4 Cara Menghilangkan Rasa Takut/Phobia Ketinggian (Acrophobia)

√ 4 Cara Menghilangkan Rasa Takut/Phobia Ketinggian (Acrophobia)
ecartelera.com

Memiliki phobia tertentu tentu sangat menjengkelkan sekali. Apalagi bila dalam keadaan tertentu harus berhadapan dengan hal tersebut.

Banyak ketakutan atau phobia yang biasa diderita oleh orang-orang. Seperti takut terhadap gelap, hantu, ketinggian, takut terhadap keramaian, dan sebagainya.

Orang yang sudah memiliki ketakutan parah dan menghadapi situasi yang seperti itu biasanya akan mengalami sesak napas, bahkan bisa pingsan.

Ketinggian tertentu juga bisa membuat seseorang merasa mual dan pusing. Banyak orang yang mengalami ketakutan yang satu ini, ya ketinggian.

Ketinggian memang cukup menantang karena bisa menyebabkan bahaya. Bahayanya adalah bisa jatuh dan terbentur. Namun ketinggian juga banyak manfaatnya lho.

Semisal kita naik pesawat, melihat pemandangan dari gardu pandang, dan sebagainya. Kalau kita takut tentu tak bisa melihat hal tersebut.


Cara Menghilangkan Rasa Takut/Phobia Ketinggian


Banyak cara dapat dilakukan untuk menghilangkan rasa takut ketinggian, berikut artikelnya:

1. Sugesti Diri

Hal yang paling ampuh untuk menghilangkan rasa takut ketinggian adalah mensugesti diri sendiri.

Sesuatu yang paling ampuh melawan takut dalam diri kita adalah dengan membuat sugesti kalau kita berani dan diri kita mampu.

Nah kalau diri sendiri sudah mensugesti otomatis pikiran dan jiwa kita akan berani melawan rasa takut itu sendiri. Jangan sampai anda kalah oleh diri anda sendiri.

Untuk menghilangkan rasa takut ketinggian memang butuh waktu. Kadang orang yang memiliki ketakutan ini hanya pasrah dan malah menghindari hal-hal yang ditakuti.

Jangan malah dihindari, sangat baik bila dilawan dan ditaklukkan. Membuat diri sendiri untuk berani juga butuh motivasi. Motivasi orang-orang di sekitar anda yang memiliki ketakutan.

Dukung agar mereka menghilangkan rasa takut ketinggian dari dirinya. Banyak hal indah yang bisa dilakukan dengan ketinggian.

2. Melatih Memberanikan Diri

Nah tak cukup niat saja untuk menghilangkan rasa takut ketinggian. Butuh banyak hal untuk menyukseskan keinginan anda tersebut. Salah satunya adalah melatih memberanikan diri.

Memberanikan terhadap sesuatu yang ditakuti bukan perkara yang mudah. Nah caranya adalah dengan berusaha melatih dengan hal yang sederhana.

Naik tangga adalah cara yang sederhana. Selain tidak terlalu bahaya juga bisa dilakukan di rumah. Beranikan diri untuk mencoba cara ini.

Nah kalau tahap paling simple ini sudah dapat terlewati anda juga bisa membuat acara untuk naik ke daerah tinggi.

Seperti di puncak dan sebagainya. Anda bisa berada di ketinggian yang tentu bisa menemukan berbagai pemandangan indah.

Yakinkan bahwa dengan ketinggian bisa melihat banyak hal. Jadi menghilangkan rasa takut ketinggian dimulai dari hal yang sangat simple dahulu.

Mudah saja bukan? Namun kalau sudah cukup parah ketakutannya juga susah untuk menakhlukannya.

3. Membuat Challenge untuk Diri Sendiri

Buat challenge untuk diri sendiri. Untuk menjadi seseorang yang berani adalah dimulai dari diri sendiri.

Jadi menghilangkan rasa takut ketinggian caranya yakni harus berani melawannya. Kekuatan diri adalah modal yang penting.

Manusia hidup itu tentu memiliki ketakutan-ketakutan tersendiri yang jelas saja membuat dirinya tertekan. Banyak yang mengira kalau ketinggian itu menyeramkan dan menakutkan.

Namun semua bisa diatasi kalau kita mau mengubah diri kita. Buat challenge kalau anda mampu dan tak takut terhadap ketinggian. Yang takut itu hanya perasaan anda saja bukan diri anda.

4. Mencoba Wahana Seru yang Mengasyikkan

Kalau ingin menghilangkan rasa takut ketinggian, cobalah nikamti sensasi wahana permainan seru yang ada di taman-taman wisata.

Kalau anda masih dalam takut ketinggian yang wajar, anda akan ketagihan naik wahana seperti kora-kora.

Justru ketakutan anda akan lenyap karena asyiknya permainan yang membuat ketagihan.

Namun kalau menghilangkan rasa takut ketinggian dan phobia sudah parah jangan ambil langkah ini.

Ditakutkan kalau anda mencoba wahana ini akan membuat anda pingsan atau sesak napas.

Orang kalau tingkat ketakutannya sudah parah tentu saja sangat bahaya bila dipaksakan.

Namun anda jangan sampai mengorbankan keberanian anda hanya untuk sebuah ketakutan.

Kesimpulannya adalah anda dapat menghilangkan ketakutan anda dengan cara di atas. Banyak cara lain yang juga bisa dilakukan.

Namun yang terpenting adalah anda bisa mengontrol ketakutan anda tersebut pastinya. Jangan sampai cara menghilangkan rasa takut ketinggian anda malah semakin memperparah ketakutannya.

Keyword: Cara Menghilangkan Rasa Takut/Phobia Ketinggian

Sara Apriana
About Sara Apriana 478 Articles
Lawan dari kaya adalah cukup, bukan miskin. Jadi sebetulnya ketika Allah menciptakan kita, rizki kita cukup, tidak ada yang miskin. Yang menjadikan kita miskin itu perasaan kita yang tidak pernah cukup. "dan bahwasanya Dia yang memberikan kekayaan dan memberi kecukupan". (QS. An-Najm : 48) ~ Ust. Adi Hidayat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.