40+ Alat-Alat Laboratorium Beserta Pengertian, Fungsi, dan Gambarnya

41 Alat-Alat Laboratorium Beserta Pengertian, Fungsi, dan Gambarnya
thecocopost.id

Alat-alat Laboratorium – Laboratorium digunakan sebagai tempat praktik seseorang dalam mendalami suatu ilmu termasuk ilmu pengetahuan alam seperti kimia, biologi, fisika.

Pada lembaga pendidikan dari tingkat sekolah menengah pertama sampai perguruan tinggi biasanya memberikan fasilitas berupa laboratorium untuk menunjang keilmuan praktiknya.


Pengertian Laboratorium


training-sdm.com

Menurut Kamus Besar Bahas Indonesia (KBBI) laboratorium adalah tempat atau kamar tertentu yang dilengkapi dengan peralatan untuk mengadakan suatu percobaan. Dengan kata lain dapat dianggap sebagai tempat dimana studi eksperimental dilakukan.

Studi eskperimental berkaitan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK). Dalam pelaksanaannya memerlukan berbagai perangkat peralatan, analisis, dan pengamatan.

Secara operasional laboratorium biasa disingkat dengan sebuah lab. Dimana berbagai riset ilmiah, eksperimen, pengukuran ataupun pelatihan ilmiah (praktikum) dilakukan.

Laboratorium menjadi prasyarat dalam memenuhi standar dan proses pembelajaran di sebuah instansi pendidikan. Hampir seluruh tingkat instansi pendidikan memiliki laboratorium untuk menunjang kelengkapan fasilitas studi para pelajarnya.

Dari klasifikasinya laboratorium dapat dibagi menjadi dua yaitu laboratorium pendidikan dan laboratorium riset. Laboratorium pendidikan adalah lab yang digunakan oleh lembaga pendidikan khususnya tingkat SD, SLTP, dan SLTA.

Sedangkan laboratorium riset merupakan lab yang digunakan oleh para praktisi, peneliti, ataupun ilmuwan dalam upaya untuk menemukan sesuatu atau meneliti suatu hal yang baru demi perkembangan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK).


Alat-Alat Laboratorium


Image Source: salamadian.com

Pada laboratorium kimia terdapat banyak sekali alat yang digunakan untuk praktik. Sehingga untuk mempergunakannya kita harus mengenal jenis alat beserta fungsinya agar nantinya tidak terjadi kesalahan fatal.

Karena salah satu yang mempengaruhi keselamatan pada saat beraktivitas di laboratorium adalah penggunaan alat-alat tersebut, apakah kita mengetahui dengan benar prosedur penggunaan alat-alat laboratorium serta bagaimana karakteristik alat tersebut.

Oleh karenanya pada artikel kali akan membahas tentang sesuatu yang sangat penting untuk diketahui bagi siapapun khususnya pelajar yang akan melakukan praktik di laboratorium, yaitu mengenal alat-alat laboratorium beserta fungsinya. Untuk lebih jelasnya simak beberapa poin berikut ini:

1. Gelas Piala

36 Alat-alat Laboratorium Beserta Gambar dan Fungsinya
jagadkimia.com

Adalah wadah untuk larutan yang tidak mudah menguap. Gelas ini biasanya dipasangkan dengan gelas arloji sebagai penutup agar cairan tidak terkontaminasi dan hilang.

2. Alat-alat Laboratorium – Erlenmeyer

36 Alat-alat Laboratorium Beserta Gambar dan Fungsinya
kimiapost.net

Adalah wadah untuk mencampur,mengukur, dan menyimpan cairan. Alat ini juga digunakan untuk membantu proses pembiakan mikroba dalam laboratorium mikrobiologi.

Pada umumnya alat ini terbuat dari kaca borosilikat yang membuat benda ini tahan panas ketika dipanaskan. Ukuran labu erlenmeyer ini mulai beragam mulai dari 50-500 ml.

3. Alat-alat Laboratorium – Labu Ukur

36 Alat-alat Laboratorium Beserta Gambar dan Fungsinya
rebanas.com

Adalah alat yang berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan suatu larutan, membuat larutan, serta untuk mengencerkan larutan.

