Struktur Teks Eksposisi | Pengertian, Ciri-Ciri, Struktur dan Contohnya

Struktur Teks Eksposisi Beserta Pengertian dan Unsurnya
uniqpost.com

Teks eksposisi adalah suatu tulisan yang dikembangkan berdasarkan satu pokok pikiran sehingga isi dari tulisannya cenderung bersifat jelas, padat dan juga akurat. Hal ini dapat membuat pembaca bisa mendapatkan pandangan yang lebih luas terhadap bahasan yang ditulis pada kalimat eksposisi tersebut.

Teks Eksposisi juga dapat didefinisikan sebagai suatu gagasa, pandangan atau juga opini yang disertai dan dilengkapi oleh argumen dengan fakta pendukung yang menguatkannya. Etimologi kata eksposisi berasal dari bahasa Inggris exposition yang memiliki arti membuka atau memulai.

Berdasarkan asal kata tersebut, teks eksposisi singkatnya dapat dikatakan sebagai membuka atau memulai suatu gagasan, opini atau juga pandangan dari orang yang menulis teks eksposisi tersebut. Teks eksposisi pun memiliki ciri-ciri dan struktur teks.


Pengertian Teks Eksposisi


√ Struktur Teks Eksposisi | Pengertian, Ciri-Ciri, Struktur dan Contohnya
luthfan.com

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), teks eksposisi adalah suatu paparan atau untaian dengan tujuan untuk menjelaskan maksud dan juga tujuan suatu karangan. Sedangkan berdasarkan Wikipedia, teks eksposisi merupakan salah satu jenis dari pengembangan paragraf dalam tulisan.

Secara umumnya, teks eksposisi adalah suatu jenis tulisan karangan dengan tujuan menjelaskan gagasan, atau pandangan dengan penulisan yang singkat, padat, jelas dan juga akurat. Teks eksposisi sendiri termasuk jenis teks yang mudah untuk dipelajari, terlebih contohnya ada dalam kehidupan sehari hari.


Ciri-Ciri Teks Eksposisi


√ Struktur Teks Eksposisi | Pengertian, Ciri-Ciri, Struktur dan Contohnya
pixabay.com

Sebagai salah satu jenis teks dalam penulisan, teks eksposisi memiliki ciri-ciri yang diantaranya adalah:

  • Teks eksposisi isinya mengenai pendapat tentang suatu hal atau bahasan tertentu.
  • Terdapat fakta pendukung berupa data hasil penelitian yang terkualifikasi .
  • Bertujuan untuk memberikan informasi, pengertian dan juga pengetahuan.
  • Memiliki sifat dalam hal menjawap pertanyaan apa, mengapa, kapan dan juga bagaimana.
  • Biasanya disajikan dalam susunan yang logis.
  • Disajikan secara netral dan tidak memihak sehingga tidak memancing emosi atau memaksakan sikap penulis pada pembacanya.
  • Bersihfat fakta dan juga ilmiah.
  • Menggunakan gaya bahasa yang bersifat persuasif.

Struktur Teks Eksposisi


√ Struktur Teks Eksposisi | Pengertian, Ciri-Ciri, Struktur dan Contohnya
pixabay.com

Selain ciri-ciri, terdapat juga struktur pada teks eksposisi yang membangun bagaimana teks eksposisi tersusun secara jelas, padat dan juga akurat. Berikut merupakan struktur teks eksposisi:

1. Tesis

Tesis dalam struktur teks eksposisi merupakan salah satu dari bagian teks yang berisi mengenai pernyataan opini dan juga pendapat penulis yang berhubungan dengan topik bahasan yang akan ditulis. Tesis merupakan bagian yang ada pada awal paragraf.

2. Argumentasi

Argumentasi dalam teks eksposisi merupakan bagian teks yang memuat alasan-alasan untuk digunakan guna memperkuat argument yang ditulis ketika menolak atau menyetujui gagasan, pendapat atau opini yang sudah disampaikan sebelumnya atau pada awal paragraf.

Pada bagian ini, penulis akan meniuliskan beerbagai fakta dan pernyataan guna memperkuat pendapat pribadinya. Umumnya juga disertai dengan sumber yang valid, terukur dan terpercaya.

3. Penegasan Ulang

Penegesan ulang dalam teks eksposisi merupakan bagian akhir yang biasanya diletakkan pada akhir paragraph teks eksposisi. Bagian ini umumnya menyatakan mengenai penegasan kembali pernyataan yang sudah ditulis sebelumnya dengan menyerupai kesimpulan.

Karena dibuat menyerupai kesimpulan, maka pembaca dapat lebih mudah untuk memahami keseluruhan isi dari teks eksposisi.


Contoh Teks Eksposisi


√ Struktur Teks Eksposisi | Pengertian, Ciri-Ciri, Struktur dan Contohnya
gaya.tempo.co

Setelah memahami bagaimana struktur dari teks eksposisi, berikut merupakan contoh teks eksposisi beserta strukturnya:

1. Tesis

Bencana kabut asap memiliki dampak yang berbahaya bagi kesehatan dan ekonomi masyarakat. Selain itu, hal tersebut juga dapat memicu ketidaknyamanan masyarakat sekitar yang terkena dampak kabut asap.

2. Argumentasi

Kabut asap dapat menyebabkan penyakit pernafasan karena dapat menimbulkan bakteri dan zat berbahaya jika terhirup oleh manusia. Penyakit pernafasan dari kabut asap sendiri bisa berujung kematian dan menjadikan rumah sakit penuh dengan orang-orang terdampak.

Selain itu, aktivitas masyarakat sehari-harinya juga menjadi terganggu karena jarak pandang yang terbatas dan hanya atau kurang dari 5 meter saja. Masyarakat yang terdampak sulit untuk melakukan kegiatan seperti biasa dan hal ini dapat mengganggu kegianan ekonomi mereka.

3. Penegasan Ulang

Oleh karena itu, bencana kabut asap ini akan sangat memiliki dampak negatif bagi masyarakat. Tidak hanya mengganggu kesehatan, namun kegiatan ekonomi juga terganggu.

Keyword: Struktur Teks Eksposisi

Sara Apriana
About Sara Apriana 455 Articles
Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup, tidak ada yang miskin. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup. "dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberi kecukupan". (QS. An-Najm : 48) ~ Ust. Adi Hidayat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.