12 Arti Warna Beserta Pengertian, Teori dan Teori Psikologinya

√ 12 Arti Warna Beserta Pengertian, Teori dan Teori Psikologinya
snacksafely.com

Arti Warna – Menururt KBBI warna merupakan kesan yang diperoleh mata dari cahaya yang dipantulkan oleh benda-benda yang dikenainya.

Dalam kehidupan, warna memang tidak bisa terlepas dari sebuah seni dan merupakan bagian dari keindahan yang ada.


Pengertian Warna


unbounce.com

Warna mempunyai kemampuan dalam mengungkapkan atau mengkomunikasikan makna suatu pesan dalam bentk non verbal . Dan Warna bisa menjadi simbol yang menunjukkan ciri khas sesuatu.

Ia- Warna- yang merupakan karunia Tuhan yang ada di alam tidak hanya berguna sebagai wujud estetika saja tetapi warna juga bisa mencerminkan karakter yang dimiliki seseorang.

Hal tersebut berkaitan dengan konsep psikologi warna yang menjelaskan bagaimana cara manusia mereprentasikan warna-warna yang ada. Menurut wikipedia, psikologi warna atau colour psychologi tudi tentang warna sebagai penentu prilaku manusia.

Seorang psikolog ternama asal swiss yakni carl gustav jung meyakini bahwa setiap warna memiliki makna, potensi dan kekuatan untuk memengaruhi. Seperti yang diuraikan oleh J.Linschoten dan Drs. Mansyur tentang warna.

Dimana warna-warna itu bukanlah suatu gejala yang hanya bisa diamati saja, tetapi warna itu mempengaruhi kelakuan, memegang peranan penting dalam penilaian estetis dan turut menentukan suka tidaknya seseoarang akan bermacam-macam benda.


Arti Warna Menurut Para Ahli


uxplanet.org
  • J. Linschoten dan Drs. Mansyur

Kedua ahli psikologis ini mengartikan warna sebagai sesuatu yang dapat mempengaruhi kelakuan seseorang. Warna berperan penting dalam penilaian terhadap estetika seperti dalam hal penentuan suka atau tidaknya seseorang terhadap suatu benda.

Dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa warna bukan hanya sesuatu yang dapat diamati saja melainkan juga dapat digunakan sebagai media penyampaian pesan. Pesan dalam mempengaruhi perilaku dan pilihan estetis seseorang.

  • Louis B. Wexner

Pada tahun 1954 Wexner mengungkapkan jika warna merupakan gambaran luapan emosi seseorang yang erat kaitannya dengan suasana hati (mood).

Secara umum penerapan warna dapat menyampaikan pesan tertentu. Misal sebuah perusahaan membuat logo tertentu dengan beberapa kombinasi warna, tentu saja pemilihan kombinasi warna ini didasarkan pada karakteristik dan kekuatan dari perusahaan tersebut.

Warna merupakan aura yang menjelaskan karakteristik suatu subjek ataupun objek. Dapat mewakili sifat, kepribadian, watak, kekuatan, kesukaan, dan lain sebagainya.

Di dunia fotografi, warna memegang peranan penting dalam menciptakan efek demi memberikan emosi yang tepat pada suatu gambar.

Sehingga maksud dan tujuan dari sebuah tangkapan gambar seorang fotografer dapat tersampaikan kepada yang melihatnya.

Begitupun halnya di dunia perfilman, dimana warna diolah sedemikian rupa menggunakan teknik color grading. Merupakan teknik pengkombinasian warna agar menciptakan efek yang sesuai dengan tema yang diinginkan.

Dari beberapa uraian tersebut dapat dijelaskan jika warna dapat dikelompokkan ke dalam dua jenis, yaitu warna hangat dan warna dingin.

Warna hangat identik dengan warna yang memberikan kesan ceria dan semangat. Seperti warna orange, merah, emas, kuning, dan cokelat. Hal ini tergambar pada cahaya matahri, dimana kehangatan membuat objek terlihat berat dan padat.

Warna dingin dapat digambar lewat warna biru muda, hijau, ungu, dan hitam. Seperti warna awan, salju, dan warna bayangan tergelap di malam hari. Hal ini dapat menggambarkan sebuah objek yang terlihat terang dan menyegarkan.

  • Ilmu Psikologi Warna

Menurut ilmu psikologi kepribadian seseorang dapat ditentukan berdasarkan warna kesukaannya. Warna sangat erat kaitannya dengan jiwa, kepribadian, dan kesehatan seseorang.

Jika anda ingin membaca kepribadian seseorang, maka cari tahu terlebih dahulu warna kesukaannya. Anda juga harus memahami arti dari warna-warna dasar yang menggambarkan aura emosi, kurang lebih seperti itulah gambaran kepribadian seseorang berdasarkan warna kesukaannya.

