Pengertian Pantun Beserta Ciri-Ciri dan Jenisnya

Pengertian Pantun Beserta Ciri-Ciri dan Jenisnya
kepogaul.com

Kita pastinya sudah tidak asing lagi apabila mendengar kata pantun. Pengertian pantun merupakan salah satu karya puisi lama dimana di dalamnya terdapat 4 baris dan memiliki sajak a-b-a-b yang terdapat di akhir larik.

Ada begitu banyak ahli-ahli yang mendefinisikan pengertian pantun yang tentunya jika dilihat secara umum tentu hampir sama saja tiap definisi yang diberikan.

Pantun termasuk ke dalam puisi lama dimana untuk jenis-jenis pantun itu sendiri ada banyak yaitu pantun agama, pantun nasihat, ada juga pantun pendidikan, pantun teka-teki, pantun jenaka dan masih banyak lagi pantun lainnya yang tentunya bisa kamu ketahui nanti.


Pengertian Pantun


bensradio.com

Pengertian pantun jika dilihat dari Kamus Besar Bahasa Indonesia merupakan puisi Indonesia atau Melayu dimana pada puisi ini bentuknya adalah tiap bait terdiri dari empat baris bersajak a-b-a-b, di dalam 1 larik biasanya terdapat 4 kata, baris pertama dan kedua disebut sampiran dan baris ketiga dan keempat disebut isi.

Pengertian pantun menurut Wikipedia, pantun merupakan puisi lama yang dikenal luas dengan menggunakan bahasa-bahasan Nusantara.

Pantun berasal dari Kota Patuntun yang merupakan bahasa Minangkabau yang berarti penuntun. Dalam bahasa Sunda, pantun dikenal dengan nama paparikan, dalam bahasa Jawa dikenal dengan nama parikan sementara pantun dalam bahasa Batak lebih dikenal dengan nama umpasa.

Pengertian pantun menurut Surana adalah pantun merupakan puisi lama yang terdiri dari 4 larik yang berirama silang atau a-b-a-b.

Baris pertama dan kedua adalah sampiran atau bagian yang menjadi objektif. Pantun biasanya sebuah lukisan alam ataupun hal lain yang diambil untuk menjadi sebuah kiasan. Sementara baris ketiga dan keempat disebut isi atau subjektif.

Jadi pengertian pantun adalah puisi lama yang tiap bait terdapat 4 baris yang di dalamnya ada sampiran dan isi.


Ciri-Ciri Pantun


damaruta.com

Selain definisi pantun, sebaiknya kita juga harus memahami dengan baik apa itu ciri-ciri dari pantun. Tentu kita baru bisa mengklasifikasikan sebuah puisi lama termasuk pantun atau bukan setelah paham dengan ciri-ciri pantun itu sendiri.

Ciri-ciri pantun yang pertama adalah tiap bait terdiri dari empat baris. Tiap bait yang ada di dalam puisi berisikan tentang untaian kata-kata yang ada di dalam sebuah gagasan dan punya ciri khas masing-masing tergantung pada jenis puisi itu sendiri.

Terutama untuk pantun sendiri, ciri khasnya sangat kuat karena satu bait akan selalu terdiri dari 4 baris. Di dalam pantun barisan kata-kata disebut larik.

Ciri-ciri yang kedua adalah di dalam satu baris terdapat 8 hingga 12 suku kata. Jadi pantun sendiri tiap barisnya dibuat singkat namun tetap memiliki isi yang padat.

Ciri yang ketiga adalah punya sampiran dan isi dimana baris pertama dan kedua disebut sampiran dan baris ketiga dan keempat disebut isi. Dan ciri yang terakhir yaitu pantun memiliki irama a-b-a-b.


Jenis-Jenis Pantun


mikirbae.com

Sementara untuk jenis-jenis pantun sendiri akan dibedakan berdasarkan tema. Pengertian pantun nasihat merupakan pantun yang berisi anjuran atau imbauan.

Ada juga pantun jenaka yang isinya lucu dan menarik karena tujuannya adalah menghibur orang yang mendengarnya.

Jenis pantun yang ketiga yaitu pantun agama yang isinya membahas tentang hubungan manusia dengan Sang Pencipta. Pantun teka teki yang ciri khasnya adalah pantu ini akan diakhiri dengan pertanyaan di baris terakhir.

Terakhir pantun berkasih-kasihan yang sesuai dengan namanya, isi pantun ini berkaitan erat dengan cinta dan kasih sayang antar dua insan. Semoga bermanfaat!

Keyword: Pengertian Pantun

Sara Apriana
About Sara Apriana 487 Articles
Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup, tidak ada yang miskin. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup. "dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberi kecukupan". (QS. An-Najm : 48) ~ Ust. Adi Hidayat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.