6 Struktur Cerpen Beserta Penjelasannya Lengkap

6 Struktur Cerpen Beserta Penjelasannya Lengkap
mommypower.in

Dalam dunia bercerita, dikenal suatu istilah populer yaitu cerpen. Sebenarnya cerpen adalah singkatan dari cerita pendek.

Akan tetapi, secara defenitif cerpen dimaksudkan sebagai cerita yang pendek dan singkat.

Terkait dari defenisi ini, sebenarnya berangkat dari ciri-ciri cerpen yang mana jumlah katanya harus kurang dari 10 ribu. Selain itu, ciri-ciri cerpen juga mencakuk hal berikut yaitu:

• Ceritanya pendek
• Jumlah kata kurang dari 10 ribu
• Bersifat fiktif
• Menggunakan kata yang sederhana serta memiliki alur tunggal dan lurus.
• Karakteristik cerpen juga mencakup penokohan dan konflik yang ditampilkan.

Image Source: www.maxmanroe.com

Dalam cerpen ini juga memiliki unsur yang menjadi pembeda dengan tulisan dalam bentuk cerita lainnya. Pembeda yang dimaksud adalah dilihat dari struktur cerpen yang membentuk kisah atau cerita.

yang lebih penting adalah cerpen juga harus berupa karangan pendek yang mengisahkan seorang tokoh dengan sebuah masalah beserta penyelesaiannya.

Atau dalam artian lain, cerpen tidak boleh mengandung banyak masalah dan banyak resolusi.

Apabila banyak maslah dan juga banyak resolusi, maka akan berbuntuk pada jumlah kata dan akan memungkinkan lebih dari 10 ribu kata. Maka, harus diperhatikan dengan baik untuk masalah dan resolusinya.

So, cerpen wajib, mesti dan harus pendek, karena jika panjang maka masuk kategori novel atau karangan lain.

Selain itu, kebiasaany orang yang suka membaca jenis karangan ini adalah karena cerpen dapat dibaca sekali duduk dalam waktu singkat dan tidak membutuhkan waktu yang lama.

Hal ini berbeda dengan karangan lainnya, misalnya novel yang membutuhkan waktu berjam-jam hingga mengorbankan aktivitras kerja.

Dalam cerpen juga terdapat struktur khusus meliputi unsur-unsur cerpen yang ada di dalam cerita. Struktur cerpen secara umum ada 6.

Adapun yang termasuk orientasi tentang latar waktu, tempat dan suasana serta resolusi yang menjadi penyelesaian konflik atau masalah dalam cerita.


Struktur Cerpen


Image Source: ceritaihsan.com

Di bawah ini akan dijelaskan struktur cerpen beserta penjelasannya meliputi abstrak, orientasi, komplikasi, evaluasi, resolusi dan koda selengkapnya.

1. Abstrak

Abstrak termasuk struktur cerpen di awal cerita. Pengertian abstrak pada cerpen adlaah gambaran awal dari cerita yang akan diceritakan.

Abstrak bersifat optional pada cerpen, artinya boleh ada namun boleh juga jika cerpen tidak memiliki abstrak.

2. Orientasi

Orientasi menjadi salah satu struktur teks cerpen yang selanjutnya. Pengertian orientasi pada cerpen berhubungan dengan waktu, suasana dan tempat di dalam cerita pendek tersebut, yang menjawab pertanyaan kapan, dimana serta bagaimana.

3. Komplikasi

Struktur teks cerpen berikutnya adalah komplikasi. Pengertian komplikasi pada cerpen adalah urutan kejadian yang dihubungkan secara sebab dan akibat.

Karakter dan watak tokoh biasanya terlihat di struktur komplikasi ini yang menggambarkan plot cerita.

4. Evaluasi

Evaluasi menjadi jenis struktur cerpen yang selanjutnya. Pengertian evaluasi pada cerpen adalah konflik yang terjadi dan menuju pada klimaks.

Dalam evaluasi, konflik sudah mulai mendapatkan solusi dan penyelesaian serta menuju ke tahap akhir.

5. Resolusi

Resolusi merupakan salah satu dari struktur teks cerpen. Pengertian resolusi pada cerpen adalah ketika pengarang mengungkapkan solusi terhadap masalah yang dialami tokoh dalam cerpen.

Dalam resolusi, masalah sudah mendapat penyelesaian di tahap akhir cerita.

6. Koda

Struktur cerpen berikutnya dan yang terakhir adalah koda. Pengertian koda pada cerpen adalah nilai atau pelajaran yang bisa didapat dari teks cerita pendek oleh pembaca.

Pesan dan amanat menjadi intisari cerita yang bisa dipetik oleh pembaca setelah membaca teks cerpen.

Keyword: Struktur Cerpen

Sara Apriana
About Sara Apriana 486 Articles
Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup, tidak ada yang miskin. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup. "dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberi kecukupan". (QS. An-Najm : 48) ~ Ust. Adi Hidayat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.