10 Universitas Terbaik di Dunia Versi Times Higher Education (THE)

√ 10 Universitas Terbaik di Dunia Versi Times Higher Education (THE)
beam.usnews.com

Times Higher Education (THE) belum lama ini merilis pemeringkatan universitas terbaik di dunia.

THE menggunakan 13 indikator kinerja yang dikalibrasi untuk memberikan perbandingan paling komprehensif dan seimbang yang dipercaya oleh mahasiswa, akademisi, pimpinan universitas, industri dan pemerintah.

Indikator kinerja dikelompokan ke dalam lima bidang yaitu mengajar (lingkungan belajar), penelitian (volume, pendapatan dan reputasi), kutipan (pengaruh penelitian), pandangan internasional (mahasiswa, staf dan penelitian) dan pendapatan industri (transfer pengetahuan).


Universitas Terbaik di Dunia


Penasaran universitas mana saja yang menjadi 10 universitas terbaik di dunia? Berikut daftarnya!

1. University of Oxford, Inggris

Image Source: studyawake.com

Peringkat pertama universitas terbaik di dunia versi Times Higher Education (THE) adalah University of Oxford.

Tidak hanya itu, pada tahun 2018, University of Oxford juga menjadi universitas terbaik di dunia, hal ini menunjukan bahwa Oxford berhasil mempertahankan bahkan meningkatkan kualitasnya sehingga pada tahun 2019 tetap mengisi peringkat pertama universitas terbaik di dunia.

Universitas Oxford (University of Oxford) terletak di kota Oxford, Inggris. Selain sebagai perguruan tinggi, universitas oxford juga seringkali menjadi salah satu tujuan wisatawan yang berasal dari luar Inggris karena bentuk bangunan dan eksistensi kampus Oxford yang menjadi daya tarik.

2. University of Cambridge, Inggris

Image Source: unistoretz.com

Peringkat selanjutnya, peringkat kedua universitas terbaik di dunia versi Times Higher Education (THE) adalah University of Cambridge.

Sama seperti University of Oxford, pada tahun 2018 University of Cambridge juga berhasil mendapatkan peringkat 2 universitas terbaik di dunia, yang artinya ketika tahun 2019 University of Cambridge bershasil mendapatkan peringkat dua lagi, ini menunjukan kualitasnya masih tetap tinggi atau bahkan semakin tinggi lagi.

University of Cambridge berlokasi di Cambridge, Cambridgeshire, Britania Raya. Universitas Cambridge didirikan pada tahun 1209 oleh pelajar Oxford karena pada awalnya terdapat perbedaan antara sarjana dan kaum keuskupan, sehingga beberapa pelajar dan para sarjana pindah ke kota Cambridge dan membuat Universitas Cambridge.

3. Stanford University, Amerika Serikat

Image Source: okezone.com

Peringkat 3 universitas terbaik di dunia versi Times Higher Education (THE) adalah Stanford University. Berbeda dengan sebelumnya, jika pada tahun 2018 Stanford University berada di peringkat 4 universitas terbaik di dunia maka pada tahun 2019 Stanford University berhasil naik satu peringkat sehingga menjadi universitas terbaik ketiga di dunia.

Stanford University berlokasi di Stanford, California, Amerika Serikat dengan luas mencapai 33,1 km2. Selain itu, Stanford University juga merupakan universitas swasta dan merupakan kampus terbesar kedua di dunia.

4. Massachusetts Institute of Technology (MIT), Amerika Serikat

Image Source: kenh14cdn.com

Selanjutnya, peringkat 4 universitas terbaik di dunia versi Times Higher Education (THE) adalah Massachusetts Institute of Technology (MIT).

Sama seperti Stanford University, Massachusetts Institute of Technology juga mendapatkan kenaikan satu peringkat.

Pada tahun 2018 Massachusetts Institute of Technology berada di peringkat 5 universitas terbaik di dunia, namun pada 2019 berhasil mendapatkan peringkat 4 universitas terbaik di dunia.

Massachusetts Institute of Technology berlokasi di Cambridge, Massachusetts, Amerika Serikat. MIT berdiri pada tanggan 10 april 1861, 2 hari sebelum perang sipil.

5. California Institute of Technology, Amerika Serikat

Image Source: beam.usnews.com

Untuk peringkat selanjutnya, peringkat 5 universitas terbaik di dunia versi Times Higher Education adalah California Institute of Technology.

Berbeda dengan Stanford University dan Massachusetts Institute of Technology, California Institute of Technology mengalami penurunan peringkat.

