Pengertian Majas dan Penjelasan Terkait Beberapa Jenis-Jenis Majas

Pengertian Majas dan Penjelasan Terkait Beberapa Jenis-Jenis Majas
romadecade.org

Majas menghidupkan karya. Majas yang tepat membuat karya tulis, terutama sastra semakin hidup. Majas adalah keindahan itu sendiri, apapun bentuknya. Begitulah ada yang pernah menyebut pengertian majas dengan seperti itu.

Pada kesempatan yang berbaahagia dan sehat sentosa kali ini penulis akan mengulas mengenai pengertian majas.

Lebih lengkapnya pengertian majas dan 5 peran pentingnya dalam karya sastra. Sebagaimana yang sering diketahui, majas adalah gaya bahasa.

Pendahuluan

Pengertian Majas dan Penjelasan Terkait Beberapa Jenis-Jenis Majas
ngelmu.id

Majas adalah pilihan gaya dalam penulisan karya tulis yang umumnya sastra menjadi semakin memikat. Pilihan gaya bahasa yang tepat ini juga yang membuat pemaknaan di dalam cerita atau bagian dalam karya sastra menjadi begitu melekat.

Gaya bahasa atau pengertian majas ini sendiri memiliki banyak sekali jenisnya. Sehingga mejadi penting, pengertian majas ini menjadi suatu telaah dalam bagian pentingnya di dalam kajian sastra secara umum.

Majas merupakan gaya yang dipilih oleh penulis dalam menentukan gaya pemilihan bahasa di dalam tulisannya.

Hal ini bisa berupa perumpamaan, kiasan, perbandingan, bahkan juga sarkasme. Majas menjadikan cerita atau bait puisi menjadi semakin penuh arti.

Majas memberikan pengertian secara langsung dan tidak langsung kepada pembaca. Sehingga hal ini menjadikannya penuh permenungan.

Majas juga membantu dalam menggambarkan perasaan yang begitu besar dan mendalam. Majas membuka ruang imajinasinya menjadi menyenangkan dan terpahami dalam penjelasan tersurat dan tersiratnya.

Penulis akan menguraikan penjelasan majas dalam pilihan topik pengertian dan kegunaan. Hal ini harapannya bisa menjadi tambahan informasi dan referensi bagi para pembaca sekalian.

Sengaja penulis bentuk dalam format ringkas yang bisa dijadikan rangkuman sederhana nantinya. Terkait pengertian majas dan 5 peran pentingnya dalam karya sastra, selengkapnya adalah sebagai berikut.

Pengertian Majas dan Jenis-Jenisnya

recentpedia.com

Disarikan dari berbagai sumber, Majas atau gaya bahasa yaitu pemanfaatan kekayaan bahasa, pemakaian ragam tertentu untuk memperoleh efek-efek tertentu yang membuat sebuah karya sastra semakin hidup, keseluruhan ciri bahasa sekelompok penulis sastra dan cara khas dalam menyampaikan pikiran dan perasaan, baik secara lisan maupun tertulis.

Majas digunakan dalam penulisan karya sastra, termasuk di dalamnya puisi dan prosa. Umumnya puisi dapat mempergunakan lebih banyak majas dibandingkan dengan prosa.

Adapun pembagian Majas ini dibagi dalam 4 pembagian besar. Majas perbandingan, majas sindiran, majas pertentangan, dan majas penegasan.

Majas Perbandingan

bebasketik.com

Majas perbandingan banyak membahas tentang pilihan kata yang dijadikan pembanding dengan berbagai pilihannya.

Menunjukkan perbedaan yang mencolok namun terkadang bisa juga dipersamakan. Ada beberapa macam majas yang termasuk dalam jenis majas perbandingan, yaitu personifikasi, hiperbola, asosiasi, litotes, metafora, metonimia, eufemisme, dan sinekdokhe.

Majas Sindiran

Majas sindiran, secara umum, banyak membahas tentang ucapan kepada orang lain dengan pilihan bahasa yang digunakan.

Sindiran dalam hal ini bisa menemui dalam bentuknya yang secara langsung atau tidak langsung. Ada beberapa majas yang termasuk dalam jenis majas sindiran, misalnya majas ironi, majas sinisme, dan majas sarkasme.

Pengertian Majas Pertentangan

Pengertian Majas dan Penjelasan Terkait Beberapa Jenis-Jenis Majas
materibelajar.co.id

Majas pertentangan, singkatnya, membahas dua hal atau lebih yang saling dipertentangkan karena suatu hal. Majas pertentangan ini memberikan gambarannya tentang perbedaan yang tidak saling melengkapi sehingga dipertentangkan.

Majas yang termasuk dalam jenis majas pertentangan yaitu majas paradox, majas antithesis, dan majas kontradiksi interminis.

Pengertian Majas Penegasan

Terakhir,  Majas penegasan. Majas ini menegaskan pernyataan, kata-kata atau bahasa sehingga sampai pada makna yang sesungguhnya.

Baik berupa kiasan ataupun penegasan itu sendiri. majas penegasan tidak bersembunyi di balik kata-kata yang saling bertentangan atau perbandingan. Majas ini menegaskan sesuatu hal. Ada beberapa majas jenis ini, misalnya majas klimaks, antiklimaks, pleonasme, dan repetisi.

Peran Penting Majas dalam Karya Sastra

Pengertian Majas dan Penjelasan Terkait Beberapa Jenis-Jenis Majas
buatlagi.com

Sebagai pemberi warna yang semakin menghidupkan tulisan
  1. Sebagai pilihan penggunaan bahasa yang diinginkan penulis dalam memilih pembacanya
  2. Sebagai petualangan bahasa yang memungkinkan penggunaan kata-kata yang indah dan menarik
  3. Sebagai komponen dalam unsur instrinsik sastra yang bisa dibedah dalam kritik sastra
  4. Sebagai cara berkomunikasi dengan penyusunan bahasa yang disenangi dan diinginkan oleh penulis.
 
Sara Apriana
About Sara Apriana 444 Articles
Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup, tidak ada yang miskin. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup. "dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberi kecukupan". (QS. An-Najm : 48) ~ Ust. Adi Hidayat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.