Pengertian Abstrak | Jenis, Fungsi, dan Tips Menulisnya

Pengertian Abstrak | Struktur Penulisan, Jenis dan Unsur
pinterest.com

Dalam karya tulis ilmiah, Abstrak merupakan salah satu elemen penting yang perlu diperhatikan penulisannya. Abstrak sendiri secara umum dapat dikatakan sebagai intisari ringkas dari karya tulis ilmuah yang dibuat.

Biasanya, penyajian abstrak ada pada bagian pertama karya tulis ilmiah. Meskipun tulisan abstrak terlihat pendek ringkas, dan sederhana, namun memiliki pakem yang merangkum beberapa unsur penting penelitian.


Pengertian Abstrak


√ Pengertian Abstrak | Jenis, Fungsi, dan Tips Menulisnya
pendidikankedokteran.net

Terdapat beberapa pengertian abstrak mulai dari International Organization for Standarization (ISO) dan beberapa ahli. Meskipun pengertian dari abstrak ini berbeda-beda, namun inti dari penjelasan pengertian abstrak yang yang ingin disampaikan sama.

1. ISO (International Organization for Standarization)

Abstrak merupakan penjelasan singkat yang akurat dan mewakili isi dari suatu dokumen, tanpa adanya interpretasi (pendapat atau pandangan teoritis terhadap sesuatu) dan juga tanpa melihat siapa yang membuat inti dari karangan tersebut.

2. ANSI (American National Standards Institute)

Absrak merupakan tulisan penyataan singkat dan juga akurat dari dokumen tanpa adanya tambahan tafsir atau kritik serta tanpa membedakan abstrak tersebut dibuat untuk siapa.

3. Maizel (Smith: Singer, 1984)

Abstak merupakan ringkasan singkat dan juga jelas yang disajikan dengan memuat tujuan, cakuan atau temuan dari suatu artikel.

4. Lancaster (1991)

Abstrak merupakan penjelasan berupa representasi yang ringkas dan akurat dari suatu dokumen. Abstrak dibuat menggunakan berbagai kalimat yang ada di dalam teks, bukan kutipan langsung yang berasal dari penulisnya.

5. Rowley (Dalam Buku Abstracting and Indexing)

Abstrak merupakan penyajian ringkas dan akurat dari isi dokumen dalam gaya yang sama seperti dokumen aslinya.


Jenis-Jenis Abstrak


√ Pengertian Abstrak | Jenis, Fungsi, dan Tips Menulisnya
cognibrain.com

Sebagai tulisan ringkas yang mengadung inti dari isi karya tulis ilmiah, abstrak sendiri dibedakan menjadi dua jenis.

1. Abstrak Informatif

Merupakan abstrak yang menyajikan informasi ringkas secara keselurungan dengan didukung datata yang lengkap. Singkatnya, abstrak informatif adalah ringkasan kecil dari seluruh informasi yang ada pada karya tulis ilmiah.

2. Abstrak Indikatif

Merupakan abstrak yang menyajikan inti bahasan masalah yang ada dalam karya tulis ilmiah. Abstrak ini dibuat untuk kepentingan pembaca ketika mencari informasi dalam sebuah tulisan.

Hal ini bisa membantu pembaca untuk menentukan akan membaca keseluruhan isi dari tulisan atau tidak.


Fungsi Abstrak


√ Pengertian Abstrak | Jenis, Fungsi, dan Tips Menulisnya
istockphoto.com/dmark

Dalam karya tulis ilmiah, abstrak memiliki fungsi dasar yang terbilang penting. Berikut diantaranya:

  • Sebagai komponen utama karya tulis ilmiah
  • Sebagai gambaran umum sebuah karya tulis ilmiah
  • Sebagai bahan pertimbangan bagi pembaca untuk membaca karya tulis ilmiah secara keseluruhan

Tips Menulis Abstrak


√ Pengertian Abstrak | Jenis, Fungsi, dan Tips Menulisnya
editage.com

Meskipun terlihat ringkas, abstrak memiliki beberapa pakem yang perlu diperhatikan. Jika kamu sedang membuat karya tulis ilmiah, berikut merupakan tips untuk menulis abstrak yang bisa kamu jadikan referensi.

1. Latar belakang masalah

Umumnya, penelitian dilakukan dengan tujuan tertentu. Pada bagian ini jelaskan saja secara singkat apa yang menjadi latar belakang masalah dan kenapa penelitian dilakukan.

2. Metode penelitian yang digunakan

Jelaskan secara singkat dan jelas metode penelitian apa yang digunakan. Ini bertujuan untuk mengetahui metode penelitian yang sesuai dengan permasalahan yang diteliti.

3. Mendeskripsikan hasil penelitan

Jelaskan secara umum dan singkat hasil dari penelitian yang dilakukan

4. Kesimpulan hasil penelitian

Lampirkan kesimpulan dengan beberapa kalimat. Ini bertujuan untuk mengetahui apakah penelitian yang dialkukan dapat menyelesaikan permasalahan yang diteliti.

5. Kata kunci pada akhir paragraph

Kata kunci pada penelitian atau karya tulis ilmiah dapat memudahkan ketika dilakukan pencarian secara online. Kata kunci bisa kamu pilih dari kata-kata yang ada pada judul penelitian yang dilakukan.

Keyword: Pengertian Abstrak

Sara Apriana
About Sara Apriana 444 Articles
Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup, tidak ada yang miskin. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup. "dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberi kecukupan". (QS. An-Najm : 48) ~ Ust. Adi Hidayat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.