Besaran Pokok dan Besaran Turunan [Penjelasan Singkat]

sway.com

Besaran Pokok dan Besaran Turunan – Pada sebuah perhitungan sesuatu apapun atau identifikasi suatu benda, kita seringkali menggunakan suatu besaran dalam satuannya masing-masing untuk menentukan suatu ukuran suatu benda.

Besaran adalah sesuatu yang bisa diukur sedangkan satuan adalah nama/ istilah yang diberikan untuk mengukur suatu besaran tersebut. Pada setiap besaran memiliki satuannya masing-masing.

Misalnya dalam mengukur atau membandingkan sebuah panjang bak mandi dengan panjang meja kita menggunakan suatu alat ukur yang sesuai standar maka di situlah perlunya besaran yang sesuai dan satuannya.

alam dunia fisika terdapat dua besaran yang ada. Yang pertama adalah besaran pokok dan yang kedua adalah besaran turunan.


Besaran Pokok dan Besaran Turunan


Besaran Pokok dan Besaran Turunan
usaha321.net

1. Besaran Pokok

Besaran pokok adalah besaran yang satuannya telah ditentukan dan ditetapkan terlebih dahulu. Dianggap sebagai suatu besaran yang berdiri sendiri tanpa ada turunannya dari besaran-besaran yang lainnya. Intinya besaran pokok adalah kumpulan sari satuan-satuan awal yang telah disepakati sebagai dasar dalam satuan internasional.

Setiap besaran pokok hanya terdiri atas satu satuan saja. Terdapat tujuh satuan pada besaran pokok, yaitu sebagai berikut :

No.

Besaran Pokok

Satuan SI

Lambang

Satuan

Dimensi

     1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.

Panjang (l)

Massa (m)

Waktu (t)

Suhu (T)

Kuat Arus (I)

Jumlah Molekul Zat (n)

Intensitas Cahaya (ln)

Meter

Kilogram

Sekon

Kelvin

Ampere

Mol

Candela

m

kg

s

K

A

Mol

cd

L

M

T

Ө

I

N

J

Definisi Setiap Besaran Pokok

Terdapat keterangan atau definisi dari satuan-satuan dari besaran pokok tersebut seperti kenapa besaran tersebut tercipta.

  • Pada panjang yang memiliki satuan SI meter didefinisikan 1 meter sebagai jarak yang ditempuh cahaya dalam waktu 1/299.792.458 detik.
  • Massa yang memiliki satuan S1 kilogram didefinisikan 1 kilogram sebagai massa sebuah silinder platinum iridium yang memiliki tinggi dan diameter 3.9 cm.
  • Waktu yang memiliki satuan SI sekon didefinisikan 1 sekon sebagai waktu yang dibutuhkan atom cesium -133 untuk bergetar sebanyak 9.192.631.770 kali.
  • Pada suhu yang memiliki satuan SI kelvin didefinisikan 1 kelvin sebagai pecahan 1/273.16 dari temperatur/ suhu termodinamika triple point air. 0 kelvin adalah 0 absolut suatu kondisi dalam termodinamika yang mana partikel-partikel penyusun materi berhenti bergerak.
  • Pada kuat arus yang memiliki satuan SI Ampere didefinisikan 1 Ampere adalah kuat arus listrik yang dibutuhkan untuk memindahkan muatan listrik 1 Couloumb selama 1 detik.
  • Jumlah molekul zat adalah besaran untuk menyatakan jumlah elemen zat seperti molekul, unsur, ion dan lain-lain. Dalam satuan S1 adalah mol yang didefinisikan sebagai jumlah zat yang banyak sama dengan banyaknya 12 gram atom karbon-12.
  • Pada intensitas cahaya dengan satuan SI Candela didefinisikan 1 Candela sebagai cahaya pada arah tertentu dari suatu sumber yang memancarkan radiasi monokromatik dengan frekuensi 540 x 1012 Hz dan memiliki intensitas radian pada arah 1/683 watt per steradian.

2. Besaran Turunan

Besaran turunan adalah besaran yang satuannya diambil atau diturunkan dari besaran pokok. Jadi besaran turunan ini merupakan komposisi dari besaran pokok seperti hasil dari pembagian ataupun perkalian besaran pokok.

Misalnya untuk mendapatkan besaran turunan sebuah kecepatan dinyatakan dalam m/s, maka untuk mendapatkannya harus melibatkan satuan kecepatan dan juga berhubungan erat dengan rumus kecepatan di dalamnya.

Berbeda dengan besaran pokok yang hanya berjumlah tujuh, besaran turunan ini sangat banyak dalam hal ini hanya akan disebutkan beberapa contohnya saja.

No.

Besaran Turunan

Lambang Besaran Turunan

Satuan

     1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.

8.

Luas

Kecepatan

Percepatan

Gaya

Tekanan

Massa Jenis

Daya

Energi

A

V

a

F

P

ρ

P

E

m2

m/s

m/s2

kg.m/s2

N/m2

kg/m3

kg.m2/s3

kg.m2/s2

Keterangan : misalnya pada Luas diturunkan dari besaran panjang, yaitu panjang kali panjang dan begitu seterusnya untuk yang lain. Nah itu saja penjelasan tentang bab besaran pokok dan besaran turunan. Semoga bermanfaat!

Keyword: Besaran Pokok dan Besaran Turunan

Sara Apriana
About Sara Apriana 455 Articles
Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup, tidak ada yang miskin. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup. "dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberi kecukupan". (QS. An-Najm : 48) ~ Ust. Adi Hidayat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.