6 Fakta Unik Cumi-cumi, Hewan yang Dapat Mengeluarkan Tinta Hitam

6 Fakta Unik Cumi-cumi, Hewan yang Dapat Mengeluarkan Tinta Hitam
romawiki.org

Seringkah Anda mengkonsumsi ikan cumi-cumi dan ingin mengetahui apa saja keunikan dari ikan cumi-cumi? Cumi-cumi adalah salah satu hewan laut yang banyak dicari oleh para nelayan. Cumi-cumi ini memiliki bentuk yang memanjang dan memiliki warna yang berbeda-beda.

Ada banyak jenis cumi-cumi yang ada di laut. Cumi-cumi ini juga banyak dimanfaatkan untuk pembuatan menu makanan sehari-hari. Karena rasanya yang enak dan memiliki banyak gizi di dalamnya.

Cumi-cumi ini hanya bisa hidup di dalam air laut saja. Ikan jenis cumi-cumi ini memiliki banyak keunikan yang ada pada tubuh hewan laut ini.

Fakta Unik Cumi Cumi

Berikut ini ada banyak Fakta Unik dari cumi-cumi yang bisa Anda ketahui :

1. Merupakan hewan lunak

Image Source: akamaized.net

Salah satu keunikan dari cumi-cumi yang bisa Anda ketahui adalah ikan cumi-cumi ini termasuk ke dalam hewan lunak. Cumi-cumi hidup di dalam air laut yang asin.

Cumi-cumi masuk ke dalam golongan hewan bertulang lunak atau sering disebut dengan moluska. Namun berbeda dengan siput atau kerang lainnya yang memiliki cangkang untuk perlindungan dirinya.

Ikan cumi-cumi ini walaupun tidak memiliki tulang belakang, memiliki otot-otot yang kuat untuk bentuk perlindungan dirinya ketika berhadapan dengan musuh. Otot-otot ini sifatnya sangat kuat sebagai alat pertahanan diri cumi-cumi selama menjalani kehidupan di dasar laut.

2. Dapat mengeluarkan tinta hitam

Image Source: pulsk.com

Keunikan kedua yang dimiliki oleh ikan jenis cumi-cumi ini adalah dapat mengeluarkan tinta hitam. Cumi-cumi memiliki alat perlindungan diri khusus yang membedakan dengan hewan air laut lainnya. Cumi-cumi memiliki senjata yang ampuh berupa tubuh yang dapat mengeluarkan cairan berupa tinta hitam.

Tinta hitam ini biasanya digunakan untuk mengelabuhi musuhnya jika cumi-cumi merasa keberadaanya terancam oleh musuh.

Dengan mengeluarkan tinta hitam ini, air laut akan pekat dan keruh berwarna hitam. Hal ini membuat musuh menjadi sulit untuk memangsa cumi-cumi.

Sehingga cumi-cumi bisa melarikan diri dengan selamat dari ancaman musuh. Tinta hitam ini juga banyak dihilangkan ketika akan diolah menjadi menu makanan agar warna cumi-cumi nantinya tidak berwarna gelap setelah selesai dimasak.

3. Dapat memancarkan cahaya di dalam laut

Image Source: klimg.com

Keunikan ketiga yang dimiliki oleh ikan jenis cumi-cumi yang bisa Anda ketahui adalah dapat memancarkan cahaya di dalam laut.

Tentunya tidak semua jenis hewan laut mampu memiliki keahlian seperti ini. Ikan jenis cumi-cumi ini uniknya memiliki kemampuan untuk mengeluarkan cahaya dalam air laut.

Ketika siang hari, terkadang laut sangat gelap. Apalagi ketika malam, tidak ada cahaya apapun. Agar cumi-cumi bergerak bebas dan bisa berenang kemanapun hewan ini pergi, akan dibantu dengan tubuhnya yang mampu mengeluarkan cahaya.

Cahaya ini akan membantu cumi-cumi untuk mencari jalan dimana nantinya yang akan dilewati. Sehingga pada malam hari, cumi-cumi bisa sekaligus mencari makanan untuk dikonsumsi demi kelangsungan hidupnya di dasar laut yang dalam.

4. Dapat berenang dengan cepat

Keunikan selanjutnya yang dimiliki ikan jenis cumi-cumi ini adalah dapat berenang dengan cepat. Cumi-cumi hanya bisa hidup di air laut. Kelebihan yang dimiliki oleh cumi-cumi ini bisa berenang dengan cepat.

Apalagi jika cumi-cumi menghadapi musuhnya. Cumi-cumi ini bisa menghindari dengan musuhnya dengan berenang cepat.

Pergerakan cumi-cumi dengan cepat ini dipengaruhi oleh otot-otot yang dimiliki oleh cumi-cumi yang sangat kuat. Sehingga mempermudah pergerakan cumi-cumi untuk berlari dengan cepat dalam menghindari musuh.

5. Dapat mengubah warna tubuhnya

Keunikan yang dimiliki oleh ikan jenis cumi-cumi ini adalah dapat mengubah warna tubuhnya. Banyak cara yang dilakukan cumi-cumi untuk bisa lolos dari serangan predator yang akan menyerangnya sewaktu-waktu.

Keunikan hewan cumi-cumi ini bisa mengubah warna tubuhnya. Dalam kondisi tertentu, tubuh cumi-cumi bisa berubah menyesuaikan tempatnya.

Sehingga cumi-cumi akan menyamar didekat musuh. Musuh tidak akan mengenali cumi-cumi. Selain itu, cumi-cumi bisa bertahan hidup dengan banyaknya predator yang akan menyerangnya.

6. Memiliki mata yang tajam

Keunikan yang dimiliki cumi-cumi lainnya adalah memiliki mata yang dapat melihat dengan tajam. Penglihatan cumi-cumi ini sangat baik, sehingga bisa juga mengenal warna yang ada di sekitarnya. Mata cumi-cumi yang tajam membuat hewan ini dengan mudah untuk menangkap makanan dan mangsanya.

Sara Apriana
About Sara Apriana 455 Articles
Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup, tidak ada yang miskin. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup. "dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberi kecukupan". (QS. An-Najm : 48) ~ Ust. Adi Hidayat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.