Karena bentuknya yang memiliki sebuah lingkaran gradasi, volume, dan kelas gelas membuat alat ini digunakan untuk menyisakan larutan kimia analitik dengan konsentrasi dan jumlah yang berakurasi tinggi.

4. Alat-alat Laboratorium – Petridish

36 Alat-alat Laboratorium Beserta Gambar dan Fungsinya
en.wikipedia.org

Adalah alat untuk mengembangbiakkan mikroba

5. Gelas Ukur

36 Alat-alat Laboratorium Beserta Gambar dan Fungsinya
sinarkmia.com

Adalah sebuah alat untuk mengukur volume larutan. Gelas ini berbentuk pipa dan pada umumnya bahan gelas tersebut terbuat dari plastik (polipropilen). Benda ini juga dilengkapi dengan bagian bawah yang lebar. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga kestabilan gelas ukur.

6. Alat-Alat Laboratorium – Kaca Arloji

36 Alat-alat Laboratorium Beserta Gambar dan Fungsinya
indotrading.com

Adalah wadah untuk menimbang bahan yang berupa zat padat, kristal, atau serbuk.

7. Tabung Reaksi

36 Alat-alat Laboratorium Beserta Gambar dan Fungsinya
medicalogy.com

Adalah suatu alat untuk mereaksikan zat-zat. Banyak sekali ukuran tabung reaksi tersebut,namun pada umumnya tabung tersebut memiliki ukuran dengan diameter 10-20 dan panjang 50-200 mm.

8. Cawan Penguap

36 Alat-alat Laboratorium Beserta Gambar dan Fungsinya
tokopedia.com

Adalah alat yang berfungsi sebagai wadah untuk mengeringkan suatu zat

9. Alat-Alat Laboratorium – Mortal

36 Alat-alat Laboratorium Beserta Gambar dan Fungsinya
kimiapost.com

Adalah alat yang digunakan untuk menghaluskan suatu zat yang masih bersifat padat atau kristal. Alat ini dilengkapi dengan pestle atau alu yang bagian batangnya kita pegang untuk menghancurkan.

Mortal juga biasa digunakan untuk menghaluskan daun, biji-bijian, akar, protein, DNA, dan lain-lain dalam laboratorium biologi.

10. Alat-alat Laboratorium – Krus

36 Alat-alat Laboratorium Beserta Gambar dan Fungsinya
romansakimia.blogspot.com

Adalah suatu alat untuk menentukan kadar abu

11. Pipet Tetes

tokopedia.com

Adalah alat yang digunakan untuk memindahkan suatu larutan dari suatu tempat ke tempat lain. Pipet tetes ini hanya mampu memindahkan larutan/cairan dalam skala yang sangat kecil yakni berupa tetesan

12. Alat-Alat Laboratorium – Pipet ukur

tokopedia.com

Adalah alat yang berfungsi untuk menentukan volume larutan. Dengan menggunakan pipet ini volume cairan/larutan yang dipindahkan dapat terukur dengan jelas. Ukuran volume terbesar pada pipet ini adalah 50 ml.

13. Pipet Gondok

alatlabor.com

Adalah alat yang digunakan untuk menentukan volume larutan dengan jumlah yang cukup besar. Pipet ini termasuk alat ukur kuantitatif dengan ketelitian tinggi

14. Batang Pengaduk

tokopedia.com

Adalah suatu alat yang berfungsi untuk mengaduk suatu larutan. Selain itu batang pengaduk juga dapat digunakan untuk membantu dekantasi larutan, menginduksi kristalisasi dan memecahkan emulsi pada ekstraksi.

15. Alat-Alat Laboratorium – Sudip

shopee.co.id

Adalah alat yang digunakan untuk mengambil suatu zat padat atau bubuk

16. Corong pisah

tokopedia.com

Adalah alat untuk memisahkan suatu larutan yang disebabkan oleh massa jenis yang berbeda. Oleh karenanya alat ini sering digunakan dalam proses ekstraksi cair.

17. Desikator

indonesian.alibaba.com

Adalah alat yang digunakan untuk menyimpan bahan yang terhindar dari kadar air. Untuk menghindari penguapan desikator ini dilengkapi dengan silica jel.

18. Alat-Alat Laboratorium – Buret

amazon.com

Adalah alat yang digunakan untuk mentitrasi dan menentukan volume larutan.

