11 Contoh Perubahan Fisika yang Sering Terjadi di Kehidupan Sehari-Hari

Contoh Perubahan Fisika
pinterkelas.com

Contoh Perubahan Fisika – Pernah kan kalian menyadari bahwa telah banyak terjadi perubahan materi di sekitar kita? Dalam ilmu sains, perubahan fisika dan kimia merupakan aspek penting yang pasti dibahas bila berkaitan dengan perubahan materi dan bagaimana mekanisme perubahannya.

Karena adanya perubahan tersebut, baik kimia atau pun fisika dapat diketahui bagaimana awal mula materi yang akan berbeda dengan keadaan akhirnya. Setelah mengalami perubahan dari berubahnya wujud, sifat ataupun komposisi suatu zat.


Ruang Lingkup Ilmu Fisika


Pada kesempatan ini kita akan mengulas apa itu perubahan fisika, faktor penyebabnya serta berbagai contoh perubahan fisika baik di lingkungan maupun yang sederhana terjadi di sekitar kita.

Pengertian Perubahan Fisika

katasapa.com

Secara umum perubahan fisika adalah suatu perubahan yang terjadi pada zat yang tidak menyebabkan pembentukan zat baru.

Definisi perubahan fisika ini termasuk di dalamnya partikel atau molekul yang ada di dalamnya tetap, sehingga masih memungkinkan untuk kembali ke bentuk sebelumnya. Hal tersebut berbeda dengan perubahan kimia, yang mana pada proses perubahannya menghasilkan zat baru.

Terdapat beberapa ciri-ciri umum yang terjadi pada perubahan fisika, yaitu tidak menghasilkan terbentuknya zat baru, perubahan terjadi pada wujudnya saja, memungkinkan untuk kembali ke bentuk semula, sifat partikelnya masih sama dan bisa terjadi disebabkan karena pemanasan, pendinginan dan lainnya.

Faktor Penyebab Perubahan Fisika

Contoh Perubahan Fisika
belitung.tribunnews.com

Ada beberapa hal yang merupakan faktor penyebab terjadinya perubahan fisika, yaitu:

Perubahan fisika yang menyebabkan berubahnya wujud zat

Faktor yang menyebabkan perubahan wujud adalah suhu atau temperatur. Dalam perubahan fisika yang menyebabkan perubahan wujud zat dapat digolongkan menjadi 6 jenis, yaitu pada wujud padat, cair, gas dari suatu benda.

  1. Mencair, yaitu berubahnya zat dari wujud padat menjadi wujud cair. Contohnya pada es batu yang berubah menjadi air karena suhu yang tinggi.
  2. Membeku, yaitu berubahnya zat dari wujud cair menjadi wujud padat. Contohnya pada air berubah menjadi es karena didinginkan.
  3. Mengembun, yaitu berubahnya zat dari wujud gas menjadi wujud cair. Contohnya embun pada jendela kaca di pagi hari karena suhu yang dingin.
  4. Menyublim, yaitu berubahnya zat dari wujud padat menjadi wujud gas. Contohnya kapur barus di kamar mandi yang menjadi gas.

Perubahan fisika yang menyebabkan berubahnya ukuran zat

Faktor yang menyebabkan perubahan ukuran adalah faktor mekanik yang bersentuhan langsung seperti proses pemecahan, penggilingan dan pemotongan. Contohnya adalah kain yang dipotong menjadi kain perca, kopi yang digiling menjadi bubuk kopi dan lain-lain.

Perubahan fisika yang menyebabkan berubahnya volume

Hal tersebut bisa juga dikarenakan faktor suhu. Contohnya pemuaian pada rel kereta api karena musim kemarau.

Contoh Perubahan Fisika

Contoh Perubahan Fisika
merdeka.com

Berikut ini adalah beberapa contoh perubahan fisika yang terjadi di sekitar kita :

1. Logam besi yang di daur ulang.
2. Biji kopi yang digrinding menjadi bubuk kopi.
3. Kain yang dijahit menjadi berbagai bentuk baju dan celana.
4. Air yang didinginkan sehingga menjadi es batu.
5. Baju basah yang menjadi kering ketika dijemur di siang hari.
6. Uap air menjadi embun.
7. Kertas yang di daur ulang menjadi mainan anak-anak.
8. Kayu menjadi kursi, lemari dan tiang rumah.
9. Batu yang berubah menjadi kerikil karena ditumbuk.
10. Gula yang dilarutkan dalam air.
11. Lilin yang meleleh ketika dipanaskan.


Nah, itu tadi adalah penjelasan mengenai bab perubahan fisika, mulai dari pengertian, faktor penyebabnya serta berbagai contoh perubahan fisika yang harus diketahui dan sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bermanfaat!

Keyword: Contoh Perubahan Fisika

Sara Apriana
About Sara Apriana 444 Articles
Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup, tidak ada yang miskin. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup. "dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberi kecukupan". (QS. An-Najm : 48) ~ Ust. Adi Hidayat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.