Pengertian Puisi | Dilengkapi Penjelasan Mengenai Jenis-Jenisnya

Pengertian Puisi, Jenis-Jenis Puisi Serta Contohnya
cakhasan.com

Pengertian Puisi – Pementasan puisi menjadi sebuah tontonan yang menarik bagi para pecintanya. Lantunan sajak-sajak nan indah dibacakan dengan gaya puitis oleh si pembaca, membuat yang mendengarnya seolah-olah masuk ke dalam dimensi yang berbeda.

Sebagai bagian dari karya sastra, puisi adalah karya sastra yang pertama kali ditulis oleh manusia. Sebuah karya yang mengutamakan keindahan bahasa dan kepadatan makna dalam penyajiannya.

Kini banyak sekali komunitas-komunitas perkumpulan pecinta puisi, baik itu di jalanan maupun komunitas yang secara formal didirikan oleh lembaga tertentu.

Namun sebagai pecinta puisi sudah pahamkah kamu apa itu pengertian puisi yang sebenarnya? Jika belum, mari simak ulasan berikut ini:


Mengenai Pengertian Puisi dan Penjelasannya


gramedia.com

Secara umum puisi merupakan gambaran suara hati dari seorang penyair dikemas dalam bentuk bahasa yang imajinatif dan sarat akan makna. Puisi adalah karya sastra dalam wujud tulisan dimana terdiri dari irama, rima, ritma, dan lirik pada setiap baitnya.

Sesuai dengan yang dituliskan di dalam KBBI, bahwa pengertian puisi adalah ragam sastra yang bahasanya terikat oleh irama, matra, ritma, serta penyusunan larik dan bait. Setiap kata yang dituliskan dalam puisi memiliki makna yang sangat dalam hingga membuat kita terhanyut dalam setiap baitya.

Menurut Rahmad Djoko Pradopo puisi merupakan sebuah karangan yang terikat. Dalam artian memiliki batasan jumlah baris dalam tiap bait, jumlah kata dalam tiap baris, jumlah suku kata dalam tiap baris, rima, dan irama.

Namun, seiring dengan perkembangan zaman pengertian puisi menurut Pradopodi atas sudah tidak sesuai lagi dengan wujud puisi saat ini. Seperti yang kita ketahui puisi terbagi menjadi puisi lama dan puisi baru, dimana masing-masingnya memiliki karakter yang berbeda.

Kata puisi berasal dari bahasa Yunani yaitu “Poites” yang artinya pembangun, pembentuk, atau pembuat. Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Latin menjadi “Poeta” yang berarti membangun, menyebabkan, menimbulkan, atau menyair.

Pengertian puisi semakin dipersempit, Situmorang (1980) menyebutkan jika definisi puisi adalah hasil seni sastra yang kata-katanya disusun menurut syarat tertentu dengan menggunakan irama, sajak, dan kadang-kadang kiasan.

Para ahli lain menjelaskan definisi puisi, diantara Vicil C. Couter. Ia menjelaskan kata puisi berasal dari bahasa Grek yaitu “Poet” yang artinya membuat atau mencipta. Poet berarti orang yang mencipta melalui imajinasinya. Layaknya dewa-dewa, negarawan, guru, filsuf, dan lain sebagainya.

Jenis-Jenis Puisi

simalaba.net

Jika mengikuti perkembangan zaman maka puisi dapat diartikan sebagai bentuk ekspresi diri seseorang. Baik dalam konteks keresahan, imajinasi, kritik, pemikiran, pengalaman, kesenangan, maupun nasehat seseorang.

Ternyata selain terbagi menjadi puisi lama dan puisi baru, ditinjau dari bentuk dan isinya puisi masih terbagi ke dalam beberapa jenis berikut ini:

Puisi Epik

Merupakan jenis puisi yang isinya berkaitan dengan cerita legenda, kepercayaan, kepahlawanan, maupun sejarah.

Puisi Naratif

Adalah jenis puisi yang isinya berbentuk sebuah cerita dimana terdapat tokoh atau pelaku, perwatakan, settingan, hingga rangkaian peristiwa.

Puisi Lirik

Merupakan jenis puisi yang berisi tentang luapan perasaan seseorang, biasanya dituliskan berdasarkan pengalaman yang dipengaruhi oleh suasana hati dan batin si pembuatnya.

Puisi Dramatik

Hampir sama dengan jenis puisi naratif, namun puisi dramatik lebih menggambarkan tentang perilaku seseorang. Biasanya disampaikan dalam bentuk dialog atau monolog yang memberikan alur kisah tertentu.

Puisi Didaktik

Jenis puisi yang ditampilkan secara eksplisit dimana isinya mengandung nilai-nilai kependidikan.

Puisi Satirik

Nama lainnya adalah puisi sindiran yang berisikan kritikan terhadap kepincangan atau ketidakberesan suatu sistem di dalam suatu kelompok atau di tengah-tengah masyarakat.

Romance

Sesuai dengan namanya, puisi romance isinya berkisah tentang luapan rasa cinta seseorang terhadap kekasihnya.

Elegi

Berisi tentang ratapan kepedihan yang dialami oleh seseorang.

Ode

Merupakan bentuk apresiasi berupa pujian terhadap seseorang yang telah berjasa, seperti puisi untuk para pahlawan perjuangan kemerdekaan.

Himne

Himne adalah bentuk puisi yang berisi pujian kepada Tuhan atau ungkapan rasa cinta terhadap tanah air.


Itulah tadi penjelasan mengenai pengertian puisi serta jenis puisi berdasarkan bentuk dan isinya. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi kita semua.

Keyword: Pengertian Puisi

Nisalutfi
About Nisalutfi 176 Articles
"home is where the heart is"

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.