Warna adalah elemen paling berpengaruh dalam desain dan kehidupan. Apa jadinya jika di dunia ini tidak ada warna, tentu akan sangat membosankan bukan. Persepsi terhadap arti warna melibatkan aspek psikologi dan fisiologi manusia.


Macam-Macam Warna Menurut Teori Brewster


Image Source: sciencefriday.com

Menurut David Brewster atau yang sering dikenal dengan teori Brewster menyederhanakan warna yang ada di alam menjadi 4 macam yakni, warna primer, sekunder, tersier, dan warna netral.

• Warna primer

merupakan warna dasar yang tidak diperoleh dari campuran warna-warna lain. Contoh warna yang termasuk warna primer adalah warna merah, biru dan kuning.

• Warna sekunder

adalah warna-warna yang didapatkan dari adanya percampuran warna primer. Seperti warna hijau yang merupakan campuran antara warna biru dengan kuning

• Warna tersier

Yaitu percampuran antara warna primer dan sekunder. Seperti warna merah keunguan yang diperoleh dari adanya perpaduan dari warna merah dan ungu.

• Warna netral

adalah warna yang dihasilkan dengan adanya campuran ketiga warna dasar yakni merah, biru, kuning dengan perbandingan 1:1:1. Percampuran ketiga warna tersebut dengan tepat biasanya akan menghasilkan warna hitam.


Teori Warna Menurut Munsell


Image Source: smithsonianmag.com

Selain Brewster, juga terdapat teori warna yang diuraikan oleh Munsell. Teori warna Munsell membagi warna menjadi 3 kelompok yaitu sebagai berikut:

• Warna sebagai elemen estetika

Dalam hal ini warna berperan dan berfungsi sebagai bentuk dari sebuah keindahan. Akan tetapi, makna keindahan yang terkandung didalam warna bukan hanya sebagai wujud keindahan semata.

Melainkan sebagai unsur keberadaan atau eksistensial berbagai benda yang ada di sekitar kita. Dengan keberadaan warna sendiri dapat memudahkan kita untuk mengenali suatu benda. Oleh sebab itu, warna memiliki fungsi sebagai elemen yang membuat perbedaan antar objek atau benda.

• Warna sebagai representasi dari alam

Pada umumnya warna mampu memproyeksikan sifat objek secara nyata atau real. Dalam hal ini warna lebih mengacu kepada sifat-sifat alamiah dari objek tertentu. Contohnya seperti warna biru yang menggambarkan keberadaan laut, langit dan sebagainya.

• Warna sebagai sarana komunikasi

di sini warna diposisikan sebagai bagian dari simbol atau lambang. Seperti yang telah diuraikan sebelumnya, warna berfungsi sebagai media komunikasi atau sarana penyampaian pesan secara non verbal.

Hal tersebut sering kita jumpai sehari-hari di sekeliling kita. Seperti pada logo perusahaan, bendera suatu negara dan simbol-simbol lainnya yang mencerminkan ciri khas suatu objek.


Arti Warna


Meskipun terdapat kelompok-kelompok warna yang dijabarkan di atas, setiap warna mengandung arti atau makna masing-masing. Dan berikut ini adalah uraian beberapa arti warna.

1. Arti Warna Merah

pickolor.com

Warna merah kerap kali berkaitan erat dengan api, matahari, maupun darah yang sering dikonotasikan sebagai kekuatan atau power, energi, tekad, adrenalin dan semangat.

Selain itu warna juga bisa melambangkan kehangatan, cinta, nafsu, gairah dan peringatan. Warna merah dapat memacu emosional seseorang dan merupakan warna yang intens.

Sehingga dapat meningkatkan metabolisme, merangsang kelenjar adrenal serta dapat meningkatkan detak jantung. Warna merah mengandung kesan yang paling mendalam dibandingkan dengan warna-warna yang lain.

Warna merah juga termasuk ke dalam golongan warna yang hangat. Selain itu warna merah terang biasanya menyimbolkan kegembiraan, gairah dan kepekaan.

Sedangkan warna merah muda atau yang sering dikenal dengan pink melambangkan kasih sayang, cinta dan persahabatan. Serta warna gelap dikonotasikan sebagai kemarahan, kedengkian, keberanian dan kepemimpinan.

• Sifat positif : energik, komunikatif, semangat, perjuangan, cinta, kemewahan, kekuatan, percaya diri.
• Sisi negatif : kekerasan, agresif, nafsu, Kemarahan, dominasi

2. Arti Warna Kuning

artnome.com

Warna kuning merupakan jenis warna yang cerah atau terang yang dapat merangsang aktivitas pikiran dan mental serta membuat seseorang lebih waspada dan tegas. Selain itu warna kuning memberi kesan ceria dan optimis.

