Pengertian Novel Menurut Para Ahli, Ciri-Ciri dan Jenis-Jenisnya

Pengertian Novel Menurut Para Ahli, Ciri-Ciri dan Jenis-Jenisnya
gramedia.com

Pengertian novel adalah suatu karya sastra berbentuk prosa naratif yang panjang dan di dalamnya terdapat rangkaian cerita tentang kehidupan seorang tokoh dan orang-orang di sekitarnya dengan menonjolkan sifat dan watak dari setiap tokoh dalam novel tersebut.

Pengertian novel secara sederhana adalah suatu karangan berbentuk prosa yang di dalamnya terdapat unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik.

Berbeda dengan cerpen (cerita pendek), isi cerita sebuah novel jauh lebih panjang dan kompleks, serta terdapat pesan tersembunyi yang ingin disampaikan kepada pembacanya.

Pengertian novel secara etimologis, kata “novel” diserap dari bahasa Italy, yaitu “novella” yang artinya sebuah cerita. Sedangkan orang yang menulis cerita novel disebut sebagai novelis.


Pengertian Novel Menurut Ahli


Berikut adalah beberapa pengertian novel menurut para ahli, yaitu:

idntimes.com

1. Drs, Rostamaji, M.Pd

Pengertian novel adalah suatu karya sastra yang memiliki 2 unsur; yaitu unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik, dimana keduanya saling berkaitan karena saling berpengaruh dalam sebuah karya sastra.

2. Dr. Nurhadi

Pengertian novel adalah bentuk karya sastra yang di dalamnya terdapat nilai-nilai sosial, budaya, moral, dan pendidikan.

3. Paulus Tukam, S.Pd

Pengertian novel adalah suatu karya sastra yang berbentuk prosa serta di dalamnya terdapat unsur-unsur intrinsik.

4. Drs. Jakob Sumardjo

Pengertian novel adalah suatu bentuk karya sastra yang sangat populer di dunia, serta paling banyak beredar dan dicetak karena daya komunitasnya yang sangat luas di dalam masyarakat.

5. Aristoteles

Pengertian novel merupakan sastra bukanlah jiplakan dari kenyataan, melainkan sebuah ungkapan atau perwujudan mengenai universalia atau konsep-konsep umum.

6. Nurgiyantoro

Pengertian novel adalah novel dideskripsikan sebagai sebuah karya prosa fiksi yang cukup panjang tidak terlalu panjang namun tidak terlalu pendek.

7. Abrams

Pengertian novel adalah novel berasal dari bahasa Italia ‘novella’ yang mengandung makna harfiah sebuah barang baru yang kecil, yang kemudian diartikan sebagai cerita pendek dalam bentuk prosa.

8. Sayuti

Pengertian novel seringkali dibandingkan dengan cerpen, perbedaannya ialah bahwa cerpen menitikberatkan pada intensitas, sementara novel cenderung bersifat meluas atau expands.

Novel yang baik cenderung menitikberatkan pada kemunculan complexity, yaitu kemampuan menyampaikan permasalahan yang kompleks secara penuh, mengkreasikan sebuah dunia yang ‘jadi’, berbeda dengan cerpen yang bersifat implisit yaitu menceritakan masalah secara singkat.

9. Agus Priantoro

Pengertian novel secara umum adalah karya sastra yang memiliki dua unsur, yaitu intrinsik dan ekstrinsik keduanya saling terkait sebagai pengaruh timbal balik dalam literatur.

10. Scholes

Pengertian novel adalah merupakan sebuah cerita yang berkaitan dengan peristiwa nyata atau fiksional yang dibayangkan pengarang melalui pengamatannya terhadap realitas.


Ciri-ciri Novel


makassar.terkini.id

Sebuah karya sastra berbentuk novel dapat dikenali dari beberapa karakteristik yang membedakannya dengan karya sastra lainnya. Adapun ciri-ciri novel adalah sebagai berikut:

1. Pada umumnya novel terdiri dari sekurang-kurangnya 100 halaman, atau jumlah katanya lebih dari 35.000 kata.

2. Novel ditulis dengan suatu narasi dan deskripsi untuk menggambarkan suasana kejadian di dalamnya.

3. Alur cerita di dalam novel cukup kompleks dan terdapat lebih dari satu impresi, efek, dan emosi.

4. Umumnya setiap orang membutuhkan waktu setidaknya 120 menit untuk membaca habis sebuah novel.

5. Cerita pada sebuah novel bisa sangat panjang, namun terdapat banyak kalimat yang diulang-ulang.


Jenis-jenis Novel


sintiaastarina.com

1. Berdasarkan Nyata atau Tidaknya Kejadian

Novel Fiksi, yaitu novel yang isi ceritanya tidak berdasarkan kejadian di kehidupan nyata. Non-Fiksi, yaitu novel yang isi ceritanya pernah terjadi di kehidupan nyata.

2. Berdasarkan Genre, novel terdiri dari

  • Romantis, yaitu novel yang isinya menceritakan tentang kisah percintaan atau kasih sayang.
  • Horor, yaitu novel yang isinya menceritakan mengenai sesuatu atau peristiwa yang menakutkan.
  • Komedi, yaitu novel yang isinya menceritakan tentang hal-hal yang lucu.
  • Inspiratif, yaitu novel yang isinya menceritakan tentang kisah yang inspiratif.

3. Berdasarkan Isi dan Tokoh, novel terdiri dari:

  • Teenlit, yaitu novel menceritakan tentang kehidupan remaja.
  • Songlit, yaitu novel yang isinya terinspirasi dari sebuah lagu.
  • Chicklit, yaitu novel yang menceritakan tentang kisah perempuan muda.
  • Dewasa, yaitu novel yang isinya tentang kehidupan orang dewasa.

Novel mengandung rangkaian cerita kehidupan seseorang dengan orang di sekelilingnya dengan menonjolkan watak dan sifat setiap pelaku.

Selain itu isi novel juga panjang dan memiliki permasalahan yang rumit atau kompleks. Semoga artikel tentang pengertian novel ini bermanfaat. Salam!

Keyword: Pengertian Novel

Sara Apriana
About Sara Apriana 486 Articles
Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup, tidak ada yang miskin. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup. "dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberi kecukupan". (QS. An-Najm : 48) ~ Ust. Adi Hidayat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.