laut Tengah atau Laut Mediterania dan Benua Eropa. Sebelah timur berbatasan dengan Laut Merah dan Samudra Hindia. Sedangkan sebelah selatan dan sebelah barat benua Asia berbatasan dengan Samudra Atlantik.


Letak Geografis Benua Afrika


Berdasarkan letak geografisnya daratan Benua Afrika memiliki kondisi geografis atau topografi yang beragam. Terdapat deretan pegunungan tinggi, gurun, lembah, dan daerah depresi atau cekungan. Umumnya pegunungan yang terdapat ddi bagian selatan serta bagian timur Afrika lebih tinggi daripada pegunungan yang ada di bagian utara dan barat.

Topografi

Gunung tertinggi di benua ini adalah Gunung Kilimanjaro dengan ketinggian 6.010 mdpl dan puncaknya adalah puncak Uhuru (Kibo) di Tanzania. Gunung tertinggi kedua di Benua Afrika adalah Gunung Kenya dengan ketinggian 5117 mdpl. Kedua gunung tersebut terletak di Afrika bagian timur.

Sementara di Afrika bagian utara dan selatan Afrika terdapat gurun pasir. Di bagian utara Afrika terdapat gurun yang terluas di dunia, yakni Gurun Sahara. Gurun-gurun lainnya yang juga berada di Benua ini, antara lain ada Gurun Lakahari, Gurun Arab, Gurun Nubia, dan gurun Libya yang semuanya di bagian selatan.

westend61.c0m

Afrika juga memiliki sungai terpanjang di dunia, sungai yang dimaksud adalah Sungai nil. Panjang dari Sungai Nil mencapai 6.690 km. sungai sungai lain yang tak kalah panjang di Benua Afrika, antara lain Sungai Kongo (4.700 km), Sungai Niger (4.180 km), dan Sungai Zambesi (2.575 km).

Selain sungai, Benua Afrika juga memiliki danau-danau dengan ukuran yang cukup luas. Danau terluas dan terbesar di wilayah Benua Afrika adalah Danau Victoria. Ada juga danau Tanganyika (32.000 km²), Danau Malawi (23.500 km²), dan Danau Chad (16.380 km²). keberadaan danau dan sungai-sungai di Afrika memiliki peran penting bagi sistem transportasi wilayah pedalaman.

Karakteristik Penduduknya

Sebagian besar penduduk Benua Afrika adalah orang ras negroid yang berkulit hitam. Hal tersebut menyebabkan benuai ini mendapat julukan sebagai Benua Hitam. Ras Negroid di Afrika terbagi menjadi dua golongan, yakni Negro Sudan dan Negro Bantu.

letak geografis benua afrika
image source: portlandobserver.com

Negro Sudan memiliki ciri-ciri kulit hitam, bibir tebal, serta rambut yang keriting. Sementara untuk negro Bantu, ciri-cirinya sama saja dengan Negro Sudan hanya saja kulit mereka tonenya lebih terang dibanding Negro Sudan. Bahasa yang paling banyak digunakan penduduk Afrika adalah bahasa Swahili. Swahili merupakan bahasa pemersatu penduduk Afrika kemudian disusul oleh Bahasa Arab.

Secara geografis, benua yang mendapat julukan Benua Hitam ini terbagi ke dalam lima wilayah. Setiap wilayahnya memiliki karakteristiknya sendiri-sendiri. pembagian wilayahnya adalah Afrika Utara, Afrika Barat, Afrika Timur, dan Afrika Tengah.

Kondisi Geografis Benua Afrika

Kawasan Afrika di dalam banyak buku digambarkan sebagai kawasan yang di dominasi oleh sabana dan padang rumput (stepa). Sering juga digambarkan sebagai kebun binatang alami. Tumbuhan di kawasan itu mengikuti suhu serta curah hujan wilayahnya.

Tumbuhan yang hidup disana merupakan gabungan antara tumbuhan hutan hujan tropis dan tumbuhan berdaun lebat. Contohnya seperti lumut, tumbuhan paku, dan semak yang berada di kawasan Afrika tengah dan barat. Begitu pula dengan kawasan Afrika selatan yang banyak dijumpai tumbuhan berbatang lunak, semak belukar, dan rerumputan.

letak geografis benua afrika
image source: Fimela.com

Umumnya flora yang ada di Benua Afrika dapat dikelompokkan menjadi tumbuhan dataran tinggi, tumbuhan hutan hujan tropis, serta padang rumput berupa sabana dan stepa. Flora khas yang sering dijumpai di Afrika, diantaranya papyrus, akasia, kurma, sidar hutan, dan sebagainya.

Kondisi alam Afrika menarik banyak penjelajah terutama mereka yang berminat akan zoologi. Hewan-hewan disana memang sangat beragam. Beberapa jeniss fauna populer yang ditemukan disana, antara lain Gajah, jerapah, kera ekor panjang, burung kasuari, hyena, okapi, zebra, badak, trenggiling, dan lain sebagainya.

 

 

 

Keyword: Letak Geografis Benua Afrika

Sara Apriana
About Sara Apriana 478 Articles
Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup, tidak ada yang miskin. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup. "dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberi kecukupan". (QS. An-Najm : 48) ~ Ust. Adi Hidayat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.