Kondisi Geografis Indonesia, Bentang Alam yang Beraneka Ragam

Kondisi Geografis Indonesia Menentukan Nasib Bangsa Di Masa Depan
infoakurat.com

Kondisi Geografis Indonesia – Kondisi geografis indonesia dipengaruhi juga oleh letak astronomis serta geologis Indonesia. Sebuah kondisi geografis suatu negara merupakan kondisi bentang alamnya atau kenampakan permukaan bumi di wilayah suatu negara.

Lokasi Indonesia berada di Sebelah tenggara Asia tepatnya di kepulauan Melayu antara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Secara geografis, Indonesia juga terletak diantara dua benua, yakni Benua Asia dan Benua Australia.

Wilayah Indonesia memiliki luas daratan 1.922.570 km² dan lautan sekitar 3.257.438 km². Dengan luas daratan nonair 1.829.570 km² dan daratan berair sekitar 93.000 km². Batas-batas negara Indonesia yang menandakan wilayahnya adalah sebagai berikut:


Kondisi Geografis Indonesia


Sebelah utara Indonesia berbatasan langsung dengan Negara Malaysia, tepatnya di Pulau Kalimantan. Di bagian timur, Indonesia berbatasan langsung dengan Negara Papua Nugini.

Sementara di bagian barat, Indonesia berbatasan langsung dengan Samudra Hindia dan perairan milik Negara India. Negara Indonesia juga berbatasan langsung dengan negara Timor Leste yang dulu merupakan Timor Timur.

image source: kompas.id

Indonesia sendiri memiliki kondisi geografis yang amat sangat beragam. Letaknya yangberada di 6˚ LU – 11˚ LS dan 95˚ BT- 141˚ BT membuat negara kita memiliki iklim yang tropis.

Akibat iklim yang tropis tentu di Indonesia banyak juga terdapat hutan hujan tropis, sebagaimana lazimnya negara beriklim tropis lainnya.

Selain itu letak Indonesia yang berada di antara lempeng Eurasia dengan lempeng Indo-Australia serta lempeng Pasifik, menjadikan negara kita sebagai kawasan Ring of Fire.

Lempeng-lempeng tersebut bergerak dan menimbulkan zona subduksi yang mengakibatkan munculnya gunung-gunung berapi.

Gunung-gunung berapi tersebut berjejer melingkari sebagian besar wilayah Indonesia sehingga kita termasuk jalur Ring of Fire.

Pengaruh Letak terhadap Kondisi Alam Indonesia

Adanya gunung berapi serta hujan hujan tropis merupakan sebagian dari kenampakan alam indonesia. Dikenal sebagai negara agraris, Indonesia juga masih memiliki banyak lahan pertanian terutama di daerah pedesaan.

Lahan pertanian di Indonesia sangatlah subur. Hal ini tidak lepas dari keberadaan gunung berapi dengan tanah vulkanik yang diketahui subur untuk media tanam.

Negara indonesia juga dikenal sebagai negara maritim yang terdiri atas jajaran pulau-pulau. Kepulauan di wilayah Indonesia sangatlah banyak dan terdiri atas pulau-pulau besar dan kecil. Terdapat setidaknya 5 pulau besar dan 17.504 pulau kecil dimana 16.056 diantaranya telah memiliki nama.

image source: slideshare.net

Lima pulau besar di Indonesia, antara lain Pulau Sumatera, Pulau Jawa, Pulau Kalimantan, Pulau Sulawesi, dan Pulau Papua. Ada sekitar 6000 pulau di Indonesia yang berpenghuni atau ditinggali oleh manusia.

Termasuk negara yang dilintasi oleh Garis Khatulistiwa di sepanjang jalur pelayaran utama dari Samudra hindia ke Samudra Pasifik.

Sebagian ahli geografi membagi Indonesia menjadi tiga wilayah geografis yang utama, yaitu Kepulauan Sunda Besar, Kepulauan Sunda Kecil, dan Kepulauan Maluku serta Irian. Kepulaauan Sunda Besar meliputi Pulau Jawa, Sumatra Kalimantan, dan Sulawesi.

Kepulauan Sunda Kecil meliputi Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur. Sedangkan kepulauan Maluku dan Irian meliputi pulau-pulau kecil di Maluku serta Papua.

Kekayaan Alam dan Masalah Lingkungan

Dikarenakan kondisi geografis serta geologisnya Indonesia menjadi negara yang memiliki sumber daya alam melimpah.

Beberapa sumber daya alam yang bisa di dapat di Indonesia, anatara lain ada minyak tanah, kayu, gas alam, kuningan, timah, bauksit, tembaga, batu bara, emas, perak, rotan, dan masih banyak lagi kekayaan lainnya.

kondisi geografis indonesia
image source: lawgo.id

Hasil laut bumi Indonesia juga sangat melimpah karenanya banyak kapal-kapal asing yang kerap mencuri Ikan di perairan Indonesia. Klaim kelautan Indonesia diukur dari garis dasar kepulauan.

Zona Ekonomi Eksklusif adalah 200 mil laut yang diukur dari garis pantai Indonesia, sementara laut yang merupakan wilayah negara adalah sejauh 12 mil laut yang diukur dari bibir pantai.

Kondisi geografis Indonesia yang beragam diwarnai dengan permasalahan lingkungan yang juga tidak kalah beragam. Saat ini marak penebangan hutan secara liar atau pembalakan hutan.

Polusi air dari limbah indutri dan pertambangan, serta rumah tangga. Polusi udara di daerah perkotaan. Kebakaran hutan yang juga menimbulkan polusi asap serta kabut, perdagangan hewan liar, dan masih banyak lagi.

Keyword: Kondisi Geografis Indonesia

Sara Apriana
About Sara Apriana 444 Articles
Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup, tidak ada yang miskin. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup. "dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberi kecukupan". (QS. An-Najm : 48) ~ Ust. Adi Hidayat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.