Pengertian Artikel dan Hal Menarik Tentang Artikel ini Wajib Kamu Ketahui

Pengertian Artikel dan Hal Menarik Tentang Artikel ini Wajib Kamu Ketahui
ern.co.il

Pengertian artikel merupakan sebuah karya tulis yang berisi tentang gagasan ataupun fakta dengan panjang tertentu yang isinya adalah untuk membujuk, memberikan keyakinan, mendidik serta menghibur para pembacanya.

Biasanya artikel dimuat dan dipublikasikan ke dalam suatu media seperti majalah, koran, buletin, website, media sosial dan lain sebagainya.

karmicprana.com

Ada juga pendapat lain yang menyebut jika artikel sendiri artinya adalah sebuah karangan esai dimana isinya menyampaikan ide atau juga fakta dengan cara yang objektif dan bertujuan untuk meyakinkan dan menghibur para pembacanya.

Sementara untuk isi yang ada di dalam sebuah artikel tentu berbeda-beda dan sangat tergantung dengan topik yang akan dibahas. Biasanya, artikel mengenai informasi sejarah, argumentasi mengenai isu tertentu, hasil penelitian ataupun petualangan sering dimuat di media sosial.

niemanlab.org

Beberapa ahli juga memberikan pendapatnya tentang pengertian artikel. Rillan E. Woseley menyebutkan jika artikel adalah karangan tertulis dimana panjangnya tidak bisa ditentukan dan tujuannya adalah untuk menyampaikan sebuah gagasan atau fakta dan maksudnya untuk meyakinkan, mendidik dan juga menghibur.

Ahli kedua yakni Sumandiria mendefinisikan artikel sebagai sebuah karya tulis lepas dimana isinya terdapat opini mengenai suatu masalah yang bersifat aktual dan juga kontroversial dengan tujuan untuk menghibur, memberitahukan, mempengaruhi serta meyakinkan pembacanya akan suatu hal yang disampaikan.

Ahli ketiga yaitu Al-‘Aqli yang menyebut jika artikel adalah sebuah karya tulis yang dibuat disiplin ilmu kemudian pembahasan tersebut dikaji dan diselesaikan dengan tuntas, jelas, dan lugas sehingga para pembaca bisa mengambil inti dari artikel itu sendiri.

sepedaku.org

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menuliskan jika artikel merupakan karya tulis yang dibuat lengkap dan esai yang dimuat di majalah, laporan surat kabar, dan lain-lain.

Sedangkan pada Cambridge Dictionary, artikel adalah tulisan yang membahas tentang subjek tertentu kemudian dipublikasikan ke berbagai media misalnya koran, majalah, dan juga internet.

Selain pengertian artikel, kamu juga harus mengatahui tentang ciri-ciri artikel. Berdasarkan pada beberapa pengertian artikel di atas, tentu kita dapat mengenali ciri-ciri atau karakteristik dari artikel itu sendiri.

takimzone.com

Artikel pada umumnya dibuat dengan ringkas, jelas, padat dan juga tuntas. Isi dari artikel harus bersifat fakta jadi bukan fiksi ataupun mitos dimana masih diragukan soal kebenarannya. Artikel yang baik harus bersifat informatif dan juga faktual.

Artikel harus mengandung opini yang didasari analisis. Opini ini harus juga didasari dengan teori dan juga data yang valid. Karakteristik selanjutnya adalah artikel ditulis dalam bahasa yang baku dan dengan kalimat yang lugas.

Sedangkan untuk metode penulisannya, artikel harus dibuat dengan cara sistematis agar pembaca bisa mengerti isi dari artikel tersebut dengan mudah.

Secara umum terdapat lima jenis yang perlu kamu ketahui yang terdiri dari artikel narasi, artikel deskripsi, artikel eksposisi, artikel argumentasi, dan artikel persuasi.

Artikel narasi menceritakan tentang sebuah peristiwa yang dirangkai dengan sistematis. Artikel deskripsi merupakan jenis artikel yang berisi tentang penjelasan dimana pembaca seolah-olah bisa merasakan isi dari artikel tersebut.

Artikel eksposisi adalah artikel yang menjelaskan tentang informasi sebuah topik sehingga dapat memberikan pengetahuan tambahan bagi pembacanya. Artikel argumentasi adalah sebuah tulisan yang bertujuan untuk membuktikan kebenaran. Terakhir artikel persuasi bertujuan untuk mempengaruhi pembaca agar melakukan suatu hal yang dianjurkan penulis.

Itulah tadi pengertian artikel dan beberapa hal menarik lain tentang artikel itu sendiri yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat!

Keyword: Pengertian Artikel

Sara Apriana
About Sara Apriana 478 Articles
Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup, tidak ada yang miskin. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup. "dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberi kecukupan". (QS. An-Najm : 48) ~ Ust. Adi Hidayat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.