19. Alat-Alat Laboratorium – Corong

sea.banggood.com

Adalah alat untuk memindahkan larutan dari suatu tempat ke tempat lain.

20. Rak Tabung Reaksi

medicalogy.com

Adalah alat yang berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan tabung ketika melakukan reaksi. Adanya rak ini sebagai tempat menyimpan tabung membuat tabung menjadi tidak berjamur.

21. Penjepit Tabung Reaksi

alkes-marinno.com

Adalah alat bantu yang digunakan untuk menjepit suatu tabung reaksi ketika seseorang ingin mengangkat atau memindahkannya.

Alat ini juga bisa digunakan untuk mengambil kertas saring atau benda-benda lab lain yang dalam kondisi panas.

22. Statif dan Klem

ayuyui.wordpress.com

Adalah alat yang berfungsi sebagai penyangga buret maupun soklet.

23. Sikat Tabung Reaksi

skelaboratory.com

Adalah alat yang berfungsi sebagai pembersih tabung reaksi.

24. Alat-Alat Laboratorium – Segitiga

amongguru.com

Adalah alat yang berfungsi sebagai penyangga erlenmeyer, gelas piala, dan lain-lain.

25. Bola Hisap

tokoalatlabor.com

Adalah alat yang digunakan untuk membantu ketika mengambil suatu larutan.

26. Ala-Alat Laboratorium – Bunsen

pg-rajawali2.com

Adalah alat yang juga digunakan untuk memanaskan larutan dan untuk sterilisasi benda seperti besi. Alat ini juga  digunakan untuk memanaskan suatu larutan.

27. Kaki Tiga

tokopedia.com

Adalah alat yang berfungsi sebagai penyangga spritus.

28. Botol Semprot

tokopedia.com

Adalah alat yang berfungsi sebagai wadah untuk aquades.

29. Kawat Kasa

sentralalkes.com

Adalah alat yang berfungsi sebagai alas dalam proses pemanasan untuk menahan beker atau labu.

30. Klem Utilitas

daraulya11.blogspot.com

Adalah alat yang digunakan untuk menjepit alat kimia yang berukuran besar.

31. Alat-Alat Laboratorium – Oven

tokopedia.com

Adalah alat yang digunakan untuk menetralisasi alat-alat laboratorium.

32. Alat-Alat Laboratorium – Tanur

sitoho.com

Adalah alat yang digunakan untuk menentukan kadar abu (zat anorganik/mineral).

33. Hot Plate

edonilab.com

Adalah alat yang digunakan untuk memasakkan suatu bahan tetapi tidak sampai mendidih (pelelehan tidak memaksa).

34. Timbangan Analitis

andarupm.co.id

Adalah alat yang berfungsi sebagai timbangan dengan skala kecil.

35. Plat Tetes

tokoalatperaga.co.id

Adalah alat yang berfungsi sebagai penguji keasaman larutan. Plat tetes ini terbuat dari bahan porselen yang pada umumnya terdiri atas 6, 12, dan 16 lubang tetes.

Tulisan di atas telah memuat beberapa penjelasan mengenai alat laboratorium yang biasa digunakan dalam praktek, sehingga harapannya informasi di atas dapat membantu seseorang yang ingin mengenal alat-alat laboratorium.

Dengan mengenal alat-alat tersebut dapat mengurangi resiko yang mengancam keselamatan kita pada saat praktek atau bekerja di laboratorium.

Meskipun juga terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan juga seperti memakai sarung tangan apabila diperlukan, memakai baju lab yang dikancing dengan baik agar dapat terhindar dari kontaminasi.

Selain itu juga berhati-hati ketika memanaskan, mencampur, mengocok, atau menuang bahan kimia, pastikan jarak wajah ataupun tubuh ketika melakukan hal tersebut tidak terlalu dekat.

Dan masih banyak lagi yang perlu diperhatikan. Namun yang jelas hal yang harus kita lakukan adalah senantiasa teliti dan berhati-hati.

36. Mikroskop

duniakumu.com

Salah satu alat laboratorium yang paling banyak digunakan adalah mikroskop. Merupakan alat yang digunakan untuk melihat objek dengan ukuran lebih kecil yang tidak dapat dilihat dengan mata telanjang. Seperti mikroorganisme, bakteri, jaringan tumbuhan atau hewan, hingga virus.

