Letak Geografis Benua Afrika dan Bentuk Topografi Wilayahnya

Letak Geografis Benua Afrika dan Bentuk Topografi Wilayahnya
portal-ilmu.com

Letak geografis benua Afrika berada di antara Samudera Hindia dan Samudera Atlantik. Benua merupakan daratan sangat luas yang berada di bagian atas planet bumi. Benua diidentifikasi lebih berdasar kesepakatan daripada kriteria-kriteria standar.

Afrika merupakan benua terbesar ketiga di dunia sesudah Asia dan Amerika dengan penduduk terbanyak kedua setelah Asia.

Dengan luas daerah kurang lebih 30.224.050 kmĀ² (11,677,240 mil2) termasuk pulau-pulau yg berdekatan, Afrika meliputi 20,3 % berdasarkan seluruh total daratan bumi.

Dengan 800 juta penduduk pada 54 negara, benua ini merupakan tempat untuk sepertujuh populasi manusia di muka bumi.

Istilah Afrika berasal dari kata Aforika, nama menurut galat satu suku bangsa orisinil Chaitago pada Tunisia. Oleh bangsa Romawi nama itu diubah menjadi Afrika atau Afrikani.


Letak Geografis Benua Afrika


adelia.web.id

Benua Afrika dipisahkan berdasarkan Eropa dan Laut Tengah, menyatu dengan Asia pada ujung timur lautnya melalui Terusan Suez yg mempunyai lebar 130 km.

Semenanjung Sinai yg dimiliki oleh Mesir sering dianggap secara geopolitis sebagai bagian dari Afrika. Sebagian besar Afrika letaknya di daerah tropis.

Pantai Afrika berbentuk pejal (tidak berliku-liku serta nir poly teluk). Benua Afrika letaknya pada sebelah barat daya benua Asia dan pada sebelah selatan Benua Eropa.

Luas benua Afrika kurang lebih 30,3 juta km2 atau seperlima menurut seluruh bagian atas daratan bumi. Antara benua Afrika, Asia, serta Eropa terbentuk massa daratan raksasa yang diklaim sebagai benua lama.

Benua Afrika mempunyai banyak sekali perbedaan dengan benua Asia serta benua Eropa, sehingga benua Afrika tak jarang diklasifikasikan ke dalam bagian dari benua selatan.

Di bagian timur benua Afrika masih ada Pulau Madagaskar, Zanzibar, serta Seychelles. Di bagian barat terdapat Kepulauan Sao Tome, Cope Verde, Kepulauan Medeira, dan Kepulauan Kanari.


Topografi Benua Afrika


ohmyprints.com

Sebagian orang mungkin berpikir benua Afrika adalah daratan yang penuh dengan singa dan satwa liar lainya. Padahal, Afrika merupakan benua yang kaya akan sumber daya alam dan bentang alam yang menajubkan.

Pedalaman hutan, tingginya gunung, padang pasir tandus, keindahan terumbu karang, pulau-pulau tak berpenghuni hingga permata yang terpendam merupakan kekayaan alam Afrika yang tiada tara.

Sebuah perjanalan penuh tantangan dan penuh resiko diperlukan untuk menjelajahi seluruh kawasan ini.

Benua Afrika merupakan benua terbesar kedua di dunia. Afrika didiami lebih dari 800 juta manusia, atau sekitar sepertujuh populasi manusia di bumi.

Kondisi Flora dan Fauna di Afrika terkait dengan kondisi iklimnya. Di kawasan iklim hujan tropis (di bagain Afrika Tengah) terdapat variasi tumbuhan dan hutan hujan yang sangat lebat.

Di bagian Utara dan Selatan (subtropis) terdapat stepa (padang rumput luas yang) dan sabana (padang rumput luas yang dikelilingi oleh pepohonan) yang luas, sedangkan di kawasan gurun hanya terdapat stepa dan tumbuhan kaktus.

Kondisi alam benua Afrika sangat mendukung penyebaran fauna, terutama hewan mamalia besar. Pasalnya letak geografis benua Afrika juga akan sangat mempengaruhu terjadinya iklim dan cuaca pada sebuah negara.

Selain itu letak geografis juga dapaa mempengaruhi peningkatan ekonomi dan kesejahteraan rakyat pada umumnya.

Karena iklim sebuah daerah ditentukan oleh letak geografisnya. Bahkan pertumbuhan ekonomi di berbagai negara juga dapat dipengaruhi oleh letak geografisnya.

Keyword: Letak Geografis Benua Afrika

Sara Apriana
About Sara Apriana 486 Articles
Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup, tidak ada yang miskin. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup. "dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberi kecukupan". (QS. An-Najm : 48) ~ Ust. Adi Hidayat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.