Warna kuning juga bisa menarik perhatian meskipun tidak sedalam warna merah. Karena warna kuning memiliki jumlah pantulan cahaya yang lebih banyak dari warna lain. Warna kuning juga mengandung arti kebijaksanaan dan kreativitas. Akan tetapi penggunaan warna kuning yang berlebihan dapat menimbulkan efek yang mengganggu.

• Sifat positif : kebahagiaan, harapan, persahabatan, optimis, antusias, kreativitas dan imajinatif
• Sifat negatif : depresi, kecemasan, tanda bahaya, kecemburuan, tamak dan ketidaktulusan serta ketakutan

3. Arti Warna Hijau

byrslf.co

Warna hijau bisa dikatakan sebagai warna representasi dari alam. Hal ini berarti warna hijau mengandung makna kesegaran, kebugaran, harmoni, kesuburan, kedamaian serta dapat menimbulkan efek relaksasi bagi seseorang.

Warna hijau juga dapat membantu seseorang mengatasi kondisi tertekan karena warna hijau merupakan warna yang paling tenang bagi mata manusia. Selain itu, warna hijau juga dapat meredakan emosi seseorang serta mendorong perasaan empati. Warna hijau juga menunjukkan stabilitas dan daya tahan.

• Sifat positif : relaksasi, kedamaian, kehidupan, harmoni, empati, kesejukan, harapan dan lingkungan
• Sifat negatif : kecemburuan, tidak matang, kebosanan dan emosi serta stagnasi

4. Arti Warna Biru

unsplash.com

Biru merupakan salah satu warna yang sering dijumpai di berbagai tempat. Pada dasarnya warna biru adalah warna pikiran Warna biru yang dapat memberikan perasaan yang dingin dan ketenangan.

Dan biru yang kuat akan merangsang pemikiran jernih dan ringan, sedangkan biru lembut atau biru muda akan menenangkan pikiran. Warna biru dianggap dan diyakini dapat mengatasi insomnia, tekanan darah tinggi serta kecemasan.

Ia -Biru- dilambangkan sebagai kecerdasan, kepercayaan diri, inspirasi serta loyalitas. Dalam dunia bisnis, warna biru acap kali dipakai oleh perusahaan sebagai warna utama dikarenakan warna biru mampu memberikan kesan profesionalitas dan kepercayaan diri.

• Sifat positif : kepercayaan diri, profesionalitas, ketenangan, komunikasi, dan kecerdasan
• Sifat negatif : dingin, acuh tak acuh, tidak ramah, dan kurang empati

5. Arti Warna orange atau jingga

nurserylive.com

Orange merupakan jenis warna sekunder yakni percampuran antara warna merah dan warna kuning. Biasanya warna orange melambangkan kehangatan, optimisme, keceriaan, kenyamanan, semangat serta antusiasme.

Warna orange atau jingga memberikan kesan hangat bagi seseorang dikarenakan warna tersebut dapat menarik perhatian orang lain tanpa adanya rasa intimidasi seperti halnya warna merah.

• Sifat positif : kehangatan, kegembiraan, optimisme, percaya diri, kemampuan bersosialisasi, kenyamanan, serta ketertarikan
• Sifat negatif : kesembronoan, ketidakdewasaan dan frustasi.

6. Arti Warna Ungu

amazon.com

Warna ungu merupakan simbol dari keagungan seorang raja, spiritual, dan misterius. Merupakan warna dengan gairah yang rendah. Artinya ungu merupakan warna dengan nuansa yang lebih gelap yang merepresentasikan kemewahan dan kekayaan.

Berpadu dengan keberadaan nuansa lavender yang misterius namun memiliki aura feminism, sentimental, dan menggambarkan sebuah nuansa nostalgia. Sehingga warna ini paling cocok didampingkan dengan keberadaan seorang wanita.

Warna ungu dipercaya mampu menstimulasi pemikiran seseorang kepada kemewahan hidup dan kesenangan. Dimana menurut para ahli warna ini tersambung langsung dengan pikiran dan imajinasi seseorang.

7. Arti Warna Putih

canva.com

Putih melambangkan kesucian, kebersihan, penerang, dan kejujuran. Berlawanan dengan hitam, putih dipercaya sebagai sumber kekuatan untuk melawan rasa sakit. Oleh karena itu warna putih banyak digunakan di berbagai background dunia kesehatan.

Selain itu warna putih juga dapat berarti keterbukaan dan kebebasan, memberikan perlindungan, kenyamanan dan memudahkan refleksi. Namun ada juga yang berpendapat jika warna putih merupakan lambang dari perasaan dingin, steril, serta kaku.

