Pengertian Paragraf | Jenis Beserta Penjelasan Lengkapnya

blog.typoonline.com

Pengertian Paragraf –¬†Istilah paragraf pasti sudah tidak asing bagi kita apalagi dalam dunia kepenulisan. penyusunan kata menjadi sebuah kalimat dan dirangkai menjadi sebuah paragraf menjadi poin penting yang harus diperhatikan.

Tapi tahukah kalian sebenarnya apa itu paragraf ? Jika kalian belum mengetahui terkait paragraf mari kita bahas bersama, mulai dari pengertiannya, karakteristiknya serta fungsinya dalam tulisan. Langsung saja kita simak penjelasan berikut ini.


Uraian Seputar Pengertian Paragraf


Pengertian Paragraf
kelaspintar.id

Paragraf adalah suatu rangkaian kalimat yang memiliki suatu gagasan utama. Dalam KBBI sendiri definisi paragraf adalah bagian dari bab dalam suatu karangan yang biasanya mengandung satu ide pokok dan dalam penulisannya dimulai dengan garis baru.

Untuk lebih jelasnya, di bawah ini terdapat penjelasan dari para ahli tentang pengertian paragraf:

a. Menurut Akhaidah dkk.

Paragraf adalah inti penuangan dari buah pikiran yang didukung oleh semua kalimat dalam paragraf tersebut. Mulai dari kalimat pengenal, kalimat utama atau kalimat topik, kalimat penjelas sampai pada kalimat penutup. Himpunan kalimat ini saling bertalian dalam suatu rangkaian untuk membentuk suatu gagasan.

b. Menurut Lamuddin Finoza

Paragraf atau disebut dengan alinia adalah satuan bentuk bahasa yang biasanya merupakan hasil penggabungan beberapa kalimat.

c. Menurut Gorys Keraf

Paragraf adalah suatu kesatuan pikiran, suatu kesatuan yang lebih tinggi atau luas dari kalimat dan merupakan himpunan dari kalimat yang bertalian dalam suatu rangkaian untuk membentuk sebuah gagasan.

d. Menurut Ramlan

Paragraf merupakan sebagian dari suatu karangan yang terdiri atas sejumlah kalimat yang mengungkapkan satuan informasi dengan ide pokok sebagai pengendalinya.

e. Menurut Arifin dan S. Amran Tasai

Paragraf adalah seperangkat kalimat yang membicarakan suatu gagasan atau topik. Kalimat dalam paragraf memperlihatkan kesatuan pikiran atau mempunyai keterkaitan dalam membentuk gagasan atau topik.

f. Menurut Widyamartaya

Paragraf adalah karangan yang terbentuk dari satu atau lebih pada suatu kalimat yang saling berkaitan dan mempunyai satu kalimat utama yang menjiwai seluruh karangan.

Ciri-Ciri/ Karakteristik Paragraf

kompasiana.com

Selain mengetahui pengertian paragraf, untuk lebih memahami apa itu paragraf kalian juga harus memperhatikan ciri-ciri atau karakteristiknya. Berikut ini adalah ciri-ciri paragraf, yaitu:

  • Memiliki gagasan utama yang disampaikan pada setiap kalimat yang ditulis oleh pengarang atau penulis.
  • Dalam paragraf pasti terdapat kalimat topik dan kalimat pengembang untuk menyampaikan gagasan utama yang ada di dalamnya.
  • Dalam paragraf juga terdapat kalimat penjelas yang digunakan untuk lebih menjelaskan kalimat topik.
  • Di awal kepenulisan paragraf ditulis dengan agak menjorok ke dalam dengan beberapa spasi.
  • Dalam setiap paragraf paling sedikit memiliki dua baris kalimat.

Fungsi Paragraf

Berikut ini adalah fungsi paragraf dalam suatu karya tulis adalah:

a. Mengekspresikan suatu gagasan

Dalam hal ini, paragraf dapat memberikan suatu perasaan atau gagasan melewati rangkaian dari beberapa kalimat yang disusun rapi sehingga akan menjadi satu kesatuan ide pokok.

b. Menandai peralihan suatu gagasan baru

Fungsi paragraf disini adalah menandai peralihan gagasan baru yang di dalam setiap paragraf tersebut memiliki gagasan atau kalimat yang berbeda walaupun masih berkaitan dengan ide pokoknya.

c. Memudahkan dalam menulis dan membaca

Dalam hal ini paragraf dibuat oleh penulis agar dapat lebih mudah dalam menuangkan segala gagasannya. Selain itu bagi pembaca hal tersebut mempermudah dalam memahami setiap ide pokok jika setiap paragraf ditulis dengan tulisan yang baik.

d. Membantu dalam mengembangkan topik

Dalam fungsi ini paragraf memudahkan untuk menyampaikan dalam pengembangan topik atau gagasan tulisan yang disampaikan dalam paragraf yang ada.

e. Mengendalikan variabel

Untuk fungsi ini, paragraf dapat membantu penulis untuk mengontrol dan mengendalikan variabel sehingga dapat lebih mudah untuk dipahami dan dimengerti oleh pembaca.


Nah, itu tadi adalah pembahasan tentang paragraf mulai dari pengertiannya, karakteristiknya atau ciri-cirinya dan fungsinya. Semoga membaca ulasan ini, kalian dapat menulis sebuah karya tulis dengan paragraf yang baik dan rapi di dalamnya. Semoga bermanfaat!

Nisalutfi
About Nisalutfi 144 Articles
"home is where the heart is"

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.