Terdapat banyak hal yang disunnahkan oleh Allah SWT bagi umat muslim. Terutama bagi kita yang sudah berusia cukup, baligh, dan berakal sehat, menjalankan sholat fardhu sudah bukan hal yang begitu istimewa. Qiyamul lail, memanjatkan doa sholat tahajud di waktu yang istimewa.

Dalam hal ini kaitannya dengan amalan, yakni jika kita masih berusia anak-anak tentu harus membiasakan diri mulai dari rutin menjalankan sholat fardhu. Namun bagi kita yang sudah dewasa sudah selayaknya kita menambah amalan sholat sunnah.

Salah satu dari berbagai sholat sunnah yaitu sholat tahajud. Merupakan sholat yang dilaksanakan pada malam hari, dimana waktu pelaksanaannya setelah sholat isya hingga sebelum terbitnya fajar.

Namun syarat untuk dapat melaksanakan sholat ini adalah ketika kita sudah sempat tertidur diantara waktu yang telah ditentukan tersebut, meskipun hanya beberapa saat saja.


Tata Cara Memanjatkan Doa Setelah Sholat Tahajud


Terdapat banyak sekali manfaat yang dapat diperoleh dari mengamalkan sholat tahajud. Meskipun hanya bersifat sunnah, namun keistimewaan sholat tahajud tidak bisa dianggap remeh.

Asalkan dilaksanakan dengan benar dan secara rutin. Dapat diibaratkan sama dengan sholat fardhu namun niatnya yang berbeda. Kemudian disertai dengan membaca dzikir dan doa seusai melaksanakan sholat.

Berbicara tentang doa sholat tahajud, sebenarnya tidak ada batasan bagi kita untuk membaca doa kepada Allah SWT. Namun berikut ini salah satu tata cara membaca doa sholat tahajud.

1. Mulai dengan Membaca Surah Al-Fatihah

Segala sesuatu baik dimulai dengan bacaan basmallah dan dilanjutkan dengan surah Al-Fatihah, sebab surat ini mampu membuka segala macam tabir kehidupan.

2. Istighfar

Lanjutkan dengan membaca istighfar sebanyak-banyaknya untuk memohon dan meminta suatu hajat. Sebagai bentuk permohonan ampunan dari kesalahan dan kelalaiam yang dilakukan.

3. Shalawat Nabi

Shalawat Nabi merupakan pujian bagi Nabi Muhammad SAW. Dimana shalawat merupakan pembuka langit ketujuh. Dengan harapan bahwa kita memuji Rasul keluarga dan sahabat-sahabatnya, doa kita akan sampai kepada Allah SWT.

4. Doa Sholat Tahajud

(HR. Bukhari & Muslim)

doadzikiramalanwirid.blogspot.com

5. Setelah membaca doa tersebut, dilanjutkan dengan memanjatkan segala hajat atau keinginan kita

Dapat dipanjatkan menggunakan bahasa arab (jika mengerti) atau menggunakan bahasa sehari-hari yang digunakan. Sebab Allah SWT selalu mendengar dan memahami apa yang kita maksudkan.

6. Akhiri dengan Hamdalah

carakus.com

Setelah semua doa dan hajat selesai dipanjatkan, tutup dengan bacaan hamdalah sebagai wujud rasa syukur dan terima kasih kepada Allah SWT.

Sesungguhnya dengan kekuatan doa, takdir dapat diubah atas seizin Allah SWT. Salah satu waktu terbaik dari memanjatkan doa adalah seusai melaksanakan sholat.

Terdapat beberapa waktu yang memang Allah SWT khususkan untuk umat-Nya berdoa dan niscaya akan Allah kabulkan. Ada beberapa diantaranya yang Allah SWT buka dan beberapa lainnya dirahasiakan.

Diantara waktu-waktu yang Allah SWT buka itu adalah pada waktu sholat tahajud yang mana dilaksanakan di waktu sepertiga malam, menjadi waktu yang paling mustajab untuk berdoa.

Dimana pada waktu tersebut, gelombang spiritual sedang tinggi, disaat yang lain sedang terlelap namun kita bangun untuk menghadap kepada-Nya, Allah SWT akan mengabulkan doa dan mengampuni dosa-dosa hamba-Nya.

Keyword: Doa Sholat Tahajud

Published by Sara Apriana

Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup, tidak ada yang miskin. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup. "dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberi kecukupan". (QS. An-Najm : 48) ~ Ust. Adi Hidayat

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.