5+ Fungsi Komunikasi didalam Kehidupan Sehari-Hari

5 Fungsi Komunikasi yang Erat Kaitannya dengan Kehidupan Sehari-Hari
dictio.id

Setiap hari seseorang pasti melakukan interaksi dan berkomunikasi dengan yang lainnya baik itu secara langsung ataupun tidak langsung seperti melalui telepon ataupun media lainnya.

Pengertian komunikasi sendiri secara terminologi dapat dikatakan sebagai suatu proses seseorang untuk menyampaikan informasinya ke orang lain.

Berdasarkan pengertian tersebut dapat diketahui bahwa yang terlbiat dalam proses ini adalah manusia.


Definisi Komunikasi dan Unsur-Unsurnya


Menurut Ruben dan Steward pengertian komunikasi adalah sebuah proses hubungan anatara kelompok, organisasi dan masyarakat yang mana setiap individu terlibat di dalamnya untuk merespon dan menciptakan pesan agar bisa beradaptasi antara satu sama lain dalam lingkungan yang sama.

Berikut adalah beberapa definisi komunikasi menurut para ahli lainnya:

1. Everet M. Rogers yang menyatakan bahwa komunikasi adalah suatu proses pengalihan ide atau informasi dari sumber yang menyampaikan ide tersebut kepada seseorang atau lebih yang menjadi penerima informasi tersebut dengan tujuan untuk mengubah tingkah laku dari penerima informasi yang dimaksud.

2. Gerard R. Miller memberikan definisi komunikasi sebagai sebuah proses yang terjadi ketika seseorang menyampaikan pesannya kepada penerima dengan tujuan untuk mempengaruhi perilaku si penerima pesan, baik itu disadari atau tidak.

3. Theodore M. Newcomb memberikan pernyataan bahwa komunikasi merupakan setiap tindakan yang dipandang sebagai suatu proses transmisi informasi, di mana di dalamnya terdapat rangsangan diskriminatif yang berasal dari informan kepada penerima informasi.

4. Menurut Laswell, komunikasi meliputi beberapa unsur di antaranya adalah:

  • Orang yang melakukan komunikasi atau yang menyampaikan informasi (komunikator).
  • Pesan yang disampaikannya
  • Media yang digunakan untuk menyampaikan pesan tersebut
  • Komunikan atau kepada siapa pesan itu disampaikan
  • Dampak dari informasi yang disampaikan tersebut.
  • Dari unsur-unsur tersebutlah Laswell menyatakan bahwa pengertian komunikasi adalah komunikator menyampaikan pesannya melalui media tertentu kepada komunikan yang kemudian akan menimbulkan efek tertentu.

Fungsi Komunikasi menurut Beberapa Ahli


Fungsi komunikasi adalah untuk mempermudah interaksi antara seseorang dengan yang lainnya. Komunikasi biasanya dilakukan menggunakan simbol-simbol verbal dan juga nonverbal, seperti bahasa Indonesia (verbal) dan bahasa isyarat (nonverbal).

Seseorang yang melakukan komunikasi biasanya memiliki tujuan tertentu, baik untuk kelangsungan hidup pribadinya dan juga kelangsungan hidup masyarakat.

Semua orang dapat dipastikan akan melakukan komunikasi dengan orang lain dan juga dengan sekitarnya. Karena, manusia merupakan makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri.

Komunikasi yang dilakukan seseorang dapat menyampaikan isi dalam pikirannya dan bertukar pikiran dengan orang lain.

Interaksi yang dilakukan seseorang melalui komunikasi dengan orang lain juga dapat menghibur, mendidik atau mempengaruhi orang lain.

Selain itu, komunikasi memiliki banyak fungsi. Effendi, Thomas M. Scheidel, Rudolf F. Verderber, Gordon I. Zimmerman, serta Judy C. Pearson dan Paul E. Nelson mengemukakan fungsi komunikasi yang beragam dilakukan manusia kepada manusia lainnya.

1. Media Menyampaikan Pikiran dan Perasaan

tokopedia.com

Fungsi yang pertama adalah menyampaikan pikiran dan perasaan. salah satu fungsi komunikasi yaitu sebagai pengungkapan emosional. Melalui komunikasi kita difasilitasi agar dapat menjelaskan apa yang kita rasakan dan pikirkan.

Mengungkapkan isi pikiran dan perasaan pribadi kepada orang lain sangat penting dilakukan. Hal itu disebabkan karena dengan mengungkapkan isi pikiran dan emosi dalam wujud kemarahan, kesenangan, kecewa, gembira, atau emosi lainnya orang lain dapat mengerti yang sedang kita rasakan.

