3 Jenis Zat di Alam | Sifat Beserta Contoh Perubahan Wujudnya

3 Jenis Zat dan Sifatnya Beserta 6 Perubahan Wujud Zat
uniqpost.com

Jenis Zat – Jika diperhatikan di sekitar lingkungan kita berdiri, kita akan menemukan berbagai benda dalam berbagai bentuk. Benda-benda tersebut adalah suatu zat yang terdiri dari partikel-partikel.

Sementara itu partikel-partikel tersebut tersusun dan saling berikatan satu dengan yang lainnya sehingga terbentuklah suatu benda atau zat yang terpampang jelas di hadapan kita.


Penjelasan Tentang Jenis Zat dan Sifatnya


Nah pada ulasan kali ini kita akan membahas terkait apa saja jenis zat dan bagaimana sifat perubahannya. Langsung saja kita simak penjelasan di bawah ini:

1. Jenis Zat

cerdika.com

Berikut ini adalah penjelasan tentang beberapa jenis zat, yaitu zat padat, zat cair dan gas:

a. Zat Padat

Adalah suatu zat atau benda yang memiliki bentuk dan volume yang tetap. Zat ini memiliki sifat sebagai berikut, yakni:

  • Bentuk bendanya tetap padat, dan
  • tidak dipengaruhi oleh tempat benda padat tersebut diletakkan

Contohnya adalah kayu, tembok, bola dan lain-lain.

b. Zat Cair

Adalah benda yang memiliki volume yang tetap, tetapi bentuknya berubah-ubah sesuai dengan wadah atau tempatnya. Zat ini memiliki sifat sebagai berikut, yakni letaknya berdekatan, susunannya tidak teratur, gerakannya agak bebas sehingga dapat bergeser dari tempatnya, tetapi tidak terlepas dari kelompoknya.

Contohnya adalah air yang dimasukkan ke dalam botol, bentuknya akan sama dengan bentuk botolnya dan air sirup yang dimasukkan ke dalam gelas, bentuknya akan sama dengan bentuk gelas.

c. Zat Gas

Adalah benda yang memiliki volume yang berubah-ubah sesuai dengan tempat atau wadahnya. Zat ini memiliki sifat sebagai berikut, yakni letak partikelnya sangat berjauhan, susunannya pun tidak teratur dan gerakannya bebas bergerak sehingga dapat bergeser, lepas dari kelompoknya serta memenuhi ruangan. Selain itu cenderung tidak berwarna tetapi bisa dirasakan.

Adapun yang berhubungan dengan jenis zat ini adalah teori partikelnya. Hal tersebut berkaitan dengan susunan partikel zat-zat tersebut yang merupakan pembeda antar ke 3 zatnya. Berikut ini adalah susunan dan sifat partikel yang menentukan wujud zat:

  • Zat Padat. Untuk jarak antar molekul-molekul benda padat dan sangat dekat antara satu dengan yang lain, memiliki gaya Tarik menarik antara molekul yang paling kuat.
  • Zat Cair. Untuk jarak antara molekul-molekul benda cair ini lebih kecil dibandingkan zat padat, tetapi lebih besar jika dibandingkan dengan zat gas. Zat cair tidak memiliki bentuk yang tetap.
  • Zat Gas. Molekul-molekulnya bergerak secara acak dan bebas. Gaya Tarik antar molekulnya paling kecil dibandingkan dengan kedua zat di atas, karena itu gas ini tidak memiliki bentuk yang tetap. Jarak antar molekulnya sangat jauh antara satu dengan yang lainnya. Selain itu massa jenis dan viskositas juga jauh lebih kecil dibandingkan kedua zat di atas.

2. Sifat Perubahan Wujud Zat

ulyadays.com

Untuk perubahan wujud zat dibagi menjadi 6 peristiwa yaitu sebagai berikut:

  • Membeku : suatu peristiwa perubahan wujud dari zat cair menjadi padat. Dalam hal ini zat melepaskan energi panas, contohnya es yang membeku.
  • Mencair : suatu peristiwa perubahan wujud dari zat padat menjadi cair. Dalam hal ini zat memerlukan energi panas, contohnya es yang mencair, lilin yang meleleh.
  • Menguap : suatu peristiwa perubahan wujud dari zat cair menjadi gas. Dalam hal ini zat memerlukan energi, contohnya uap air.
  • Menyublim : suatu peristiwa perubahan wujud dari zat padat menjadi gas. Dalam hal ini zat memerlukan energi. Contohnya kapur barus yang lama-lama habis.
  • Mengkristal : suatu peristiwa perubahan wujud dari zat gas menjadi padat. Dalam hal ini zat melepaskan energi, contohnya kristal.
  • Mengembun : suatu peristiwa perubahan wujud dari zat gas menjadi cair. Dalam hal ini zat melepaskan energi, contohnya embun di pagi hari.

Nah, itu tadi adalah pembahasan sekilas terkait jenis zat dan sifat perubahan wujud zat. Semoga ulasan tersebut dapat menambah ilmu dan wawasan kalian. Semoga bermanfaat!

Nisalutfi
About Nisalutfi 176 Articles
"home is where the heart is"

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.