Pengertian Puisi, Jenis-Jenis Puisi Serta Contohnya

Pengertian Puisi, Jenis-Jenis Puisi Serta Contohnya
cakhasan.com

Banyak sekali karya sastra yang berwujudkan tulisan, dimana di dalamnya terdapat irama, rima, ritma dan lirik dalam setiap baitnya. Karya asatra tersebut adalah dijabarkan sebagai pengertian puisi.

Biasanya puisi memiliki makna dan dapat mengungkapkan persaman dari pembuat puisi yang dikemas dalam bahasa imajinatif dan disusun berdasarkan struktur bahasa yang padat penuh makna. Pembuat atau pencipta puisi dikenal dengan penyair.

Puisi merupakan karya seni berupa tulisan yang menggunakan kualitas bahasa yang indah sehingga berfokus pada bunyi, irama, dan penggunaan diksi.

Puisi pada saat ini berbagai macam jenisnya sehingga menambah keindahan dari puisi itu sendiri. Pada artikel ini akan disajikan pengertian dari puisi.


Pengertian Puisi


dictio.id

Sebenarnya pengertian puisi dapat dengan mudah anda temukan di dalam pembelajaran sekolah maupun di internet. Tapi kali ini kami akan mencoba menuliskan lebih singkat tentang puisi.

Apa itu puisi? Etimologi puisi berasal dari bahasa Yunani “poiesis” yang berarti membuat. Secara harfiah tidak terlalu bermakna, tetapi mungkin lebih bermakna jika diketahui arti prosa dalam bahasa Latin yang berarti “langsung”.

Sehingga kemungkinan istilah poiesis digunakan karena dalam “membuat” terdapat proses dan aturan-aturan, sedangkan prosa dibuat secara langsung tanpa menggunakan aturan-aturan baku.

Pengertian puisi adalah suatu karya sastra tertulis dimana isinya merupakan ungkapan perasaan seorang penyair dengan menggunakan bahasa yang bermakna.

Ada juga yang menyebutkan pengertian puisi adalah suatu karya sastra yang isinya mengandung ungkapan kata-kata bermakna kiasan dan disampaikan dengan rima, irama, larik dan bait, dengan gaya bahasa yang dipadatkan.

forum.teropong.id

Kebanyakan para ahli modern mengartikan puisi sebagai wujudan imajinasi, curahan hati dari seorang penyair yang mengajak orang lain merasakannya.

Meskipun bentuknya singkat dan padat, umumnya orang lain kesulitan untuk menjelaskan makna puisi yang disampaikan dari setiap baitnya.

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia pengertian puisi adalah kata benda yang berarti ragam sastra yang bahasanya terikat oleh irama, matra, rima, serta penyusunan larik dan baik.

Gubahan dalam bahasa yang bentuknya dipilih dan ditata secara cermat sehingga mempertajam kesadaran orang akan pengalaman hidup dan membangkitkan tanggapan khusus lewat penataan bunyi, irama, dan makna khusus, dan sajak.


Jenis-Jenis Puisi


dictio.id

Selain definisi, puisi juga terdiri dari unsur-unsur yaitu struktur fisik dan struktur batin. Struktur fisik terdiri dari tipografi, diksi, imaji atau imajinasi, kata konkret, gaya bahasa, dan irama atau rima.

Sedangkan struktur batin terdiri dari tema yang merupakan unsur utama pada puisi, nada yang berkaitan dengan sikap penyair terhadap pembacanya dan amanat yang merupakan pesan yang terkandung dalam sebuah puisi.

Ada dua macam jenis puisi yaitu puisi lama dan puisi baru. Pengertian Puisi Baru adalah jenis puisi yang tidak lagi terikat oleh aturan yang memiliki bentuk lebih bebas dari puisi lama dalam segala hal seperti rima, baris, bait, diksi dan sebagainya.

Jenis-jenis dari puisi baru adalah ditikon (puisi hanya dua baris), terzina (puisi yang memiliki tiga baris), kuatrain (puisi empat baris), kuint (puisi lima baris), sekret (puisi enam baris), septime (puisi tujuh baris), oktaf (puisi delapan baris), dan soneta (puisi paling terkenal).

Sedangkan pengertian puisi lama adalah jenis puisi yang masih terikat erat dengan kaidah dan aturan-aturan penulisan yang berlaku seperti: jumlah kata yang terdapat pada satu baris, jumlah baris kalimat yang terdapat dalam satu bait, sajak atau rima, banyaknya suku kata, dan penggunaan irama. Jenis puisi lama dapat dilihat pada gambar di atas.

Keyword: Pengertian Puisi

Sara Apriana
About Sara Apriana 487 Articles
Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup, tidak ada yang miskin. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup. "dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberi kecukupan". (QS. An-Najm : 48) ~ Ust. Adi Hidayat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.