Pengertian Komprehensif dan Penerapan Kata tersebut di Berbagai Bidang

Pengertian Komprehensif dan Penerapan Kata tersebut di Berbagai Bidang
solutionsreview.com

Pengertian komprehensif – Apa kabar pembaca yang budiman? Semoga selalu dalam naungan kebahagiaan dan kesehatan ya.

Pada kesempatan yang baik ini kami kembali untuk membagikan informasi terkait definisi istilah-istilah tertentu.

Jika sebelumnya kami sudah membahas tentang pengertian kewarganegaraan, kali ini kami akan memaparkan definisi dari istilah komprehensif. Seperti yang kita tahu istilah komprehensif bisa dijumpai dalam disiplin ilmu atau bidang apa saja.

Dan pada akhirnya komprehensif kemudian memiliki makna yang lebih spesifik jika dikaitkan dengan bidang tertentu, misal seperti uji komprehensif. Tetapi pada dasarnya istilah tersebut tetap memiliki makna yang lebih general.

Oleh karena itu alangkah baiknya kalau kita mengetahui benar apa sih sebenarnya arti dari komprehensif secara umum.

Supaya nantinya teman-teman pun bisa lebih mudah memahami kata komprehensif yang digunakan dalam bidang apapun.

Berikut ini kami tidak hanya akan memaparkan tentang pengertian komprehensif saja, melainkan pengetahuan lainnya yang berkaitan dengan istilah komprehensif. Yuk langsung saja kita simak uraiannya di bawah ini, semoga bisa bermanfaat untuk teman-teman yang membutuhkan:


Pengertian Komprehensif


aacrao.org

Seperti yang telah disinggung di atas, pengertian komprehensif bisa beragam tetapi terdapat makna dasar yang memang melekat pada istilah tersebut.

Kata komprehensif ini berasal dari bahasa inggris “comprehensive” yang berarti luas, lengkap, teliti, menyeluruh, dan mencakup banyak hal.

Pengertian tersebut tak jauh berbeda dengan makna yang tertera dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia. Menurut KBBI komprehensif memiliki arti sebagai berikut:

  • Luas dan lengkap (baik terkait ruang lingkup maupun isi)
  • Memiliki dan memperlihatkan wawasan yang luas
  • Bersifat mampu menangkap atau menerima dengan baik

Berdasarkan uraian di atas, kita bisa menarik kesimpulan bahwa komprehensif adalah sesuatu yang bersifat lengkap, luas, menyeluruh, mencakup berbagai aspek.


Pengertian Komprehensif dalam Berbagai Bidang


solutionsreview.com

Istilah komprehensif ini sering ditemukan dalam berbagai bidang keilmuan, bahkan juga kehidupan. Misalnya kita bisa menemukan istilah tersebut pada ilmu akuntansi, filsafat, pendidikan, dan lain sebagainya.

Sehingga kemudian jika kata komprehensif dimasukkan dalam bidang tertentu maknanya juga akan lebih spesifik, contohnya:

Pengertian komprehensif dalam bidang filsafat, adalah cara berpikir filsafat yang mempelajari sesuatu secara menyeluruh sampai tidak ada lagi bagian yang tersisa

Ada pula dalam bidang akuntansi, berarti sebuah prinsip penciptaan laporan laba rugi yang bertujuan untuk menilai keberhasilan kinerja dalam waktu tertentu di suatu perusahaan

Sedangkan dalam bidang kebidanan, istilah tersebut berarti penanganan yang dilaksanakan secara terus menerus dan terhubung atau berkesinambungan kepada ibu dan bayi sejak dalam kandungan dan sampai dilahirkan.

 


Contoh Penggunaan Kata Komprehensif


youtube.com

Untuk lebih memudahkan teman-teman dalam memahami istilah komprehensif, di bawah ini kami akan membagikan contoh kalimat yang menggunakan istilah tersebut dan sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari:

“Seorang jurnalis seharusnya menyajikan berita komprehensif sehingga masyarakat bisa memahami permasalahan dengan benar”

Maksud dari istilah komprehensif di atas yakni jurnalis harus memberikan fakta dan informasi yang menyeluruh, yang dikaji dari berbagai aspek sehingga mendapatkan kesimpulan yang akurat.

“Seluruh mahasiswa semester akhir diharuskan melaksanakan ujian komprehensif untuk menguji penelitiannya”

“Peserta didik seharusnya mendapatkan pendidikan komprehensif untuk memaksimalkan potensi siswa”

Penutup

Pengertian Komprehensif dan Penerapan Kata tersebut di Berbagai Bidang
maxmanroe.com

Demikianlah artikel tentang pengertian komprehensif yang bisa kami sajikan. Semoga setelah teman-teman mengetahui arti dari istilah tersebut, kemudian bisa dipraktikan dalam pola pikir kita dalam melihat sesuatu, sehingga kita bisa menilai segalanya dengan lebih jernih dan benar.

Sebab pola pikir komprehensif memang sangat penting dalam segala bidang supaya kita tidak terjebak dalam perasaan paling benar dan akhirnya bisa melihat dunia dengan lebih baik.

 

Keyword: Pengertian Komprehensif

Sara Apriana
About Sara Apriana 455 Articles
Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup, tidak ada yang miskin. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup. "dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberi kecukupan". (QS. An-Najm : 48) ~ Ust. Adi Hidayat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.