Alat ini paling sering digunakan oleh mereka yang melakukan riset di bidang mikroorganisme atau bioteknologi. Seperti penelitian membuat starter dari kapang, jamur, ataupun bakteri dan penelitian mengenai kultur jaringan.

Mikroskop juga dapat digunakan untuk mendeteksi kromosom yang ada pada tubuh makhluk hidup. Kita dapat melihat jaringan tersebut dengan melakukan perbesaran. Perbesaran umum yang ada pada mikroskop adalah 4x, 10x, 40x, dan 100x perbesaran.

Menurut jenisnya mikroskop terbagi menjadi beberapa bagian yaitu mikroskop binokuler, mikroskop cahaya, mikroskop elektron, mikroskop stereo, mikroskop digital, dan mikroskop monokuler.

Secara umum bagian-bagian mikroskop terdiri dari lensa okuler, lensa objektif, revolver, meja preparat atau sampel, jepit preparat, kaki peyangga, diafragma, lengan mikroskop, skala preparat atau sampel, makrometer vertikal dan horizontal, mikrometer vertical dan horizontal, tuas cahaya, dan switch button.

37. Kalorimeter

urip.info

Kalorimeter adalah alat yang digunakan untuk menentukan kalor reaksi kimia, lebih tepatnya jumlah kalor yang terlibat dalam suatu perubahan atau reaksi kimia. Dalam suatu eksperimen dan reaksi kimia, sejumlah kalor dapat diserap ataupun dilepaskan.

Menggunakan kalorimeter kita juga dapat mengetahui jenis reaksi kalor yang terjadi, apakah itu endoterm maupun eksoterm.

Peristiwa perubahan kalor ini sering dikenal dengan perubahan entalpi reaksi, yang merupakan hasil perhitungan kalorimetri.

Contoh kalorimetri sederhana adalah proses mengukur perubahan suhu air atau larutan sebagai akibat dari suatu reaksi kimia dalam suatu wadah terisolasi.

Prinsip kerja kalorimeter didasarkan pada azas black, yang berbunyi:
“kalor yang dilepas oleh benda panas sama dengan kalor yang diterima oleh benda dingin”

Artinya ketika dua benda direaksikan bersamaan maka akan terjadi perpindahan kalor dari benda dengan suhu yang lebih tinggi (panas) ke benda dengan suhu yang lebih rendah (dingin). Perpindahan suhu (kalor) ini akan terus terjadi hingga mencapai titik kesetimbangan.

Titik kesetimbangan adalah keadaan dimana suhu (kalor) pada kedua benda atau lingkungan reaksi seimbang atau sama.

Dalam contoh kegiatan sehari-hari adalah saat merebus air, dimana panas dari wadah penampung (sampel panas) mengalir ke air (sampel dingin) dengan suhu lebih rendah.

38. Magnetic Stirrer

hellopro.fr

Sebuah benda kecil berbentuk lonjong dengan berbagai ukuran ini berfungsi sebagai “pengaduk”. Sering digunakan untuk menghomogenkan larutan yang terdiri dari banyak campuran bahan kimia. Pengadukan ini juga berguna untuk mengatur distribusi perpindahan kalor yang merata.

Terkait perpindahan kalor, penggunaan magnetic stirrer biasanya berasosiasi dengan hot plate yang ada tombol pemutar stirernya. Biasaya dilakukan untuk mengaduk reaksi suatu bahan yang membutuhkan panas dalam kurun waktu tertentu.

Bagi yang sudah tidak asing dengan lingkungan laboratorium kimia tentu sudah tidak asing dengan alat kecil mungil ini.

Memang tidak banyak yang menggunakan secara umum, paling banyak digunakan di laboratorium bioteknologi atau laboratorium mikrobiologi.

Prinsip kerja dari alat ini adalah mengaduk larutan ataupun semi larutan dengan gerakan memutar pada kecepatan tertentu.

Kecepatan stirrer dapat diatur mulai dari sangat pelat, pelan, sedang, hingga sangat kencang, biasanya dilambangkan dengan skala angka 1-7.

39. Sentrifuse

clinichain.com

Sentrifuse merupakan alat laboratorium yang berfungsi memisahkan partikel objek berdasarkan perbedaan berat jenis dengan proses sedimentasi. Prinsip kerja sentrifuse adalah melawan arah gaya tarik bumi (gravitasi) dan sedimentasi.

