Pengertian Teks Deskripsi Beserta Ciri, dan Jenisnya

Pengertian Teks Deskripsi Beserta Ciri, Struktur, dan Jenisnya
buatlagi.com

Pengertian Teks Deskripsi – Penulis ternama Pramoedya Ananta Toer yang akrab disapa Pram pernah berkata “menulis adalah sebuah keberanian”. Ibarat bentuk dari ungkapan isi hati, menulis adalah cara seseorang untuk merefleksikan diri.

Untuk dapat menghasilkan karya tulis yang baik tentu perlu paham bagaimana cara mengemas sebuah bahasa dengan baik dan benar. Penulis harus mencari ide, pengalaman, ilmu pengetahuan, agar memiliki gaya kepenulisan yang unik dan menarik.

Keterampilan menulis harus terus diasah, bahkan seorang ahli penutur bahasa sekalipun belum tentu ahli dalam merangkai kalimat menjadi sebuah teks. Mendeskripsikan sesuatu secara oral tentu akan berbeda caranya melalui sebuah teks.


Pengertian Teks Deskripsi


lintar.net

Sebuah isi tulisan merupakan teks yang menggambarkan informasi, peristiwa, atau teori tertentu. Teks deskripsi merupakan paragraf yang gagasan utamanya dijelaskan dengan cara menggambarkan sesuatu secara jelas. Secara bahasa deskripsi artinya gambaran. Tulisan yang tujuannya memberikan perincian atau detail tentang sesuatu.

Penjelasan sebuah objek misalnya, dirinci berdasarkan hasil pengamatan, pengalaman, dan perasan penulis. Sehingga teks tersebut dapat mempengaruhi pembaca yang ikut terlarut dalam imajinasi si penulis. Seolah-olah mereka ikut melihat, mendengar, dan merasakan apa yang dialami oleh si objek.

Objek yang dijelaskan dapat berupa benda, tempat, peristiwa, informasi, dan lain sebagainya. Seperti contoh kamu diperintahkan untuk mendeskripsikan tentang dirimu secara singkat untuk keperluan melamar kerja. Nah, tulisan yang kamu uraikan tersebut merupakan salah satu paragraf deskriptif.

Rangkaian teka deskripsi memiliki ciri-ciri yang khas, berikut penjelasannya:

  • Menggambarkan, menjelaskan, atau melukiskan sesuatu objek baik benda mati maupun benda hidup dan lain sebagainya.
  • Paragraf ditulis sangat jelas dan rinci seringkali melibatkan kesan pengamatan pancaindera.
  • Pembaca akan terbawa dan ikut merasakan langsung apa yang sedang dibahas di dalam teks tersebut.
  • Objek yang menjadi topik pembahasan ditulis dengan sangat mendetail mulai dar ciri-ciri fisik, bentuk, ukuran, warna, hingga ciri-ciri psikis atau keadaan lain yang dirasa perlu dijelaskan.
  • Teks deskripsi adalah paragraf yang disampaikan berdasarkan fakta dan didukung oleh data.

Selain itu teks deskripsi biasanya memiliki pesan-pesan tersirat yang dan kesan bagi pembaca, sehingga menarik banyak peminat.

Jenis Teks Deskripsi

bahassemua.com

Teks deskripsi dapat dibedakan menjadi dua jenis berdasarkan cara mendeskripsikannya, berikut uraian lengkapnya:

Eskplanatori

Merupakan paragraf deskripsi yang ditulis berdasarkan fakta yang dilihat atau dirasakan langsung oleh penulis. Teks eksplanatori menekankan pada subjek sesuai dengan fakta, artinya bukan mengenai hal-hal yang bersifat subjektif atau imajinatif.

Contohnya penjelasan mengenai tempat, orang, benda, suasana, peristiwa, keadaan, dan lain sebagainya. Berikut contoh teks deskripsi eksplanatori tentang orang:

“Namanya Rina Putri, akrab disapa Rina. Ia memiliki kulit sawo matang dan tinggi badan kira-kira 160 cm. Rambutnya hitam kecoklatan dengan bentuk ikal sebahu. Rina memiliki bentuk muka yang mungil, oval, dengan lesung pipi di kedua sisi pipinya. Ia juga memiliki tahi lalat di sisi kiri hidungnya yang runcing.”

Sugesti

Teks deskripsi sugesti menjelaskan sesuatu dari sifat subjek atau kesan dari hasil pengamatan. Misal sifat gembira, sedih, galak, ramah, cengeng, dan lain sebagainya.

Kesan pengamatan biasanya merupakan hasil penilaian penulis terhadap objek tersebut. Misal dalam menilai seseorang dapat dibaca dari ekspresi wajah, gaya bicara, gaya berpakaian, gerak-gerik, sopan-santun, dan lain sebagainya.

Berbeda dengan eksplanatori teks deskripsi sugesti dapat juga bersifat imajinatif atau subjektif yang muncul dari hasil penilaian penulis. Contohnya penjelasan tentang seseorang pria pemalu yang tak berani mengungkapkan keinginan untuk melamar gadis impiannya.


Itulah sekilas penjelasan mengenai pengertian teks deskripsi dan jenis-jenisnya. Semoga uraian ini menambah pemahaman kita semua tentang dunia kepenulisan.

Keyword: Pengertian Teks Deskripsi

Nisalutfi
About Nisalutfi 176 Articles
"home is where the heart is"

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.