5 Manfaat Kerupuk Kulit atau Kerupuk Rambak | Cara Membuatnya

√ 5 Manfaat Kerupuk Kulit atau Kerupuk Rambak | Cara Membuatnya
warungkita.net

Kerupuk Kulit – Kerupuk kulit atau biasa dalam bahasa Jawa Timuran disebut kerupuk rambak adalah jenis olahan kerupuk yang bahan utamanya terbuat dari kulit hewan, umumnya adalah kulit sapi, kerbau ataupun kambing.

Kerupuk kulit atau kerupuk rambak merupakan salah satu jenis kerupuk yang digemari oleh kebanyakan masyarakat Indonesia. Kerupuk rambak atau kerupuk kulit ini paling enak disajikan saat Hari Raya Idul Fitri atau Hari Raya Lebaran.

Harga dari kerupuk kulit atau kerupuk rambak lebih mahal dari jenis kerupuk yang lain. Hal ini karena bahan utama dari pembuatan kerupuk ini tergolong mahal dan terkadang langka yaitu kulit sapi, kerbau atau kambing.

Ketika selesai di goreng, kerupuk kulit atau kerupuk rambak memiliki tekstur yang garing, renyah, lezat dan memiliki cita rasa yang khas.

Umumnya kerupuk ini berbentuk panjang dan kotak-kotak kecil. Berikut cara membuat kerupuk kulit atau kerupuk rambak.


Cara Membuat Kerupuk Kulit atau Kerupuk Rambak


Bahan-bahan yang dibutuhkan

  • 1 kg Kulit sapi, kerbau atau kambing
  • 1 sdm penyedap rasa
  • 2 sendok makan gula
  • 15 siung bawang putih
  • 3 sdm garam
  • Air kapur 1-2 ember

Cara Membuat Kerupuk Kulit atau Kerupuk Rambak

1. Rendam kulit sapi ke dalam ember yang berisi air kapur selama kurang lebih 2 hari. Lalu bersihkan bulu-bulu kulit sapi menggunakan pisau yang tajam (pastikan benar-benar bersih)

2. Jemur kulit sapi (yang sudah direndam dalam air kapur) dibawah sinar matahari langsung hingga kering. Kemudian kulit sapi yang sudah kering dipotong-potong sesuai selera (umumnya persegi panjang atau kotak-kotak kecil)

3. Rebus kulit yang sudah kering bersama bumbu yang sudah dihaluskan (penyedap rasa, gula, bawang putih dan garam) hingga matang.

4. Angkat dan tiriskan

5. Jemur hingga benar-benar kering

6. Siapkan penggorengan untuk tahap pertama. Goreng kerupuk kulit atau kerupuk rambak kering dalam minyak dengan suhu sedang dan menggunakan api kecil sampai kerupuk kulit sapi agak mekar, lalu angkat dan tiriskan.

7. Siapkan penggorengan tahap kedua. Goreng kembali kerupuk kulit rambak tadi dalam minyak panas menggunakan api besar hingga kerupuk kulit sapi atau kerupuk rambak mekar, lalu angkat dan tiriskan.

8. Biarkan sampai dingin, lalu masukkan dalam toples yang tertutup rapat.

*catatan: rahasia supaya kerupuk kulit atau kerupuk rambak renyah dan gurih saat dimakan adalah dengan melakukan proses penggorengan hingga 2 kali.

Selain untuk camilan sehari-hari, ternyata kerupuk kulit atau kerupuk rambak memiliki beberapa manfaat.


Manfaat dari Kerupuk Kulit atau Kerupuk Rambak


1. Memiliki Kandungan Protein yang Tinggi

Kerupuk kulit atau kerupuk rambak merupakan salah satu produk hewani, sehingga kandungan proteinnya tinggi. Dengan mengonsumsi kerupuk ini, anda akan memperoleh asupan protein.

Protein memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, antara lain dapat meningkatkan ketahanan tubuh, meningkatkan massa otot, pertumbuhan dan juga regenerasi sel-sel tubuh dan untuk meningkatkan pembentukan energi tubuh.

2. Dapat Menyembuhkan maag

Kerupuk kulit atau kerupuk rambak juga memiliki manfaat penting yaitu dapat menyembuhkan gejala mual dan perih pada perut akibat maag.

Jadi, jika anda sering mengalami gejala maag, cobalah untuk mengkonsumsi kerupuk kulit atau kerupuk rambak setiap gejala tersebut muncul.

3. Dapat Mengobati Rasa Pedas

Kerupuk kulit atau kerupuk rambak juga dapat mengobati rasa pedas karena memiliki kandungan minyak yang sangat tinggi.

Selain karena prosesnya yang digoreng dengan minyak, kerupuk kulit juga memiliki pori-pori yang besar, yang menyimpan minyak dalam jumlah banyak.

Minyak merupakan salah satu zat yang dapat menetralisir rasa pedas yang dihasilkan oleh capcaisin pada cabai.

4. Baik untuk kesehatan dan juga pertumbuhan tulang

Kerupuk kulit atau kerupuk rambak juga dapat membantu menjaga kesehatan tulang, serta membantu proses pertumbuhan tulang. Hal ini disebabkan karena kerupuk kulit memiliki kandungan kalsium dan juga fosfor yang cukup tinggi.

5. Bahan campuran makanan

Manfaat kerupuk kulit atau kerupuk rambat yang lain adalah sebagai tambahan untuk olahan makanan yaitu sambal goreng krecek.

Demikian cara membuat kerupuk kulit atau kerupuk rambak beserta manfaat-manfaatnya.

Keyword: Manfaat Kerupuk Kulit

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.