Ciri-Ciri Planet serta Keberadaannya dalam Sistem Tata Surya

Ciri-Ciri Planet
pesantrennuris.net

Ciri-Ciri Planet – Membahas tentang tata surya dan segala keindahannya tak akan pernah ada habisnya. Seperti indahnya bentuk berbagai rasi bintang hingga uniknya karakteristik berbagai planet di jajaran tata surya. Berikut akan kita bahas mengenai ciri-ciri planet yang akan membuatmu takjub dan berdecak kagum:

Baca Juga : Cabang-Cabang Biologi


Ciri-Ciri Planet di Jajaran Tata Surya


Merkurius

kafeastronomi.com

Merkurius merupakan planet paling dekat dengan matahari, terletak pada jarak 0,39 SA dari matahari. Karena itulah suhu di planet ini cukup ekstrim bisa mencapai 4.270°C di kala siang hari. Sedangkan pada malam hari suhu akan turun drastis mencapai -1.700°C.

Secara pengamatan Merkurius berwarna abu-abu, dengan diameter berukuran 4.879 km, serta terdiri dari 30% silikat dan 70% logam. Tentu dilihat dari ciri-ciri nya tidak ada bentuk kehidupan yang menghuni planet ini.

Venus

Ciri-Ciri Planet
kompas.com

Planet ini juga dijuluki sebagai Bintang Senja atau Bintang Fajar karena seringkali terlihat pada pagi dan sore hari. Ciri-ciri planet Venus yaitu berwarna kuning dengan ukuran diameter 6.052 km.

Planet yang berada pada jalur lintasan orbit yang berlawanan dengan arah rotasi planet lainnya ini berjarak 0,72 SA dari matahari. Pada siang hari suhu di Venus bisa mencapai 4.800°C karena merupakan planet terdekat kedua dari matahari setelah Merkurius.

Bumi

idntimes.com

Bumi merupakan satu-satunya planet yang diketahui ditinggali oleh makhluk hidup. Hal ini dikarenakan suhu di bumi terlindungi oleh lapisan atmosfer sehingga tidak terlalu panas dan tidak terlalu bagi keberlangsungan sebuah kehidupan.

Pernahkah kamu melihat bentuk bumi dari teropong antariksa? Ciri-ciri planet bumi berwarna kehijauan karena terdiri dari daratan dan lautan. Diameter bumi sebesar 12.742 km dengan jarak kurang lebih 1 SA dari matahari. Bumi memiliki satelit alami lho, yup apalagi kalau bukan bulan.

Mars

Ciri-Ciri Planet
gatra.com

Nah, planet ini berada paling dekat dengan bumi dan memiliki atmosfer yang hampir menyerupai bumi. Sehingga banyak yang mencurigai jika Mars terdapat kehidupan makhluk lain seperti di bumi. Ciri-ciri planet Mars berwarna kemerah-merahan, hingga sering juga disebut sebagai Planet Merah.

Ukuran diameter planet Mars yaitu 6.779 km dengan jarak sekitar 1,52 SA dari matahari. Planet ini juga memiliki satelit alami bernama Deimos dan Phobos. Selain itu di Mars juga terdapat gunung loh, yaitu Gunung Olympus Mons, merupakan gunung tertinggi di semua planet di tata surya.

Jupiter

idntimes.com

Planet terbesar di tata surya ini memiliki ukuran diameter sekitar 14.890 km. Berada pada urutan kelima berdasarkan kedekatannya dengan matahari, yaitu pada jarak 5,2 SA. Secara fisik Jupiter memiliki warna permukaan berlapis-lapis kombinasi antara warna orange dan putih.

Penamaan planet ini diambil dari nama salah satu Dewa dalam mitologi zaman Romawi Kuno. Sebagai planet terbesar Jupiter juga memiliki jumlah satelit terbanyak, kurang lebih 67 satelit.

Saturnus

Ciri-Ciri Planet
dunia.tempo.co

Jika kamu pernah meneropong planet ini, kamu pasti akan berdecak kagum karena kecantikannya. Warnanya yang kuning pucat berpadu dengan keindahan cincin yang mengitarinya, sehingga Saturnus kadang disebut sebagai planet bercincin.

Sebagian besar bahan penyusun planet ini adalah gas hidrogen dan helium. Jaraknya dari matahari yaitu 1,4 milyar km. Suhu Saturnus berkisar pada 140°C dengan cincin yang terdiri dari batu dan bingkahan es. Ukuran diameter planet ini sebesar 116.463 km serta memiliki 56 satelit.

Uranus

republika.co.id

Jarak Uranus dari matahari adalah 2.872 km sehingga suhunya sangat dingin, bahkan dinobatkan sebagai planet terdingin. Suhu terendahnya bisa mencapai -224°C dengan suhu rata-rata yaitu -140°C. Musim dingin di Uranus bisa mencapai 20 tahun lamanya karena kurangnya cahaya matahari.

Ciri fisik planet ini berwarna hijau kebiruan, juga dikelilingi cincin namun tak sebesar dan setebal cincin Saturnus. Uniknya cincin tersebut melingkari planet yang berdiameter 50.724 km ini secara vertikal.

Neptunus

Ciri-Ciri Planet
goingtotehran.com

Disebut sebagai planet terluar dari matahari dengan jarak kurang lebih 4.5 milyar km. Ciri-ciri planet Neptunus yaitu berwarna biru, dengan diameter berukuran 49.530 km, serta memiliki 8 buah satelit alami.


Nah, dulu juga ada Pluto yang disebut-sebut sebagai salah satu planet di tata surya lho. Namun karena ukurannya yang sangat kecil, kini Pluto sudah tidak dikategorikan lagi sebagai benda langit yang disebut Planet.

Keyword : Ciri-Ciri Planet

Sara Apriana
About Sara Apriana 455 Articles
Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup, tidak ada yang miskin. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup. "dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberi kecukupan". (QS. An-Najm : 48) ~ Ust. Adi Hidayat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.