Di sisi lain, kita akan memperoleh keseimbangan hidup dan juga kelapangan hati.

2. Media Interaksi

savonix.com

Fungsi yang kedua adalah melakukan interaksi dengan sesama. Seperti yang telah diketahui sebelumnya bahwa manusia merupakan mahluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri dan perlu hidup bersosialisasi dengan orang lain.

Thomas M. Scheidel mengatakan bahwa dengan melakukan komunikasi, kita dapat menciptakan interaksi sosial dengan sesama dan juga lingkungan sekitar. Hal tersebut membuat kita tidak akan terisolasi atau terasing dari pergaulan di lingkungan sosial, dan juga dapat menjaga kelangsungan hidup bermasyarakat.

3. Sarana Bertukar Informasi

creatoz.eu

Fungsi komunikasi yang ketiga adalah memberikan informasi. Informasi menjadi hal yang cukup penting dan informasi juga dapat mencegah seseorang untuk melakukan kesalahan. Misalnya pemberian informasi perihal arah suatu tempat dapat mencegah seseorang tersesat ketika menuju tempat tersebut.

Sebagai contoh, informasi mengenai cara mengoperasikan sebuah alat menjadi penting untuk diketahui supaya tidak mengalami kegagalan dalam proses produksi yang juga dapat berimbas pada kerusakan alat tersebut.

Melalui komunikasi, informasi mengenai sebuah peristiwa, atau masalah dan tingkah laku atau lainnya dapat tersampaikan. Informasi yang disampaikan tersebut juga dapat digunakan untuk menilai dan melakukan evaluasi perihal suatu hal dan memberikan sebuah alternatif pilihan yang akan diputuskan.

4. Media Aktualisasi Diri

maxmanroe.com

Fungsi komunikasi yang keempat adalah aktualisasi diri. Menurut ahli Thomas M. Scheidel seseorang yang berkomunikasi dengan orang lain, dapat berarti saling menyatakan dan juga mendukung identitas dirinya.

Akualisasi diri menjadi sebuah kebutuhan bagi manusia, dan dapat terpenuhi dengan melakukan komunikasi. Berkomunikasi merupakan cara seseorang untuk menyatakan keberadaan dan juga potensi dirinya pada orang lain. Di sisi lain, hal tersebut dapat membantu seseorang agar lebih mengenal diri sendiri.

5. Media Hiburan

pastemagazine.com

Komunikasi dengan seseorang dapat menghibur orang lain dan mendapat penghiburan dari orang lain. Rudolf F. mengungkapkan manusia melakukan komunikasi dengan tujuan kesenangan.

Effendi juga mengatakan salah satu fungsi komunikasi yakni untuk menghibur orang lain dan menyenangkan hati. Sebagai contoh komunikasi yang dilakukan oleh stand-up comedian.


Fungsi Komunikasi Secara Umum


Komunikasi tidak hanya suatu proses untuk menyampaikan informasi dari informan ke penerima saja, selain itu komunikasi memiliki beberapa fungsi, di antaranya:

1. Komunikasi Sebagai Komunikasi Sosial

Di sini, komunikasi memiliki fungsi tidak hanya menyampaikan informasi saja melainkan sangat penting sebagai sebuah proses untuk membangun konsep diri dan bentuk aktualisasi diri. Hal tersebut dilakukan untuk keberlangsungan hidup seseorang dan memperoleh kebahagiaannya.

2. Komunikasi Sebagai Komunikasi Ekspresif

Dalam hal ini komunikasi berfungsi untuk menyampaikan apa yang menjadi perasaan seseorang. Seperti perasaan senang, sedih, marah, kecewa dan perasaan lainnya. umumnya komunikasi ini dilakukan melalui komunikasi nonverbal.

Komunikasi merupakan salah satu hal yang penting terutama dalam hidup bermasyarakat, karena komunikasi merupakan awal interaksi kita dengan yang lainnya.

Selain itu, dengan komunikasi kita bisa saling berbagi informasi satu sama lain dengan berbagai macam tujuan di dalamnya. Hal tersebut tidak menjadi masalah selama masih berada dalam koridor yang benar.

Keyword: fungsi komunikasi

Sara Apriana
About Sara Apriana 478 Articles
Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup, tidak ada yang miskin. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup. "dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberi kecukupan". (QS. An-Najm : 48) ~ Ust. Adi Hidayat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.