Yuk Ketahui Apa Itu Bahasa | Pengertian, Fungsi dan Manfaatnya

√ Yuk Ketahui Apa Itu Bahasa | Pengertian, Fungsi dan Manfaatnya
zenius.net

Secara umum bahasa dapat diartikan sebagai suatu kemampuan yang dimiliki oleh manusia dan digunakan untuk berkomunikasi dengan manusia yang lainnya, misalnya dapat berupa kata yang diucapkan atau melalui gerakan.

Sebagai objek kajian linguistik (kajian ilmiah bahasa), bahasa sendiri mempunyai dua arti dasar, yakni sebagai sebuah konsep yang abstrak dan juga sebuah sistem linguistik yang spesifik. Contoh makna bahasa sebagai sistem linguistik spesifik adalah Bahasa Indonesia.

Dalam hal kemampuan mental, organ atau insting, bahasa didefiniskan sebagai kemampuan mental yang membuat manusia bisa menggunakan perlikau linguistik baik untuk mempelajari bahasa, menghasilkan dan memahami penyebutan dalam bahasa.

Sedangkan dalam sistem simbolik formal, bahasa didefiniskan sebagai sistem formal isyarat yang tunduk kepada aturan tata bahasa dalam menyampaikan suatu makna. Hal ini menekankan bahasa dapat dijelaskan sebagai sistem yang terstruktur.


Pengertian Bahasa


Selain pengertian atau definisi bahasa secara umum yang sudah dibahas diatas, ada juga penjelasan mengenai bahasa yang merujuk pada beberapa ahli, berikut merupakan diantaranya:

1. Ferdinand De Saussure (linguis asal Swiss)

√ Yuk Ketahui Apa Itu Bahasa | Pengertian, Fungsi dan Manfaatnya
id.wikipedia.org

Bahasa merupakan ciri pembeda yang sangat menonjol dikarenakan dengan bahasa, setiap kelompok sosial akan merasa dirinya sebagai suatu kesatuan yang terlihat berbeda dengan kelompok lainnya.

2. Plato

√ Yuk Ketahui Apa Itu Bahasa | Pengertian, Fungsi dan Manfaatnya
laphamsquarterly.org

Bahasa merupakan pernyataan pikiran seseorang yang menggunakan perantara nama benda atau hal lainnya dan juga ucapan yang juga adalah cerminan dari individu dalam arus udara melalui mulut.

3. Wahyu Wibowo (penulis buku Otonomi Bahasa 7 Strategi Tulis Pragmatik Bagi Praktisi Bisnis dan Mahasiswa)

√ Yuk Ketahui Apa Itu Bahasa | Pengertian, Fungsi dan Manfaatnya
shopee.co.id

Bahasa merupakan sistem simbol bunyi yang mempunyai makna, dihasilkan oleh alat ucap, bersifat berubah-ubah, tidak tetap, dan konvensional serta digunakan sebagai alat untuk berkomunikasi.


Fungsi Bahasa


√ Yuk Ketahui Apa Itu Bahasa | Pengertian, Fungsi dan Manfaatnya
pexels.com

Berikut merupakan tiga fungsi utama bahasa secara umum yang mengacu pada penjelasan bahasa:

1. Alat Berkomunikasi

Dengan bahasa, setiap individu manusia dapat melakukan komunikasi dua arah yang dapat dimengerti oleh individu lainnya satu sama lain. Hal ini mengacu pada penjelasan mengenai bahasa yang sudah di bahas di atas.

2. Alat Pemersatu Bangsa

Dengan penggunaannya sebagai alat untuk melakukan komunikasi, bahasa dapat dikatakan sebagai alat untuk mempersatukan bangsa. Umumnya suatu bangsa berkomunikasi dengan bahasa yang sama, atau memiliki 1 bahasa yang digunakan oleh semua masyarakatnya.

Meskipun tidak jarang terjadi perbedaan pendapat dalam masyarakat di suatu bangsa, namun penggunaan bahasa yang sama dalam berkomunikasi secara tidak langsung dapat dikatakan sebagai pemersatu kesatuan berbangsa.

3. Identitas Suku, Bangsa/Negara

Bahasa juga dapat dikatakan sebagai suatu identitas, baik dari suku-suku tertentu ataupun bangsa/negara. Di Indonesia sendiri Bahasa Indonesia merupakan salah satu identitas, sedangkan untuk suku-sukunya dengan berbagai macam budaya ada yang memiliki bahasa khasnya masing-masing.

4. Fungsi Bahasa Lainnya

Selain 3 fungsi utama bahasa secara umum diatas yang mengacu pada penjelasan pengertian bahasa, berikut merupakan fungsi bahasa lainnya:

  • Sebagai alat untuk menunjukkan ekspresi.
  • Sebagai alat yang digunakan untuk mempelajari atau berbagi ilmu pengetahuan.
  • Sarana yang digunakan untnuk membangun kecerdasan.
  • Untuk dapat memahami diri sendiri dan juga orang lain ketika berkomunikasi.
  • Kontrol sosial.

Manfaat Bahasa


√ Yuk Ketahui Apa Itu Bahasa | Pengertian, Fungsi dan Manfaatnya
tribunnews.com

Jika dilihat dari penjelasan pengertian bahasa dan fungsinya, berikut merupakan beberapa manfaat bahasa unuk manusia:

1. Bahasa Resmi Negara

Untuk negara yang memiliki berbagai macam suku, kebudayaan dan bahasa, diperlukan satu bahasa resmi yang dapat menyatuka seluruh masyarakat atau warga negara. Misalnya saja Indonesia, bahasa resmi yang digunakannya adalah Bahasa Indonesia.

2. Pengantar Dunia Pendidikan

Umumnya dalam dunia pendidikan, materi yang disampaikan menggunakan bahasa resmi negara yang digunakan oleh seluruh warga negara. Di Indonenesia sendiri penggunaan bahasa tidak hanya dalam penyampaian materi saja, namun juga studi yang dipelajari.

3. Pengembang Ilmu pengetahuan dan Kebudayaan

Di Indonesia sebagian besar sukunya menggunakan bahasa daerahnya sendiri, namun dalam upaya untuk pengembangan budaya dan ilmu pengetahuan, prosesnya menggunakan bahasa resmi.

Keyword: Pengertian Bahasa

Sara Apriana
About Sara Apriana 444 Articles
Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup, tidak ada yang miskin. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup. "dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberi kecukupan". (QS. An-Najm : 48) ~ Ust. Adi Hidayat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.