Penjelasan Lengkap Mengenai Bagian-Bagian Bunga Sempurna

bagian-bagian bunga
ifabrix.com

Bagian-Bagian Bunga – Menurut ilmu botani bunga didefinisikan sebagai bagian tanaman untuk menghasilkan biji. Sebagai tumbuhan yang identik dengan wanita bunga menjadi alat reproduksi seksual pada tumbuhan berbiji tertutup. Dimana proses penyerbukan dan pembuahan berlangsung di bunga.

Secara garis besar bagian-bagian tumbuhan terbagi menjadi akar, batang, dan daun. Sementara bagian-bagian lainnya dianggap sebagai perpanjangan dari ketiga bagian utama tersebut. Bunga sendiri disebut sebagai alat reproduksi generatif pada tumbuhan berbiji.

Umumnya alat kelamin pada bunga terdiri dari benang sari (jantan) dan putik (betina). Berdasarkan kelengkapan bagian-bagiannya bunga terbagi menjadi bunga lengkap dan bunga tidak lengkap. Bunga lengkap memiliki 4 bagian utama yaitu mahkota, kelopak, benang sari, dan putik.

Baca Juga : Aspek Geografi


Mengenal Bagian-Bagian Bunga


markijar.com

Sebuah bunga dikatakan tidak lengkap apabila tidak memiliki salah satu dari 4 bagian utama tadi. Tak hanya empat bagian utama tersebut masih ada bagian-bagian bunga lainnya yaitu, berikut penjelasan lengkapnya:

Mahkota Bunga (Corolla)

Secara bahasa mahkota bunga diartikan sebagai hiasan bunga yang terdapat di lingkaran dalam yang terdiri atas daun mahkota (petala). Mahkota bunga sering juga disebut sebagai bunga itu sendiri dengan warna beragam dan dijadikan sebagai indikator keindahan dari sebuah bunga.

Karena keindahan dan warnanya yang menarik, mahkota bunga berfungsi untuk menarik perhatian serangga untuk membantu proses penyerbukan. Selain itu bagian yang merupakan hasil modifikasi dari daun ini juga berfungsi untuk melindungi organ reproduksi pada struktur bunga.

Kelopak Bunga (Calyx)

Kelopak adalah hiasan bunga yang terdapat pada lingkaran terluar berbentuk selubung dan terdiri dari beberapa daun kelopak (sepala). Fungsi utama kelopak adalah melindungi mahkota bunga, dimana kelopak akan menutup saat mahkota masih kuncup dan akan terbuka saat mahkota sudah mekar.

Benang Sari (Stamen)

Fungsi alat kelamin jantan ini tentu saja untuk perkembangbiakan sebuah bunga (proses penyerbukan). Proses reproduksi ini nantinya juga dapat menghasilkan tanaman baru alias anakan. Bagian-bagian benang sari terdiri dari tangkai sari (filamen), serbuk sari (polen), dan kepala sari (antheral).

Putik

Alat kelamin betina pada bunga ini memiliki tiga bagian utama yaitu tangkai putik (stilus), kepala putik (stigma), dan bakal buah (ovarium). Layaknya pada wanita pada bakal buah terdapat sel telur yang nantinya berguna pada proses pertumbuhan.

Tangkai Bunga (Pedicellus)

Pernah memegang bunga mawar, tentu sudah paham dong ya bagian dari tangkai bunga. Terdapat pada bagian paling bawah dari bunga, merupakan bagian yang dipatahkan saat kita memetik bunga dari pohonnya. Sesuai lokasinya tangkai bunga berfungsi sebagai penopang dan penghubung antara tangkai dan ranting.

Daun Pelindung (Brachtea)

Merupakan daun-daun yang ada di sisi-sisi tumbuhnya bunga, terkadang kita sering keliru dalam membedakan bagian kelopak bunga dan daun pelindung. Brachtea adalah daun yang menjadi tempat tumbuhnya tepatnya bunga pada bagian ketiak daun.

Ada lagi yang disebut dengan daun tangkai bunga (brachteola) yang biasa berada pada bagian pangkal dari tangkai bunga. Hampir mirip dengan brachtea, daun ini juga berfungsi sebagai pelindung bunga.

Dasar Bunga (Receptacle)

Sesuai dengan namanya receptacle terletak pada bagian ujung bawah bunga sesudah bagian tangkai. Dasar bunga berfungsi sebagai tempat melekat dan bertumpunya mahkota dan bagian-bagian bunga lainnya.

Selain ketujuh bagian-bagian bunga di atas masih ada bakal buah dan bakal biji. Bakal buah merupakan bagian dari putik yang dikenal juga dengan sebutan ovarium. Peran ovarium sangat penting dalam proses reproduksi sehingga dalam morfologi terkadang diklasifikasikan sebagai bagian tersendiri dari bunga.

Begitu juga halnya dengan bakal biji yang berfungsi sebagai tempat berlindungnya dan pertemuan sel-sel telur yang sudah dibuahi. Setelah dibuahi selama penyerbukan bakal biji akan berkembang menjadi sebuah biji dan tumbuh menjadi tanaman baru atau menjadi buah seperti yang sering kita lihat.

Keyword : Bagian-Bagian Bunga

Sara Apriana
About Sara Apriana 455 Articles
Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup, tidak ada yang miskin. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup. "dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberi kecukupan". (QS. An-Najm : 48) ~ Ust. Adi Hidayat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.