Struktur Cerpen | Pengertian, Ciri-Ciri, Struktur dan Penjelasannya

6 Struktur Cerpen Beserta Penjelasannya Lengkap
mommypower.in

Cerpen atau cerita pendek merupakan salah satu jenis karya sastra yang dalam penceritaannya menggambarkan mengenai suatu kisat tokoh dengan segala konflik dan juga penyelesaiannya. Sesuai dengan namanya cerita pendek, cerpen ditulis dengan ringkas dan padat.

Umumnya isi cerita dari cerpen itu terpusat pada satu tokoh dan juga situasi tertentu, yang mana terdapat klimaks dari puncak masalah dan ada juga penyelesaiannya. Ciri lainnya yang cukup jelas dari sebuah cerpen adalah tulisannya cenderung singkat dan padat karena kurang dari 10.000 kata.

Sebagai karya sastra, cerpen juga memiliki struktur cerita yang membangunnya, ciri-ciir dan unsur-unsur yang ada di dalamnya. Struktur yang ada pada cerpen sendiri dapat membuat cerita yang ada pada cerpen menjadi lebih terstruktur dan menarik untuk dibaca.


Pengertian Cerpen


√ Struktur Cerpen | Pengertian, Ciri-Ciri, Struktur dan Penjelasannya
ceritaihsan.com

Menurut Nugroho Notosusanto (Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Kabinet Pembangunan IV 1983-1985), cerpen merupakan cerita pendek yang panjang ceritanya hanya berkisar 5000 kata saja atau 17 halaman kuarto spasi, yang mana isi dari cerpennya sendiri berpusat pada diri si tokoh sendiri.

Menurut Sumardjo dan Saini, cerpen atau cerita pendek merupakan suatu karya sastra dengan cerita fiktif dan tidak benar-benar terjadi, namun juga tidak menutup kemungkinan bisa terjadi di manapun dan kapanpun. Cerita dari cerpen sendiri terbilang relatif pendek, oleh karena itu disebut cerpen.


Ciri-Ciri Cerpen


√ Struktur Cerpen | Pengertian, Ciri-Ciri, Struktur dan Penjelasannya
getclear.ca

Berdasarkan penjelasan mengenai cerpen di atas, sudah ada sedikit informasi mengenai ciri-ciri yang ada pada cerpen. Berikut merupakan ciri-ciri lainnya yang ada pada cerpen:

  • Kata dalam cerpen kurang dari 10.000 kata
  • Bersifat fiksi/fiktif
  • Cerpen memiliki alur tunggal
  • Tulisan pada cerpen singkat, ringkas, dan padat serta lebih singkat dari novel
  • Cerita pada cerpen umumnya dari peristiwa sehari-hari
  • Umumnya menggunakan kata-kata yang mudah dimengerti
  • Penokohan terbilang sangat sederhana
  • Terdapat pesan, pelajaran, dan amanat yang bisa dipetik dari cerpen

Struktur Cerpen


√ Struktur Cerpen | Pengertian, Ciri-Ciri, Struktur dan Penjelasannya
donorbox.org

Cerpen memiliki enam struktur penting yang membangun cerpen itu sendiri sehingga bisa menjadi suatu cerita yang utuh dan juga terstruktur. Berikut merupakan enam struktur yang terdapat pada cerpen:

1. Abstrak

Abstrak merupakan struktur cerpen yang terdapat pada awal cerita. Pengertian abstrak dalam struktur cerpen sendiri merupakan suatu gambaran awal dari cerita yang akan diceritakan dalam cerpen.

Namun, abstrak sendiri sifatnya opsional, yang mana jika ingin menulis suatu cerpen, boleh terdapat abstrak di dalamnya dan boleh juga tidak ada abstrak dalam cerpen yang akan ditulis.

2. Orientasi

Orientasi merupakan struktur cerpen yang berhubungan dengan tempat, suasana, dan juga waktu. Struktur orientasi dalam cerpen ini menjawab pertanyaan mengenai kapan, dimana, dan bagaimana.

3. Komplikasi

Komplikasi merupakan struktur yang ada di dalam cerpen mengenai urutan dari suatu kejadian yang kemudian dihubungkan dengan sebab akibatnya. Dalam cerpen, karakter dan juga watak tokoh umumnya dapat terlihat pada struktur komplikasi ini yang menggambarkan cerita.

4. Evaluasi

Evaluasi merupakan struktur cerpen mengenai konflik yang ada pada cerpen dan menuju puncak masalah atau klimaks. Di dalam struktur evaluasi ini, konflik pada cerita sudah mendapatkan solusi dan juga penyelesannya serta gambaran mengenai menuju tahap akhir cerita.

5. Resolusi

Resolusi merupakan struktur cerpen mengenai pengarang atau penulis yang mengungkapkan solusi pada masalah yang sedang dihadapi oleh tokoh di dalam cerita pendek. Di dalam struktur resolusi ini, masalah yang ada pada tokoh sudah mendapatlkan penyelesaian.

6. Koda

Koda merupakan struktur cerpen mengenai suatu nilai atau pelajaran yang bisa di dapat pembaca dari cerita pendek yang sudah selesai dibacanya. Struktur koda sendiri dapat dikatakan sebagai intisari dari cerpen yang bisa di petik atau diambil pelajarannya oleh pembaca.

Keyword: Struktur Cerpen

Sara Apriana
About Sara Apriana 454 Articles
Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup, tidak ada yang miskin. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup. "dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberi kecukupan". (QS. An-Najm : 48) ~ Ust. Adi Hidayat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.