Pengertian Artikel | Jenis-Jenis, Ciri-Ciri dan Manfaatnya

Pengertian Artikel dan Hal Menarik Tentang Artikel ini Wajib Kamu Ketahui
ern.co.il

Artikel pada dasarnya merupakan suatu karya tulis faktual yang lengkap dengan panjang tulisan tertentu yang diulis untuk dipublikasikan, baik itu di media online (portal berita, situs web, media sosial, dll) atau media cetak (majalan, koran, dll).

Isi dari artikel sendiri dapat bermacam-macam sesuai dengan topik atau bidang yang di bahas, misalnya seperti artikel sejarah, artikel kesehatan, kedokteran, teknologi, makanan, wisata, hasil penelitian, kecantikan, cara-cara, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Artikel sebisa mungkin ditulis mengggunakan kata-kata dan kalimat yang menarik dan juga mudah dibaca, sehingga pembaca tertarik dan nyaman ketika membaca dan dapat mengetahui hal yang belum mereka ketahui.


Pengertian Artikel


√ Pengertian Artikel | Jenis-Jenis, Ciri-Ciri dan Manfaatnya
niemanlab.org

Selain pengertian artikel yang sudah di bahas di atas, berikut merupakan pengertian artikel yang merujuk pada pengertian artikel dari Kamus Besar Bahasa Indonesia, Cambridge Dictionary dan ahli:

1. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Artikel merupakan suatu karya tulis yang dibuat dengan lengkap seperti esai yang ada pada majalah atau laporan surat kabar dan juga yang lainnya. Sebenarnya, selain pada media cetak, artikel juga dapat ditulis dan dipublikasikan pada media online.

2. Cambridge Dictionary

Artikel merupakan suatu tulisan yang dibuat dengan membahas subjek atau bahasan tertentu lalu di publikasikan di berbagai media yang ada, baik itu media cetak seperti koran, atau majalah, ataupun media online di Internet

3. Rillan E. Wolseley

Artikel merupakan suatu karangan karya tulis yang panjang tulisannya tidak dapat ditentukan, dan tujuan dari disampaikannya gagasan atau fakta pada tulisan artikel tersebut dimaksudkan untuk mendidik, meyakinkan atau bahkan menghibur.


Jenis Artikel


√ Pengertian Artikel | Jenis-Jenis, Ciri-Ciri dan Manfaatnya
pixabay.com

Berdasarkan pada pengertian artikel yang sudah di bahas sebelumnya, umumnya terdapat 5 jenis artikel. Berikut merupakan diantaranya:

1. Deskripsi

Merupakan tulisan karangan yang berisikan gambaran tentang hal atau keadaan tertentu sehingga membuat pembaca, seakan-akan pembaacanya melihat, mendengar atau bahkan merasakan hal tersebut.

2. Narasi

Meurpakan tulisan karangan yang berupa cerita dan pada tulisannya terdapat suatu peristiwa atau kejadian tertentu dalam satu urutan waktu. Pada kejadian atau peristiwa tersebut terdapat tokoh yang menghadapi konflik.

Narasi sendiri dapat berupa fakta atau bahkan fiksi. Contoh artikel narasi misalnya seperti artikel yang membahas mengenai Ir. Soekarno, atau tokoh-tokoh lainnya.

3. Eksposisi

Merupakan artikel tulis yang berisikan penjelasan atau uraian tentang hal atau topik tertentu dengan tujuan memberikan informasi ataupun pengetahuan pada pembaca yang membacanya.

4. Argumentasi

Merupakan karya tulis artikel berupa karangan yang memiliki tujuan untuk membuktikan suatu kebenaran dari pendapat atau kesimpulan menggunakan data berupa fakta sebagai alasan atau bukti.

5. Persuasi

Merupakan suatu karangan yang ditulis dengan tujuan untuk mempengaruhi pembaca untuk berbuat atau melakukan sesuatu. Pada artikel persuasi, penulis mengharapkana danya sikap motorik yang dilakukan pembaca sesuai yang dianjurkan penulis dalam tulisannya.


Ciri-Ciri Artikel


√ Pengertian Artikel | Jenis-Jenis, Ciri-Ciri dan Manfaatnya
pixabay.com

Berikut merupakan ciri-ciri artikel:

  • Umumnya artikel dibuat dengan ringkas padat dan jelas.
  • Umumnya Isi yang ditulis dari artikel berdasarkan fakta, namun ada juga yang berisi mitos jika artikel tersebut membahas mengenai mitologi, atau hal-hal lain yang sejenis.
  • Artikel biasanya bersifat informatif, enak dan mudah dibaca.
  • Tulisan pada artikel dibuat secara sistematis untuk memudahkan pembaca dalam memahami tulisannya.

Manfaat Artikel


√ Pengertian Artikel | Jenis-Jenis, Ciri-Ciri dan Manfaatnya√ Pengertian Artikel | Jenis-Jenis, Ciri-Ciri dan Manfaatnya
pexels.com

Berikut merupakan manfaat artikel yang bisa didapatkan:

  • Sebagai media atau sarana yang digunakan penulis untuk menyampaikan gagasan atau tulisannya pada masyarakat.
  • Memudahkan masyarakat mendapatkan informasi mengenai hal dalam bidang tertentu sesuai dengan yang ingin dibacanya.
  • Sebagai media atau sarana untuk menyampaikan informasi faktual sehingga pembaca dapat terhindar dari informasi palsu.
  • Dari sisi pembaca, dapat memperluas pengetahuan atau wawasan sesuai dengan bidang atau hal yang diinginkan.

Keyword: Pengertian Artikel

Sara Apriana
About Sara Apriana 444 Articles
Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup, tidak ada yang miskin. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup. "dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberi kecukupan". (QS. An-Najm : 48) ~ Ust. Adi Hidayat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.