Jaringan Tumbuhan | Pengertian dan Jenis Susunan Organnya

Jaringan Tumbuhan dan Macam-macamnya
sumberbelajar.belajar.kemdikbud.go.id

Jaringan Tumbuhan –┬áPernah mendengar istilah histologi? Ya, histologi adalah ilmu yang mempelajari tentang jaringan, baik jaringan pada manusia, hewan bahkan pada tumbuhan. Sebenarnya apa itu jaringan pada tumbuhan dan apa saja fungsinya ya?

Untuk itu disini kita akan membahas jaringan-jaringan apa yang ada pada tumbuhan dan tentu saja apa fungsinya. Oleh karena itu langsung simak penjelasan berikut ini.


Pengertian Jaringan Tumbuhan


bacatutorial.com

Jaringan adalah sekelompok sel yang mempunyai fungsi serta struktur yang sama. Secara singkatnya, terdapat sel-sel yang bergabung atau berkumpul kemudian tersinergi, bekerja sama untuk melakukan suatu fungsi tertentu di dalam organ tumbuhan.

Susunan Organ Pada Tumbuhan

Pada awal pertumbuhan, setiap sel yang ada di dalam tumbuhan mengalami pembelahan diri. Kemudian dengan adanya pertumbuhan lebih lanjut maka pembelahan hanya terjadi di bagian tertentu saja. Dalam jaringan dewasa, terdapat susunan organ tumbuhan diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Jaringan Meristem

Pada jaringan ini tersusun atas sel-sel yang selalu mengalami pembelahan. Meristem berfungsi untuk melakukan pembelahan pada sel tubuh pada tumbuhan pada dua tempat titik tumbuh, yaitu titik tumbuh akar dan titik tumbuh batang.

Pada kedua titik ini terdapat sel-sel yang sifatnya terus-menerus membelah (bersifat meristematik). Bagian ini terdapat di ujung batang dan kambium. Jaringan ini memiliki sifat selnya berbentuk lonjong bulat, masing-masing sel memiliki banyak sitoplasma, memiliki nukleus yang relatif besar dan vakula sel sangat kecil.

2. Jaringan Penyokong/ Penguat

Disebut juga sebagai jaringan mekanik yang berfungsi untuk menyokong, memberikan kekuatan bagi tumbuhan agar bias berdiri tegak. Berdasarkan sifat dan bentuknya, jaringan penguat ini dibagi menjadi dua bagian, yaitu jaringan kolenkim dan jaringan sklerenkim.

– Kolenkim

Kolenkim berfungsi sebagai penguat tumbuhan muda dan tanaman herbal. Jaringan kolenkim tersusun atas sel-sel hidup yang memiliki protoplasma aktif. Bentuknya memanjang dengan ketebalan yang tidak merata.

– Sklerenkim

Berbeda dengan kolenkim, jaringan sklerenkim terdiri dari sel-sel mati. Memiliki dinding sel yang kuat, tebal serta mengandung lignin. Dari segi bentuknya, sklerenkim ini dibagi menjadi dua, yaitu sklereid dan serabut.

3. Jaringan Parenkim/ Dasar

Jaringan ini hampir ditemukan pada semua bagian tumbuhan. Hal tersebut karena jaringan ini adalah penyusun sebagian besar organ pada tumbuhan.

Parenkim ini juga menjadi tempat berlangsungnya proses fotosintesis, dimana tumbuhan mampu membuat dan menghasilkan makanan sendiri. Selain itu pada jaringan ini juga berfungsi sebagai tempat menyimpan cadangan makanan.

Jaringan ini memiliki sifat selnya berbentuk segi enam, terdiri dari sel-sel yang ukurannya besar tetapi berdinding tipis, memiliki banyak vakuola dan ruang antar sel.

4. Jaringan Pengangkut

Seperti dengan namanya, jaringan pengangkut ini memiliki fungsi untuk mengangkut zat-zat yang dibutuhkan oleh tumbuhan. Terbagi menjadi dua yaitu:

  • Xilem, bertugas untuk mengangkut zat makanan dan menyalurkan air serta mineral dari akar ke daun dan bagian yang lainnya. Ttersusun dari unsur trakeal, serabut xylem dan parenkim xylem.
  • Floem, bertugas untuk mengangkut makanan hasil dari fotosintesis dari daun ke seluruh tubuh tumbuhan. Floem tersusun dari bulu tapis, sel pengiring, serabut floem dan parenkim floem.

5. Jaringan Epidermis/Pelindung

Jaringan ini terletak berada di bagian paling luar. Melapisi permukaan tumbuhan baik pada akar, batang dan daun. Jaringan ini tersusun rapat karena berfungsi sebagai jaringan pelindung. Pada jaringan ini terdapat stomata, trikomata, spina (duri), sel kipas dan sel kersik.

Jaringan ini memiliki sifat mempunyai susunan sel yang rapat, terdiri dari sel-sel hidup, terdapat dinding sel, tidak berkloroplas kecuali sel penutup, pada hidrofit dan tumbuhan di bawah naungan.

Baca Juga : Instrumen Penelitian


Nah, itu tadi ulasan tentang jaringan pada tumbuhan, baik dari pengertiannya kemudian lima jaringan yang wajib kalian ketahui baik dari fungsi maupun sifat-sifatnya seperti apa. Semoga bermanfaat!

Sara Apriana
About Sara Apriana 478 Articles
Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup, tidak ada yang miskin. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup. "dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberi kecukupan". (QS. An-Najm : 48) ~ Ust. Adi Hidayat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.