Doa Sholat Hajat Beserta Tata Cara dan Keutamaannya

√ Doa Sholat Hajat Beserta Tata Cara dan Keutamaannya
pasberita.com

Sholat hajat merupakan salah satu dari sekian banyak amalan sholat yang hukumnya sunnah untuk dilaksanakan.

Terutama bagi orang-orang yang memohon kepada Allah SWT agar mengabulkan keinginan (hajat) mereka. Dalam doa sholat hajat dikhususkan untuk meminta keinginan tertentu.

Seseorang yang melaksanakan sholat hajat memiliki harapan besar agar keinginannya dapat dikabulkan oleh Allah SWT.

Hajat yang diminta dalam sholat ini dapat berupa kesuksesan, jodoh, rezeki, kesehatan, dan lainnya asalkan tidak melanggar ketentuan hukum syariat-syariat Islam.

Sehingga bagi siapapun yang memiliki hajat, amat sangat dianjurkan untuk rutin melaksankan sholat hajat. Terlebih lagi begitu baik jika diimbangi dengan dzikir dan doa seusai melaksanakan sholatnya.


Keutamaan Memanjatkan Hajat


dream.co.id

Meskipun tergolong ke dalam sholat sunnah, yakni sholat yang dianjurkan untuk dikerjakan tapi tidak berdosa jika tidak dilaksanakan, sholat ni tetaplah tak boleh diremehkan.

Sholat hajat sendiri adalah ibadah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

Berbagai hadits menjelaskan mengenai keutamaan melaksanakan sholat hajat bahwa Allah SWT akan mengabulkan doa-doa hamba-Nya yang memiliki kebutuhan dengan mengambil air wudhu secara sempurna, kemudian melakukan sholat sunnah dua rakaat.

Selain bertujuan untuk memohon kepada Allah SWT agar mengabulkan hajat kita, tentu dengan sholat juga akan semakin mendekatkan kita pada sang pencipta.

Karena Allah SWT sangat menyukai orang-orang yang sering bersujud dan meminta kepada-Nya. Tentu saja pahala akan mengalir kepada setiap umat yang melaksanakan amalan sholeh.


Tata Cara dan Doa Sholat Hajat


ruangtanya.com

Waktu pelaksanaan sholat hajat cenderung fleksibel kecuali waktu-waktu tertenu yang dilarang untuk mendirikan sholat.

Namun lebih dianjurkan dilakukan pada malam hari agar lebih khusyuk. Terutama pada pertengahan atau sepertiga akhir malam hari.

Untuk tata cara pelaksanaan sholat hajat sendiri tidak terdapat perbedaan dengan pelaksanaan sholat lainnya. Tentu saja hal utama yang berbeda hanyalah niat dan bacaan doanya.

Berikut ini tata cara serta niat dan doa sholat hajat:

1. Niat Sholat Hajat

Niat cukup diucapkan dalam hati saja, karena bagaimanapun yang terpenting niat tulus dari hati yang ikhlas dan mengharap ridha semata kepada Allah SWT yang Maha Mendengar. Berikut ini bacaan niatnya:

inyourdreamsmovie.com

2. Lanjutkan Seperti Sholat pada Umumnya

dream.co.id

3. Membaca Surah Pendek Pilihan

suaramuslim.net

Untuk bacaan surah pendek dalam sholat hajat ini dianjurkan untuk membaca surah Al-Ikhlas atau surah Al-Kafirun sebanyak tiga kali pada rakaat yang pertama. Sedangkan pada rakaat kedua membaca ayat kursi.

4. Berdzikir Setelah Sholat

percys.co.vu

Setelah melaksanakan sholat, alangkah lebih baiknya jika kita berdzikir terlebih dahulu, atau kemudian bersujud. Dengan maksud tadzalull setelah salam pada Allah SWT. Ini dimaksudkan untuk merendahkan diri kepada-Nya.

Dzikir yang dibaca sama seperti doa-doa setelah sholat seperti biasa, seperti Al-Fatihah, tahmid, istighfar, tahlil, sholawat nabi sebanyak 10 kali, surah Al Falaq, An-Nas dan Ayat kursi yang masing-masing dibaca sebanyak 3 kali.

5. Membaca Doa Sholat Hajat

thegorbalsla.com

Selepas membaca doa tersebut anda bisa lanjutkan dengan mengutarakan hajat anda. Dapat menggunakan ahasa Arab (jika mampu) atau cukup dengan bahasa sehari-hari yang digunakan.

Sebab Allah SWT Maha Mendengar dan mengetahui segala maksud kita bila dilakukan dengan setulus hati. Sesungguhnya doa apapun baik, jika dimengerti maknanya.

Untuk melaksanakan sholat hajat pun tidak dibatasi frekuensinya alias anda bisa melakukannya sesering mungkin.

Hal ini sesuai dengan kebutuhan dan hajat kita dalam hidup yang akan terus ada. Sehingga sholat, doa, dan usaha juga harus berjalan beriringan.

Doa Sholat Hajat

Sara Apriana
About Sara Apriana 455 Articles
Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup, tidak ada yang miskin. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup. "dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberi kecukupan". (QS. An-Najm : 48) ~ Ust. Adi Hidayat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.