Cabang-Cabang Biologi disertai Pengertian dan Penjelasannya

Cabang-Cabang Biologi
duniailkom.com

Cabang-Cabang Biologi – Pada hakikatnya Biologi merupakan ilmu yang mempelajari segala hal yang berkaitan dengan makhluk hidup. Tak hanya manusia, hewan, dan tumbuhan namun juga mencakup segala komponen biotik dan abiotik di sekitarnya.

Biologi memiliki cakupan ilmu yang sangat luas, termasuk keterkaitan antara berbagai makhluk hidup, makhluk tak hidup, dan benda mati di muka bumi. Oleh karena itu ilmu biologi terbagi ke dalam beberapa macam kategori, berikut penjelasannya.

Baca Juga : Biografi Soekarno


Cabang-Cabang Ilmu Biologi


kanalpengetahuan.com

Ilmu biologi bersifat universal, sehingga dapat diuraikan dalam cabang-cabang biologi lainnya, di antaranya yaitu:

Botani

Mempelajari semua kehidupan tumbuh-tumbuhan mulai dari jenis, struktur, persebaran, klasifikasi tumbuhan dan lain sebagainya. Seseorang yang ahli dalam cabang ilmu botani disebut sebagai botanis. Tumbuhan merupakan produsen utama di muka bumi karena dapat memproduksi makanannya sendiri melalui bantuan sinar matahari.

Zoologi

Zoologi berasal dari perpaduan kata zoo dan logy, zoo artinya binatang sedangkan logy artinya ilmu. Jadi zoologi adalah ilmu yang mempelajari segala hal yang berkaitan dengan binatang. Baik itu dari segi reproduksi, pertumbuhan, karakteristik, dan segala hal lainnya tentang hewan.

Aerobiologi

Menjurus kepada hal yang lebih spesifik aerobiologi adalah cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang partikel organik yang bergerak melalui udara. Sebagai contoh pergerakan serbuk sari saat akan melakukan penyerbukan.

Contoh lainnya yaitu pergerakan bakteri maupun virus yang mudah menyebarkan penyakit. Sehingga dengan prinsip ilmu aerobiologi kita dapat mengetahui penyebaran penyakit yang diakibatkan oleh partikel organik seperti bakteri.

Genetika

Saat duduk di bangku universitas nanti, Genetika akan menjadi topik terpisah dari biologi, dalam satu mata kuliah sendiri. Genetika adalah ilmu yang mempelajari tentang pewarisan sifat induk kepada keturunannya.

Pada praktiknya kamu akan bertemu dengan unsur terkecil penyusun organ tubuh yaitu gen atau kromosom yang terdapat di dalam sel. Kamu juga akan mempelajari segala hukum-hukum tentang pewarisan sifat hingga rekayasa genetika.

Seperti contoh yang sudah populer saat ini di bidang pertanian adalah melakukan penyilangan (bastar). Dengan menerapkan prinsip-prinsip genetika seorang ahli pertanian dapat menghasilkan tumbuhan dengan buah berkualitas super.

Virologi

Sesuai dengan namanya, virologi cabang ilmu biologi yang membahas tentang virus mulai dari struktur, reproduksi, dan peranannya. Belakangan ini bumi kita sedang dilanda pandemi yang kabarnya disebabkan oleh virus corona.

Semoga para ahli virologi dimanapun mereka berada dapat segera menemukan vaksin untuk memusnahkan virus tersebut dari muka bumi ini. Sehingga kita kembali dapat menjalankan ibadah dan aktivitas lainnya secara normal.

Ekologi

Ekologi adalah ilmu yang mempelajari tentang hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungan sekitarnya pada suatu rantai ekosistem. Dimana di dalamnya terdapat simbiosis, rantai makanan, penguraian, dan lain sebagainya.

Iktiologi

Iktiologi sebenarnya merupakan percabangan dari cabang ilmu zoologi, dimana lebih khusus mempelajari tentang kehidupan ikan. Dalam bidang perikanan biologi merupakan landasan pengetahuan (basic science) dalam menerapkan berbagai ilmu perikanan, seperti halnya budidaya.

Ornitologi

Jika iktiologi merupakan cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang ikan, ornitologi merupakan cabang ilmu zoologi yang mempelajari segala hal yang berkaitan dengan burung. Sama halnya dengan ikan, hingga kini penemuan spesies burung di dunia telah mencapai jumlah 8.800-10.200.

Bakteriologi

Terpisah dengan virus, cabang ilmu biologi yang mempelajari segala hal tentang bakteri disebut dengan bakteriologi. Kenapa ada cabang ilmu khususnya, karena ternyata bakteri tidak selalu bersifat merugikan bagi manusia, ada juga yang bermanfaat lho.

Mikologi

Mikroorganisme pada dasarnya terbagi menjadi bakteri, jamur, yeast, dan virus. Nah, mikologi adalah cabang ilmu yang mempelajari segala hal yang berkaitan dengan jamur. Meliputi struktur, reproduksi, serta manfaat dan peranannya bagi keberlangsungan hidup manusia. Sudah pernah lihat jamur belum?


Kira-kira itulah diantara ratusan cabang-cabang biologi yang paling banyak dibahas. Next time kita lanjutkan kembali ulasan mengenai cabang ilmu biologi yang belum sempat tertulis. Semoga bermanfaat!

Keyword: Cabang-Cabang Biologi

Sara Apriana
About Sara Apriana 486 Articles
Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup, tidak ada yang miskin. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup. "dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberi kecukupan". (QS. An-Najm : 48) ~ Ust. Adi Hidayat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.