Letak Benua Asia secara Astronomis, Geologis, dan Geografis

Letak Benua Asia Secara Astronomis, Geologis, dan Geografis
http://wajibbelajar.com

Letak Benua Asia secara astronomis, geologis, dan geografis  menunjukkan keberagaman bentang alam serta potensi yang dimiliki oleh benua ini. Benua Asia merupakan benua terluas di dunia yang luasnya bahkan mencapai sepertiga luas daratan bumi. Di daratan Benua Asia, terdapat berbagai macam negara dengan iklim serta penduduk yang beragam.


Letak Astronomis Geologis dan Geografis Benua Asia


Secara astronomis letak Asia berada pada koordinat 11˚ LS – 75˚ LU dan 25˚ BT – 170˚ BB. Koordinatnya menjadikan sebagian besar wilayah benua Asia berada di belahan bumi bagian utara. Berkat letak astronomisnya ini pula Asia dikenal sebagai benua dengan banyak daratan yang subur ditambah dengan iklim subtropis hingga sedang yang cocok untuk pertanian.

Letak Geografis

Sedangkan secara geografis Asia terletak diantara Benua Eropa dan Benua Australia serta diantara Samudra Hindia, Pasifik, dan Arktik. Batas-batas geografis tersebut lebih jelasnya adalah sebagai berikut.

solusipendidikan.com

Sebelah utara benua Asia adalah lautan Arktik atau lautan es Kutub Utara. Sebelah timur benua ini adalah Laut bering, Samudra Pasifik, dan Papua Nugini. Disebelah selatannya ada Laut Arafuru, Laut Timur, dan Samudra Hindia. Sementara di sebelah baratnya ada Laut Merah, Terusan Suez, Laut Tengah, Laut Arab, Selat Dardanela, Selat Bosporus, Laut Hitam, Pegunungan Kaukasus, Laut Kaspia, dan Pegunungan Ural.

Letak Geologis

Berdasarkan letak geologisnya benua Asia adalah tempat bertemunya tiga jalur pegunungan besar, yakni Sirkum Mediteran, Sirkum Pasifik, dan Pegunungan Australia. Dimana Sirkum Mediteran dimulai dari pegunungan di Turki, Iran, Afghanistan, Kasmir, India, Myanmar, serta pegunungan-pegunungan yang melalui Sumatra, Jawa, Nusa Tenggara, dan berakhir di Banda.

infoakurat.com

Sirkum Pasifik adalah deretan pegunungan yang berada di Kepulauan Jepang, Taiwan, Filipina, Sulawesi, Maluku Utara, dan Papua. Pegunungan di Sirkum Mediteranian dan Sirkum Pasifik tergolong pegunungan muda yang aktivitas gunung apinya masih aktif. Ketiga jalur ini bertemu dan berakhir di laut dan Kepulauan Banda.

Akibat letak geologisnya yang menjadi tempat pertemua tiga barisan pegunungan aktif tersebut Benua Asia menjadi daerah yang labil. Tak hanya itu, secara geologis benua Asia juga terhubung dengan Benua Eropa karena dulunya merupakan sebuah benua besar yang dinamakan Euraasia. Batasan Asia dengan Eropa juga sangat kabur, sehingga Turki wilayahnya ada yang masuk ke Eropa adapula yang masuk ke Asia.

Karakteristik Benua Asia

Benua Asia juga dikenal sebagai benua kuning dengan jumlah penduduk paling padat di Dunia. Sekitar 60% penduduk dunia menempati wilayah benua Asia. Bahkan Negara Cina dan India menempati urutan pertama dan kedua sebagai negara dengan penduduk terbanyak di Dunia.

Sebagai benua terluas, Asia memiliki jumlah negara yang cukup banyak. Secara umum negara-negara di benua ini dikelompokkan dalam Asia Barat, Asia Tengah, Asia Timur, Asia Tenggara, dan Asia Selatan. Pengelompokan tersebut berdasarkan pertimbangan geopolitik, geoekonomi, kenampakan alan, dan posisi geografisnya. Keindahan alam di Asia juga terkenal sangat eksotik.

kidskonnect.com

Tak hanya itu, Asia juga dikenal sebagai benua yang memiliki banyak wilayah gurun. Kawasan Arab terutama yang terkenal dengan gurung yang memiliki pasir terbanyak. Begitu juga dengan Cina yang memiliki gurun dengan dataran paling tinggi sekaligus paling rendah di dunia.

Dibandingkan dengan gurun-gurun yang ada di benua lain, gurun gurun di Asia memiliki keunikan masing-masing. Beberapa keunikan tersebut, diantaranya:

a. Gurun Gobi merupakan gurun terdingin di dunia. Suhu disana bisa mencapai -40˚ Celcius.

b. Gurun Arab merupakan gurun paling berpasir di dunia.

c. Lokasi gurun tertinggi dan gurun terendah berada di Cina. Dimana gurun tertinggi berada di Lembah Aidam (2600 mdpl), sedangkan gurun terendah berada di Lembah Tupan atau Turfan (150 m dibawah permukaan laut).

Adapun dari segi perekonomian, sebagian besar penduduk Asia bermata pencaharian di bidang agraris dan pertambangan. Hanya sebagian kecil saja yang bergantung di sektor Industri. Beberapa negara yang industrinya telah berkembang, diantaranya ada Jepang, Korea Selatan, serta SIngapura. Sementara pertambangan minyak bumi banyak dihasilkan oleh negara-negara Timur Tengah, Indonesia, dan Brunei darussalam.

 

Keyword: letak benua asia

Sara Apriana
About Sara Apriana 455 Articles
Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup, tidak ada yang miskin. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup. "dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberi kecukupan". (QS. An-Najm : 48) ~ Ust. Adi Hidayat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.