12 Ciri-Ciri Cerpen Beserta Penjelasan Lengkapnya

Ciri-ciri Cerpen
romadecade.org

CIRI-CIRI CERPEN – Pernahkah kalian merasa jenuh ketika membaca cerita yang panjang atau merasa tidak bosan jika membaca cerita yang pendek, singkat serta habis dibaca sekali duduk? Ya, kemungkinan cerita yang pendek yang kalian baca itu adalah cerpen atau cerita pendek.

Pada kesempatan kali ini, kita akan mengulas apa itu cerpen dan bagaimana ciri-cirinya. Oleh karena itu mari kita simak bahasan berikut ini.


Pengertian dan Ciri-Ciri Cerpen


kumparan.com

Pengertian Cerpen

Cerita pendek atau yang kita kenal dengan nama cerpen adalah salah satu jenis karya sastra yang menjelaskan kisah atau cerita tentang manusia beserta seluk beluknya lewat paparan singkat dan pendek. Cerpen ini cenderung singkat, padat, dan langsung pada poinnya dibandingkan dengan karya fiksi lain seperti novel.

Menurut KBBI cerpen berasal dari dua kata yaitu yang mengandung arti tuturan mengenai bagaimana sesuatu hal terjadi. Dan relatif pendek, berarti kisah yang diceritakan pendek atau tidak lebih dari 10.000 kata. Memberikan sebuah kesan dominan serta memusatkan hanya pada satu tokoh saja dalam cerita tersebut.

Ciri-ciri Cerpen dan Penjelasannya

Cerpen juga memiliki beberapa ciri-ciri yang ada di dalamnya. Berikut ini adalah ciri-ciri cerpen, yaitu :

Jalan ceritanya pendek

Seperti dengan namanya, ciri-ciri cerpen yang paling utama adalah ceritanya yang pendek dan singkat. Dalam cerpen harus lebih pendek daripada sebuah novel dimana ceritanya cenderung lebih rinci, panjang dan lebih detail tentu saja. Umumnya sebuah cerpen memiliki panjang halaman sebanyak 3-10 halaman.

Maksimal 10 ribu kata

Seperti tercantum dalam definisi cerpen menurut KBBI yang terdiri tidak lebih dari 10 ribu kata. Sebenarnya tidak ada aturan pasti dalam penulisan cerpen. Tetapi umumnya cerpen tidak boleh lebih dari 10 ribu kata sehingga kemudian hal tersebut dimasukkan ke dalam kategori ciri-ciri cerpen.

Bersifat fiktif

Cerpen mengandung cerita yang bersifat fiktif. Biasanya didapatkan dari pemikiran penulis yang bersumber dari imajinasi atau bahkan pengalaman penulis, tetapi semuanya bersifat fiktif.

Hanya mempunyai 1 alur cerita

Ciri khas yang ada di cerpen lainnya adalah memiliki alur tunggal yang artinya plot cerita hanya memiliki satu alur saja. Tidak terdapat plot cerita lain yang ada pada cerpen.

Berkisar kisah kehidupan sehari-hari

Pada umumnya cerita dalam cerpen mengambil tema kehidupan sehari-hari dan penggambaran settingnya pun familiar.

Dapat selesai sekali duduk saja

Berdasarkan jumlah maksimum katanya yang berjumlah kurang dari 10 ribu kata, cerpen dapat dibaca dengan cepat. Atau istilah lainnya dapat dibaca dengan sekali duduk untuk menggambarkan singkatnya waktu yang dibutuhkan untuk membacanya.

Alur ceritanya lurus

Selain alur cerita yang tunggal, cerpen juga memiliki alur cerita yang lurus jadi alurnya maju sesuai dengan kronologi waktu.

Penokohan cerita sederhana

Hal mendasar yang membedakan cerpen dengan novel adalah segi penokohannya. Karakter pada cerpen digambarkan cenderung sederhana, sementara pada novel penokohan lebih detail dan mendalam.

Tidak menggambarkan semua kisah tokohnya

Selain penggambaran tokoh yang tidak detail, di dalam cerpen juga tidak menggambarkan semua tokoh yang ada di cerita. Artinya hanya tokoh utama yang menjadi fokus cerita.

Terdapat konflik beserta penyelesaiannya

Di dalam cerpen kita akan menemukan suatu konflik yang dialami tokoh utama. Hal ini menjadi plot dasar sebuah cerpen. Selain itu di bagian akhir akan dijelaskan tahap penyelesaian konflik tersebut.

Menggunakan kata yang sederhana

Ciri khas cerpen yang lain adalah menggunakan kata yang cenderung sederhana dan ekonomis. Hal tersebut bertujuan agar cerpen lebih mudah dipahami oleh pembaca dan orang awam.

Memiliki pesan dan kesan bagi pembacanya

Biasanya pada sebuah cerpen terdapat intisari berupa pesan yang bisa diambil. Selain itu pada cerpen kerap meninggalkan kesan yang mendalam bagi pembacanya, sehingga pembaca dapat merasakan kisah yang ada di dalamnya.


Nah itulah tadi ulasan tentang cerpen dan juga ciri-cirinya. Jika kalian ingin menulis sebuah cerpen, pastikan poin-poin di atas masuk di dalamnya ya, semoga bermanfaat!

Sara Apriana
About Sara Apriana 486 Articles
Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup, tidak ada yang miskin. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup. "dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberi kecukupan". (QS. An-Najm : 48) ~ Ust. Adi Hidayat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.