Sedimentasi terbentuk akibat adanya percepatan gaya sentripetal dan kekuatan gaya sentrifugal, sehingga terbentuk dua fase pada objek, yaitu supernatan dan pellet. Partikel yang terlarut dalam objek akan terpental keluar dari pusat sentrifugasi berdasarkan perbedaan massa jenis.

Gaya sentrifugal sendiri diartikan sebagai gaya yang timbul akibat benda yang diputar pada kecepatan tinggi dengan satu titik sebagai porosnya.

Kecepatan yang tinggi akan memaksa partikel-partikel yang dengan berat jenis yang lebih berat terkumpul ke dasar tabung, yang disebut sebagai substrat.

Sedangkan partikel dengan berat jenis lebih rendah akan berperdar ke permukaan yang disebut sebagai supernatan.

Secara umum berikut beberapa fungsi dari sentrifuse adalah sebagai berikut:

  • Memisahkan partikel atau sel darah untuk memperoleh plasma atau serum.
  • Memisahkan endapan protein dalam penelitian yang terkait dengan reaksi kimia.
  • Untuk memperoleh elemen seluler dengan konsentrasi tinggi dan komponen lainnya dari cairan biologi yang berguna untuk pengamatan mikroskopik.
  • Memisahkan komponen lipid (lemak) dan komponen lainnya dari plasma atau serum, memisahkan komponen protein atau lipoprotein dari komponen lainnya.

40. Rotary Evaporator

amazon.co.uk

Jika sentrifuse memisahkan partikel berdasarkan berat jenisnya, maka rotary evaporator berfungsi untuk memisahkan partikel dari suatu objek berdasarkan titik didihnya.

Pada dasarnya rotary evaporator berfungsi untuk menukar panas dan untuk memisahkan uap yang terbentuk dari cairan.

Secara umum alat ini akan mengubah sebagian atau keseluruhan sebuah pelarut dari sebuah larutan dari bentuk cair menjadi bentuk uap. Hasil dari pemisahan ini dapat berupa padatan atau dalam bentuk larutan berkonsentrasi.

Alat ini terdiri dari tiga bagian utama yaitu penukar panas, bagian evaporasi (tempat cairan mendidih kemudian menguap), dan pemisah.

Pemisah ini merupakan tempat dimana uap dan cairan terpisah, cairan kemudian dimasukkan ke dalam kondensor yang selanjutnya dikondensasikan ke bagian lainnya.

Contoh aplikasi alat ini adalah pemisahan garam yang diperoleh dari air asin jenuh. Dalam hal ini memanfaatkan kegunaan evaporator. Di evaporator akan terjadi perubahan air menjadi uap, menyisakan residu mineral di dalam evaporator.

41. Lemari Asam

tokopedia.com

Tentu barang ini juga termasuk ke dalam daftar alat laboratorium yang tak bisa dilewatkan begitu saja. Jika tidak ada lemari asam, maka para praktisi tentu akan kesulitan untuk memindahkan bahan kimia asam dengan konsentrasi tinggi secara aman.

Secara garis besar lemari asam merupakan tempat untuk menyimpan bahan-bahan kimia dengan konsentrasi asam yang tinggi.

Berdasarkan fungsinya lemari asam berguna untuk mereaksikan bahan-bahan kimia yang mudah menguap dan mengandung gas yang berbahaya.

Prinsip kerja lemari asam cukup sederhana, yaitu lemari ini akan menyedot udara atau gas yang terbentuk dari area kerja. Gas atau udara tersebut dibuang lewat lubang filter yang ada pada bagian scrubber.

Pada prinsipnya lemari asam yang ideal setidaknya harus mengandung setu buah fan. Namun seiring perkembangan desain, juga memungkinkan lemari asam terdiri dari lebih satu fan. Bahkan kini lemari asam juga ada yang dilengkapi dengan wastafel sekaligus.

Keyword: Alat-Alat Laboratorium

Sara Apriana
About Sara Apriana 486 Articles
Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup, tidak ada yang miskin. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup. "dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberi kecukupan". (QS. An-Najm : 48) ~ Ust. Adi Hidayat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.