3 Keutamaan Fungsi Darah Bagi Tubuh Hewan dan Manusia

10 Fungsi Darah di Dalam Tubuh dan Kaitannya dengan Aktivitas Manusia
informazone.com

Fungsi Darah – Menjadi komponen yang sangat penting, fungsi darah bagi tubuh manusia dan hewan sangatlah banyak. Cairan yang sejatinya berwarna merah ini menjadi alat angkut dan alat edar utama di dalam tubuh. Darah menjadi media komunikasi antar sel ke berbagai bagian tubuh dengan dunia luar.

Sebagai komponen yang sangat esensial, kadar darah di dalam tubuh haruslah seimbang. Jika tidak maka berbagai penyakit akan dengan mudah menyerang.


Krusial, Berikut Fungsi Darah Bagi Tubuh


Apa saja fungsi darah yang paling krusial dibutuhkan tubuh ini, berikut uraian singkat dan padatnya:

1. Alat Transportasi

Fungsi Darah
makassar.tribunnews.com

Fungsi utama darah adalah mengangkut oksigen dan mengedarkannya ke sel-sel tubuh. Oksigen dibawa dari paru-paru menuju jaringan sedangkan karbondioksida dibawa dari jaringan tubuh ke paru-paru. Di alveolus CO2 ditukarkan kembali dengan oksigen dan kemudian kembali diedarkan ke seluruh jaringan tubuh.

Tak hanya mengangkut oksigen darah juga berfungsi untuk mengangkut nutrien yang bersumber dari makanan. Nutrien merupakan segala jenis zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh, baik itu yang berjumlah banyak maupun sedikit, seperti vitamin.

Setelah semua nutrisi selesai dicerna dan diserap di usus halus, maka darah akan mengedarkannya ke seluruh sel-sel tubuh. Terutama zat gizi makro seperti karbohidrat, protein, dan lemak yang dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah yang banyak.

Semua nutrien, termasuk zat gizi mikro, akan mengalami proses penguraian menjadi energi yang menunjang aktivitas makhluk hidup. Proses ini secara ilmiah disebut reaksi oksidasi biologis yang terjadi berkat bantuan oksigen.

Setiap proses metabolisme, terutama pencernaan, pasti menghasilkan zat sisa atau produk buangan. Zat-zat sisa ini kemudian diangkut oleh darah dari berbagai jaringan ke ginjal untuk dikeluarkan (eksresi). Selain itu hasil sekresi kelenjar endokrin (hormon) dan enzim juga diangkut oleh darah dari organ ke organ yang ada di dalam tubuh.

2. Alat Regulasi

tirto.id

Regulasi artinya peraturan, artinya darah sebagai alat regulasi bertugas untuk mengendalikan kondisi tubuh makhluk hidup (manusia dan hewan). Seperti halnya mempertahankan keseimbangan air, sistem buffer, serta mempertahankan pH yang stabil di dalam cairan tubuh.

Darah terdiri dari berbagai komponen penyusun, salah satu komponen terbesar adalah plasma darah. Fungsi utama plasma adalah mengendalikan suhu tubuh dengan cara mengabsorpsi panas dan mengedarkannya ke struktur permukaan tubuh.

Saat suhu lingkungan sekitar meningkat, darah kita akan mengalir lebih lambat karena pembuluh darah melebar. Hal ini untuk menjaga keseimbangan suhu sehingga tubuh tidak merasa kepanasan.

Sebaliknya saat suhu lingkungan rendah, pembuluh darah akan mengerucut agar panas dari dalam tubuh tetap terjaga. Selain itu fungsi darah sebagai alat regulasi lainnya adalah untuk mengatur keseimbangan konsentrasi asam dan basa (konsentrasi ion hidrogen) di dalam tubuh.

3. Alat Proteksi

Fungsi Darah
bbc.com

Darah berfungsi sebagai alat pertahanan tubuh dari serangan berbagai jenis sumber penyakit, yaitu komponen leukosit. Merupakan komponen sel darah putih yang bertugas melawan berbagai bakteri patogen yang masuk ke dalam tubuh sehingga sistem imun kita selalu terjaga.

Meskipun hanya berjumlah 1% dari total volume darah, namun keberadaan leukosit sangatah esensial. Saat tubuh mengalami infeksi ataupun peradangan maka jumlah sel darah putih secara otomatis akan meningkat untuk menyerang dan memangsa semua bakteri patogen.

Apabila tugasnya telah selesai, leukosit akan kembali ke dalam jumlah yang normal. Namun apa yang terjadi jika seseorang memiliki jumlah sel darah putih yang berlebih? Maka kondisi tersebut sering disebut leukemia, kondisi dimana sel darah putih di dalam tubuh justru menyerang pertahanan tubuh tuannya sendiri.

Selain leukosit di dalam darah juga terdapat komponen trombosit yang berfungsi untuk membekukan darah saat terjadi luka, sehingga kita tidak kehilangan darah dalam jumlah yang banyak. Apabila seseorang terluka dan darahnya tidak berhenti mengalir, tandanya orang tersebut kekurangan trombosit.

Baca Juga : Fungsi Bank Indonesia


Itulah tiga fungsi utama dari darah yang mengalir di dalam tubuh kita. Ingat untuk selalu menjaga kesehatan, konsumsi makanan yang sehat, dan jangan lupa untuk selalu berolahraga.

Nisalutfi
About Nisalutfi 144 Articles
"home is where the heart is"

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.