8. Arti Warna Hitam

pexels.com

Warna ini identik dengan hal yang gelap dan menyeramkan, dengan kata lain warna hitam diibaratkan sebuah reputasi yang buruk. Karena sifatnya yang elegan dan kuat hitam dinobatkan sebagai lambang belasungkawa atau duka.

Dibalik segala hal negatif tersebut warna hitam juga menjadi lambang kekuatan, rasa percaya diri, dan maskulinitas. Tak heran jika warna ini banyak difavoritkan oleh kalangan kaum Adam.

Di dunia fashion khususnya bagi kalangan wanita, warna hitam merupakan warna yang melangsingkan. Artinya kita anda ingin terlihat lebih kurus dan tirus dalam berpakaian, maka kenakanlah pakaian berwarna gelap, salah satunya warna hitam.

9. Arti Warna Cokelat

kordanews.com

Cokelat dekat dengan warna alam yang melambangkan keserdehanaan dan kejujuran. Warna cokelat merepresentasikan perasaan membumi, ketertiban dan kerendahhatian. Dengan warna ini akan tercipta nuansa yang hangat, nyaman, dan aman.

Berdasarkan ilmu psikologi warna cokelat merupakan warna yang memberikan kesan kuat dan dapat diandalkan. Sebuah warna yang membumi dan pondasi yang kuat dalam kekuatan hidup.

Dalam penggunaannya warna cokelat sering dipilih sebagai warna rumah, pakaian, hingga makanan. Hal ini dikarenakan warna ini memberikan ketenangan tersendiri bagi yang memandangnya.

Dari sisi negatifnya cokelat dilambangkan sebagai warna yang kotor, karena merupakan warna tanah dan lumpur. Di satu sisi warna cokelat terkadang dapat digunakan untuk menyembunyikan warna kotor, jika background yang anda gunakan berkaitan dengan warna tanah atau lumpur.

Dalam mendesain atau membuat dekorasi warna cokelat paling banyak digunakan. Entah hanya sekedar sebagai background atau sebagai warna utama. Biasanya undangan atau dekorasi yang menggunakan warna cokelat berhubungan dengan tema rustic, klasik, atau yang berhubungan dengan alam.

10. Arti Warna Pink

freepik.com

Selain warna ungu, pink atau merah muda adalah warna yang paling sering diasosiasikan dengan wanita. Melambangkan feminism, sentimental, romantisme, dan menyenangkan. Pink adalah warna yang terbentuk dari campuran antara warna merah dan warna putih namun memberikan arti yang berbeda.

Warna pink dilambangkan sebagai warna kasih sayang dengan nuansa yang penuh dengan kehangatan. Namun berbeda tingkat warnanya berbeda pula arti kehangatan yang dikandungnya.

Merah muda pucat melambangkan sifat yang manis dan sering diidentikkan sebagai warna yang mewakili perasaan seorang gadis kecil. Untuk warna dusty pink merepresentasikan suasana yang sentimental dan lebih romantis.

Sedangkan warna hot pink mewakili nuansa anak muda yang penuh energi, aktif, dan menyenangkan. Dalam pengaplikasiannya warna ini banyak digunakan sebagai dekorasi kamar, nuansa valintine, dan kombinasi dengan warna hitam dalam membuat desain undangan.

11. Arti Warna Magenta

background4free.com

Magenta adalah warna yang melambangkan keseimbangan dan transisi dari rasa ketidakbahagiaan menjadi rasa ketenangan.

Warna ini terbentuk dari kombinasi warna merah dan ungu. Dimana merah mengandung makna semangat dan energi membara tertahan oleh energi tenang dari violet.

Pertemuan kedua energi ini menciptakan keseimbangan, baik itu dari segi fisik, mental, spiritual, maupun emosional.

12. Arti Warna Tosca

dekoruma.com

Warna ini banyak digandrungi oleh wanita zaman kini. Sering dijadikan sebagai tema baju seragaman pernikahan ataupun bridesmaid. Dalam dunia psikologi tosca merupakan warna yang melambangkan stabilitas dan ketenangan.

Warna tosca diyakini dapat menghadirkan energi dan semangat baru bagi seseorang yang sedang dilanda stress atau dihinggapi rasa kesepian. Tosca juga dipercaya dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan menenangkan sistem saraf.

Oleh karena itu tosca adalah warna yang cocok digunakan untuk anda yang energik dan multi tasking. Warna ini akan membuat kepercayaan diri anda meningkat sehingga apapun pekerjaan yang sedang anda hadapi akan terselesaikan dengan baik.

Keyword: Arti Warna Beserta Pengertian dan Teorinya

Sara Apriana
About Sara Apriana 444 Articles
Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup, tidak ada yang miskin. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup. "dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberi kecukupan". (QS. An-Najm : 48) ~ Ust. Adi Hidayat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.