Bagian-Bagian Mata dan Fungsinya [Penjelasan Lengkap]

√ Bagian-Bagian Mata dan Masing-Masing Fungsinya
unsplash.com

Bagian-Bagian Mata – Mata adalah salah satu panca indera kita yang memiliki peranan penting untuk melihat suatu objek atau benda. Dengan adanya mata kita dapat melihat birunya laut, luasnya langit sampai melihat mikroba yang berukuran beberapa milimikron lewat bantuan mikroskop.

Hal tersebut bisa kita lakukan jika kondisi mata kita dalam keadaan sehat. Namun jika mata kita memiliki masalah, maka penglihatan kita akan terganggu. Maka dari itu pada artikel kali ini kita akan membahas bagian-bagian apa saja yang ada di dalam mata serta bagaimana prinsip kerja mata sampai kita bisa melihat suatu objek/ benda.

Baca Juga : Biografi DI Panjaitan


Bagian-Bagian Mata dan Fungsinya


Bagian-Bagian Mata
ruangguru.co.id

Kornea

Pada bagian ini terdiri dari jaringan transparan yang berbentuk kubah dan membentuk bagian depan mata. Kornea adalah tempat dimana titik awal proses difokuskannya cahaya atau bisa disebut juga tempat penerima rangsang cahaya agar mata dapat melihat dengan lebih jelas.

Karena terdapat banyak sekali ujung saraf yang bersifat sensitif pada bagian kornea, maka kita harus lebih berhati-hati dalam menjaganya. Kerusakan pada bagian ini dapat menyebabkan kebutaan lho.

Aqueous Humor

Aqueous humor merupakan cairan bening yang terletak di dalam anterior chamber/ bilik depan mata. Cairan aqueous humor memiliki fungsi sebagai penyeimbang tekanan di dalam mata.

Selain itu cairan ini juga membantu membawa nutrisi ke jaringan mata yang lain. Gangguan pada cairan ini menyebabkan masalah pada tekanan di dalam mata yang bisa mengakibatkan penyakit glaukoma.

Sklera

Berbentuk seperti jaringan dengan warna putih keras yang berfungsi untuk melindungi dan mempertahankan bentuk bola mata. Sklera mata berperan dalam menempelnya otot-otot mata sehingga bola mata bisa bergerak.

Iris

Merupakan bagian yang memberikan warna pada mata sehingga kita memiliki warna mata yang kadang berbeda. Iris juga berfungsi mengatur besar kecilnya pupil.

Pupil

Berbentuk bulatan hitam di tengah mata yang berfungsi mengatur jumlah cahaya yang masuk ke mata.

Lensa

Lensa terdiri dari jaringan transparan serta lentur. Memiliki peranan untuk memfokuskan cahaya agar bayangan yang masuk jatuh tepat pada bintik kuning. Lensa akan menipis apabila objek yang dilihat lebih jauh, sebaliknya akan menipis apabila objek yang dilihat lebih dekat.

Vitreous Humor

Vitreous humor memiliki struktur mirip jelly yang berfungsi untuk menyokong lensa dan menjaga bentuk bola mata.

Retina dan Saraf Optik

Retina sangat sensitif terhadap cahaya yang berperan untuk memproses cahaya yang masuk ke mata yang kemudian diubah menjadi sinyal elektrik dan disalurkan ke otak melalui saraf optik.

Koroid

berupa membran coklat tua yang terdapat di antara sklera dan retina. Sama seperti aqueous humor, salah satu fungsi koroid adalah mengalirkan oksigen dan nutrisi ke retina.

Bintik kuning dan Bintik Buta

Bintik kuning adalah bagian retina yang berfungsi sebagai terbentuknya bayangan yang jelas (paling peka terhadap rangsang cahaya). Sedangkan pada bintik buta tidak peka pada rangsang cahaya.

Prinsip Kerja Mata

essilor.co.id

Secara umum prinsip kerja mata sampai kita bisa melihat adalah dimulai saat terdapat pantulan cahaya pada sebuah benda/ objek yang kita lihat dan masuk melalui kornea. Kemudian cahaya akan masuk ke dalam pupil menuju lensa mata.

Oleh lensa mata akan diatur cahaya agar jatuh tepat di bintik kuning. Oleh bintik kuning yang di dalamnya terdapat sel kerucut dan sel batang akan disampaikan ke otak. Bagian otak yang bernama visual korteks akan menerjemahkan sinyal yang diberikan (sinyal optik menjadi sinyal elektrik). Sehingga kita bias mengerti terhadap objek yang kita lihat.

Nah itu tadi adalah penjelasan tentang bagian-bagian penyusun mata beserta prinsip kerja mata sampai kita bisa melihat suatu objek. Tugas kita selanjutnya sebagai bentuk syukur mendapatkan anugerah mata adalah dengan menjaga sebaik-baiknya.

Apabila terjadi masalah atau merasa ada gangguan pada mata segera periksa ke dokter untuk mendapatkan penanganan. Semoga bermanfaat!

Keyword: Bagian-Bagian Mata

Sara Apriana
About Sara Apriana 455 Articles
Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup, tidak ada yang miskin. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup. "dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberi kecukupan". (QS. An-Najm : 48) ~ Ust. Adi Hidayat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.