Contoh Singkatan Beserta Pengertian dan Macam-macamnya

√ Contoh Singkatan Beserta Pengertian dan Macam-macamnya
pasberita.com

Contoh Singkatan – Di kehidupan sehari-hari kita pasti sering mendengar atau membaca sebuah singkatan. Salah satu jenis singkatan yang sering kita dengar adalah singkatan untuk nama orang, seperti CR7 yang merupakan singkatan dari Cristiano Ronaldo, SBY yang merupakan singkatan dari Susilo Bambang Yudhoyono, BP yang merupakan singkatan dari Bambang Pamungkas, dan lain-lain.

Meskipun singkatan untuk nama sering digunakan, tapi terkadang penyingkatan semacam itu dapat menimbulkan kerancuan persamaan huruf depan dari dua nama orang yang berbeda.

Contohnya adalah Bambang Waseso (BW) dengan Bambang Widjojanto (BW). Kedua nama tersebut menjadi agak susah untuk disingkat karena memiliki huruf awal yang sama. Oleh karena itu, biasanya orang-orang tersebut menggunakan pemendekan lain untuk nama Budi Waseso, yaitu Buwas.

Namun tahukah Anda apa itu singkatan? Jika belum, maka pada artikel ini akan dijelaskan secara lengkap mengenai pengertian, macam-macam penggunaan singkatan, aturan penggunaan singkatan dan contoh dari singkatan.


Pengertian Singkatan


Singkatan bisa diartikan sebagai bentuk pendek dari sebuah kata. Singkatan ini adalah sebuah atau sekumpulan huruf yang menjadi bentuk pendek dari sebuah atau beberapa kata. Penyingkatan ini dapat dilakukan terhadap satu atau beberapa kata.


Macam-macam Penggunaan Singkatan


Banyak ragam percakapan ataupun tulisan yang menggunakan singkatan di dalamnya. Berikut akan dijelaskan secara lengkap tentang macam-macam penggunaan singkatan tersebut.

1. Singkatan yang digunakan untuk nama orang, nama gelar, jabatan dan pangkat. Pada tiap singkatan diikuti dengan tanda titik dibelakangnya.

Contoh:

M. Imam Suyuti = Muhammad Imam Suyuti
S.Pi = Sarjana perikanan
M.Hum = Magister Humaniora

2. Singkatan yang digunakan untuk nama resmi dari lembaga pemerintahan dan ketatanegaraan, badan atau organisasi dan juga dokumen resmi yang terdiri dari gabungan huruf awal kata. Ditulis dengan huruf capital dan tidak diikuti tanda titik dibelakangnya.

Contoh:

PGRI = Persatuan Guru Republik Indonesi
MA = Mahkamah Agung

3. Singkatan kata yang berbentuk gabungan dari huruf. Pada singkatan ini diikuti dengan tanda titik dibelakangnya.

Contoh:

tgl. = tanggal
hlm. = halaman

4. Singkatan dari gabungan kata yang terdiri dari tiga huruf. Pada singkatan ini diakhiri dengan tanda titik.

Contoh:

Yth. = yang terhormat
Dll. = dan lain lain

5. Singkatan gabungan kata yang terdiri dari dua huruf yang lazimnya dicantumkan dalam surat menyurat. Pada singkatan ini, masing-masing huruf diikuti oleh tanda titik.

Contoh:

d.a = dengan alamat
a.n = atas nama

6. Singkatan yang digunakan untuk lambang kimia, satuan takaran, timbangan, ukuran, dan mata uang. Pada jenis singkatan ini tidak diikuti oleh tanda titik.

Contoh:
Kg = kilogram
Rp = Rupiah


Aturan Penggunaan Singkatan


Dalam penulisan resmi, terdapat aturan terkait dengan penggunaan singkatan. Hal ini karena banyak penggunaan singkatan dalam tulisan ataupun percakapan sehari-hari yang bisa membuat pembaca atau pendengar menjadi bingung, karena tidak semua singkatan dapat mereka kenali.

Aturan-aturan tersebut berupa:

  • Adanya keharusan untuk menyebutkan kepanjangan dari singkatan yang digunakan. Penyebutan untuk kepanjangan dari singkatan ini hanya satu kali dan diletakkan di awal, dimana singkatan tersebut di cantumkan.
  • Apabila di dalam tulisan tersebut terdapat banyak singkatan yang sama, maka yang disertakan kepanjangannya hanyalah singkatan yang paling awal.

Demikian penjelasan lengkap mengenai pengertian singkatan, macam-macam penggunaan singkatan, aturan penggunaan singkatan dan contoh dari singkatan. Semoga bermanfaat untuk Anda dan selamat belajar.

Keyword: contoh singkatan

Sara Apriana
About Sara Apriana 455 Articles
Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup, tidak ada yang miskin. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup. "dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberi kecukupan". (QS. An-Najm : 48) ~ Ust. Adi Hidayat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.