Pada tahun sebelumnya, California Institute of Technology mendapatkan peringkat 3, namun pada tahun 2019 mendapatkan peringkat 5 universitas terbaik di dunia.

California Institute of Technology umumnya dikenal dengan Caltech merupakan universitas swasta yang berlokasi di Pasadena, California, Amerika Serikat.

6. Harvard University, Amerika Serikat

Image Source: businessinsider.com

Peringkat 6 universitas terbaik di dunia versi Times Higher Education (THE) adalah Harvard University. Tidak hanya itu, Harvard University pada tahun 2018 juga mendapatkan peringkat 6 universitas terbaik di dunia.

Hal ini membuktikan bahwa Harvard University menunjukan kualitas yang tinggi sehingga tetap menjadi universitas terbaik peringkat 6 di dunia dan bukan tidak mungkin jika tahun tahun selanjutnya Harvard University dapat menjadi universitas terbaik di dunia dengan peringkat yang lebih tinggi.

Harvard University merupakan universitas swasta dan anggota dari Ivy League yang berlokasi di Cambridge, Massachusetts Amerika Serikat. Universitas Harvard didirikan pada tanggal 8 september 2018 dan juga merupakan perguruan tinggi tertua di Amerika Serikat.

7. Princeton University, Amerika Serikat

Image Source: simpleviewinc.com

Selanjutnya peringkat 7 universitas terbaik di dunia versi Times Higher Education (THE) adalah Princeton University.

Sama seperti Harvard University, Princeton University juga mendapatkan peringkat yang sama seperti di tahun 2018.

Berhasil mempertahankan posisi sebagai 10 universitas terbaik di dunia dengan peringkat 7, Princeton University menunjukan kualitas yang tinggi dan bahkan mungkin akan meningkatkan kualitasnya lagi sehingga pada tahun selanjutnya bisa mendapatkan peringkat yang lebih tinggi lagi sebagai universitas terbaik di dunia.

Princeton University merupakan institusi pendidikan tinggi yang tertua keempat di Amerika Serikat yang berlokasi di Princeton, New Jersey, Amerika Serikat.

8. Yale University, Amerika Serikat

Image Source: amgenscholars.com

Peringkat selanjutnya, peringkat 8 universitas terbaik di dunia versi Times Higher Education (THE) adalah Yale University.

Berbeda dengan Harvard University dan Princeton University yang memiliki peringkat yang sama dengan tahun 2018, Yale University menunjukan kemajuan yang cukup menakjubkan.

Bagaimana tidak, pada tahun 2018, Yale University berada di peringkat 12, namun pada tahun 2019 berhasil masuk 10 besar universitas terbaik di dunia dengan mendapatkan peringkat 8.

Yale University merupakan institusi Pendidikan tinggi tertua ketiga di Amerika Serikat. Didirikan sebagai Collegiate School pada tahun 1701, Yale University berlokasi di New Heaven, Connecticut, Amerika Serikat.

9. Imperial College London, Inggris

Image Source: imperial.ac.uk

Selanjutnya yaitu peringkat 9 universtias terbaik di dunia versi Times Higher Education (THE) adalah Imperial College London.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, jika tahun sebelumnya Imperial College London berada di peringkat 8 universitas terbaik di dunia, maka pada tahun 2019 Imperial College London mengalami penurunan peringkat dan menjadi peringkat 9 universitas terbaik di dunia.

Namun, konsistensinya yang tetap berada di 10 besar peringkat universitas terbaik di dunia, membuat Imperial College London menunjukan kualitasnya yang tinggi.

Imperial College London merupakan perguruan tinggi negeri riset di Inggris yang berlokasi di London, Britania Raya.

10. University of Chicago, Amerika Serikat

Image Source: trbimg.com

Terakhir, posisi 10 dari 10 besar peringkat universitas terbaik di dunia versi Thimes Higher Education (THE) adalah University of Chicago.

Sama seperti Imperial College London, University of Chicago juga mengalami penurunan peringkat jika dibandingkan dengan tahun 2018.

Pada tahun 2018 University of Chicago mendapatkan peringkat 9 universitas terbaik di dunia, namun pada tahun 2019 mendapatkan peringkat 10 universitas terbaik di dunia.

University of Chicago merupakan universitas swasta yang berfokus pada penelitian coeducational dan berlokasi di Chicago, Illinois, Amerika Serikat.

Keyword: Universitas Terbaik di Dunia

Sara Apriana
About Sara Apriana 486 Articles
Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup, tidak ada yang miskin. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup. "dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberi kecukupan". (QS. An-Najm : 48) ~ Ust. Adi Hidayat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.