Pengertian Komprehensif dan Penerapan Kata tersebut di Berbagai Bidang

Pengertian Komprehensif dan Penerapan Kata tersebut di Berbagai Bidang
solutionsreview.com

Pengertian komprehensif sering kita dengar di berbagai kesempatan, namun masih banyak yang belum mengerti apa sebenarnya definisi dan arti kata komprehensif yang benar.

Bagi kawan-kawan yang telah menyelesaikan kuliah sarjananya tentunya sudah melewati yang namanya ujian skripsi atau dikenal dengan ujian komprehensif.

Ujian komprehensif yang dilakukan para lulusan serjana merupakan suatu ujian dimana sebelum dinyatakan mendapatkan gelar maka mereka berhak untuk mengikuti ujian komprehensif.

Ujian komprehensif ini dilakukan agar mengetahui seberapa besar pemahaman seseorang terhadap materi yang sudah ditempuh dan pembelajaran yang didapatkan selama perkuliahan.

Pada tulisan kali ini akan dijelaskan istilah-istilah yang berhubungan dengan komprehensif.


Pengertian Komprehensif


aacrao.org

Apa yang dimaksud dengan komprehensif? Secara umum, komprehensif adalah segala sesuatu yang sifatnya luas dan lengkap yang meliputi berbagai aspek atau ruang lingkup yang luas.

Ada juga yang mengatakan komprehensif adalah orang yang memiliki wawasan yang luas akan sesuatu dan melihatnya dari berbagai aspek sehingga dapat memahami suatu permasalahan secara menyeluruh dan menyelesaikannya dengan baik.

Contoh dari komprehensif itu sendiri adalah ujian komprehensif. Pengertian ujian komprehensif adalah ujian yang meliputi seluruh aspek dari suatu bidang ilmu atau dalam ruang lingkup yang luas.

Dengan adanya ujian ini diketahui apakah si mahasiswa memahami dengan baik ilmu yang diketahuinya secara menyeluruh sehingga sudah pantas untuk turun kedunia kerja.

Sedangkan pengertian komprehensif secara khusus adalah segala sesuatu yang bersifat mampu menangkap (menerima) dengan baik, luas dan lengkap (tentang ruang lingkup atau isi) dan mempunyai dan memperlihatkan wawasan yang tinggi.


Pengertian Komprehensif Secara Harfiah


solutionsreview.com

Kata komprehensif diambil dari Bahasa Inggris yaitu “comprehensive” yang artinya lengkap, luas, menyeluruh, teliti, dan meliputi banyak hal.

Pada dasarnya, istilah komprehensif digunakan untuk menyatakan kondisi dimana sesuatu dapat menjelaskan keterangan secara lengkap dan luas serta memberikan wawasan yang lebih.

Istilah komprehensif cukup sering digunakan dalam berbagai bidang kehidupan seperti di bidang filsafat, bidang akuntansi dan bidang kebidanan.

Di bidang filsafat arti komprehensif adalah suatu cara berpikir filsafat yang mengkaji segala sesuatu dengan menyeluruh sehingga tidak terdapat lagi bagian yang tersisa ataupun berada di luarnya.

Adapun di bidang kebidanan komprehensif adalah penanganan yang dilakukan secara berkesinambungan kepada bayi dan ibu tersebut dalam kandungan hingga dilahirkan.

Sedangkan di bidang akuntansi komprehensif adalah suatu prinsip pembuatan laporan laba rugi dengan tujuan untuk mengukur tingkat keberhasilan kinerja suatu perusahaan dalam periode tertentu.


Penerapan Kata Komprehensif


youtube.com

Pengertian kompehensif juga diartikan suatu kesiapan atau kemampuan untuk menyusun suatu hal secara luas. Sebagai contoh istilah komprehensif digunakan dalam bidang penganggaran dana perusahaan adalah suatu hal untuk penyusunan rencana jangka pendek dan jangka panjang.

Komprehensif juga sering digunakan untuk menunjukkan kesiapan atau persiapan untuk membuat rencana secara menyeluruh. Untuk mengartikan kata komprehensif maka dapat dilihat terlebih dahulu untuk bidang apa kata ini digunakan.

Kata komprehensif pada intinya memiliki makna mampu atau menerima, baik digunakan dalam bidang keuangan ataupun untuk menyatakan sifat seseorang.

Salah satu contoh dari komprehensif adalah “perusahaan X melaporkan laba komprehensif yang didapatkan pada tahun 2018”.

Pengertian komprehensif pada kalimat tersebut adalah keuntungan perusahaan yang dipengaruhi berbagai faktor di luar operasional normal perusahaan. Misalnya keuntungan dari perubahan nilai tukar mata uang.

Telah dijelaskan secara ringkas tentang komprehensif semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan bagi kalian yang memerlukan. Semoga bermanfaat!

Keyword: Pengertian Komprehensif

Sara Apriana
About Sara Apriana 486 Articles
Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup, tidak ada yang miskin. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup. "dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberi kecukupan". (QS. An-Najm : 48) ~ Ust. Adi Hidayat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.